Menambah Relasi dan Belajar Bahasa Asing melalui Aplikasi Tandem, Bottled atau Snapchat.

Bahasa Indonesia memanglah merupakan bahasa yang perlu kita utamakan, bahasa daerah merupakan bahasa yang perlu kita lestarikan tapi jangan lupa bahwa bahasa asing juga merupakan bahasa yang sangat perlu kita kuasai karena sekarang ini dengan menguasai bahasa asing, kita jadi lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan apalagi di era globalisasi sekarang ini. dengan menguasai bahasa asing, kita juga jadi dapat dengan mudah berkomunikasi dengan para foreigner untuk melakukan kerjasama dan lain sebagainya.

Dahulu kala, ketika kita ingin belajar bahasa apalagi bahasa asing, kita memerlukan buku atau kamus. Dulu kita juga  kesulitan dalam berkomunikasi. Namun, sekarang ini teknologi informasi sudahlah sangat maju, kita dapat berbincang dengan kerabat dari jarak jauh bahkan kita dapat berbicara dengan orang-orang dari berbagai negara di belahan dunia. Kita dapat belajar bahasa asing melalui berbagai aplikasi yang sudah tersedia di playstore. Berikut ini merupakan aplikasi berbasis teknologi digital yang bagus untuk menambah relasi dan belajar bahasa asing.

Salah satu aplikasi yang paling populer untuk belajar berbagai bahasa dengan menyenangkan yaitu aplikasi Duolingo. Namun aplikasi duolingo hanya dikhususkan untuk belajar saja. Jika ingin menambah relasi dan kemampuan berbahasa asing, kita dapat mencoba berbicara langsung dengan native speaker melalui aplikasi-aplikasi berikut ini.

  1. Snapchat

Snapchat merupakan aplikasi yang cukup populer dan digunakan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia khususnya pada kalangan remaja. Snapchat merupakan aplikasi pesan foto yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Reggie Brown, dan Bobby Murphy ketika masih berkuliah di Universitas Stanford. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan gambar, serta mengirimkannya ke teman atau daftar penerima yang ditentukan oleh pengguna.

Aplikasi ini sebenarnya tidak memiliki tujuan untuk belajar bahasa, namun aplikasi ini dapat digunakan sebagai media alternatif belajar bahasa dengan menambah relasi dari berbagai masyarakat di seluruh dunia. Dalam snapchat terdapat berbagai fitur dan cara menggunakan snapchat cukup mudah.

Snapchat memiliki tujuan memperluas komunikasi antar para pengguna dan teman-temannya. Pada fitur menambahkan teman, penambahan teman dapat dicari melalui daftar kontak atau username. Pada tempat yang sama, kita dapat menemukan daftar teman yang sudah kita tambahkan. Ketika ingin mendapat teman dari negara-negara lainnya, kita dapat menambahan teman dari daftar rekomendasi random yang ditawarkan oleh snapchat, selain dari daftar rekomendasi tersebut, kita juga dapat menggunakan aplikasi tambahan bernama “HOOP” untuk mendapatkan teman di snapchat. Pada aplikasi hoop tersebut, kita diberi daftar profil berupa foto, nama, umur dan asal negara orang tersebut, jika kita merasa cocok dengan profil tersebut, kita dapat menambahkannya sebagai teman  dengan meminta izin kepadanya untuk memberikan username snapchatnya, jika ia memberi izin, maka kita akan langsung menjadi teman snapchat dengannya. Begitu juga sebaliknya, ketika ada yang ingin berteman dengan kita, kita akan mendapat notif yang meminta kita memberikan username kita ke orang tersebut, jika kita tidak mengizinkan, maka orang tersebut tidak dapat mengetahui username kita dan tidak bisa menambahkan kita di snapchat. Pada snapchat juga ada fitur untuk mengetahui lokasi teman kita dan apa yang sedang mereka lalukan disana. Kita bebas menentukan apakah kita ingin memberitahu lokasi kita atau tidak.

Snapchat mempunyai interface utama yang cukup simple, Saat pertama kali dijalankan aplikasi akan langsung menampilkan kamera yang bisa diubah mau kamera depan atau belakang. Di bagian tengah bawah ada tombol besar yang berfungsi sebagai shutter. Sekali tap aplikasi akan menjepret foto, jika ditahan aplikasi akan merekam video. Pada fitur ini, disediakan berbagai filter yang lucu. Kita juga dapat telepon dan melakukan video call dengan teman kita menggunakan filter yang telah disediakan. Selanjutnya ada fitur bernama story atau cerita. Pada fitur ini, kita dapat berbagi keseharian kita baik berupa video personal maupun foto atau bahkan  hanya sekedar tulisan ke teman atau kontak kita. Apa yang kita kirim di fitur story ini dapat terlihat terus menerus selama 24 jam sebelum kemudian dihapus otomatis. Kita juga dapat mengahapusnya sebelum 24 jam jika kita memang ingin mengahapusnya. Dalam fitur ini, kita dapat memilih kepada siapasaja kita akan membagikan cerita, apakah keseluruh kontak atau hanya sebagian kontak saja. Dalam aplikasi snapchat, kita juga dapat bermain game sembari bercengkrama bersama teman kita. Bukannya menyenangkan untuk melatih kemampuan berbicara bahasa asing kita dengan bercengkrama di telepon sembari bermain game dengan teman foreign?

  • Tandem

Tandem merupakan aplikasi komunitas pertukaran bahasa. kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa dengan aplikasi ini. Disini kita bisa mencari partner belajar bahasa asing. Aplikasi ini memiliki 300+ bahasa termasuk Spanyol, Inggris, Jepang, Korea, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Cina dan 12 bahasa isyarat yang berbeda, termasuk bahasa isyarat Amerika. Dalam tandem terdapat fitur terjemahan yang dapat membantu kita dalam menulis atau menerjemahkan pesan yang masuk. Selain itu, kita juga bisa menggunakan rekaman suara, panggilan audio maupun video. Tandem juga memiliki fitur koreksi tata bahasa. Pada tandem juga terdapat fitur untuk test sertifikat seberapa baik tingkat belajar bahasa kita. Untuk tandem premium kita dapat mengakses test untuk sertifikat tersebut sampai ke level yang paling tinggi.

Di tandem, kita dapat menyaring seperti apa orang yang ingin kita temui. Kita dapat menyaring bahasa apa yang ingin kita pelajari, apakah kita ingin berbicara dengan native speaker bahasa yang ingin kita pelajari atau ingin berbicara dengan siapasaja yang menguasai bahasa yang kita pelajari. Kita juga dapat menyaring topik apa yang ingin kita bicarakan kita dapat menyaring supaya kita hanya bertemu dengan orang-orang yang obrolannya sefrekuensi dengan kita. Selain itu, dalam tandem kita juga dapat memberi ulasan terhadap teman bicara kita. Apakah dia baik, apakah dia menyenangkan apakah dia membantu dalam belajar dan lain sebagainya. Dalam tandem juga disediakan maps untuk mengetahui lokasi teman kita.

  • Bottled

Aplikasi bottled memiliki konsep yang hampir sama dengan surat botol. Namun aplikasi bottled ini hadir secara virtual. Konsep aplikasi ini sama seperti menulis surat, membotolkannya, dan membuangnya ke laut. Artinya, surat yang kita kirim akan diterima secara acak oleh pengguna lain di seluruh dunia. Jika orang yang menerima surat itu menyimpannya, berarti kita bisa masuk ke tahap obrolan.

Dalam aplikasi bottled ini, selain dibuat untuk belajar bahasa, kita juga dapat bertukar pengetahuan tentang budaya antara negara satu dengan yang lainnya. Lucunya, da tiga pilihan status peran yang dapat kita pilih dalam bottled, yaitu “Sailor” untuk mencari teman, “Pirate” untuk bertemu orang baru dan sekedar bersantai dan “Treasure hunter” untuk menemukan orang spesial. Aplikasi bottled ini meskipun dirancang untuk berkomunikasi, tapi juga dirancang sedikit menyerupai games. Ada ikon-ikon yang bisa kita dapatkan jika kita dapat menjalankan misi. Kita juga dapat memberi dan menerima ikon hadiah dari teman kita.

Bijaklah dalam menggunakan kemajuan teknologi

Aplikasi-aplikasi tersebut memanglah menyenangkan untuk menambah relasi dan belajar bahasa asing. Namun yang perlu diingat adalah kita harus tetap menggunakkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan bijak. berhati-hati dan waspada, jangan terlalu mudah percaya kepada teman baru yang kita dapatkan. Tak jarang ditemukan orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang menyalah gunakan aplikasi – aplikasi tersebut. Jadi kita tetap perlu waspada dan berhati-hati.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Supaya mendapat gambaran, silahkan simak video berikut ini : https://youtu.be/1GqZJqrgBU4

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 5 = 4