Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa

Dunia kini tengah berada di era yang begitu canggih, di mana kecerdasan buatan dan internet menjadikan segala sesuatu bisa saling terhubung. Tentunya di era digital ini, semua orang tak lepas dari yang namanya mengakses internet. Pengguna internet diperkirakan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan informasi sudah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi masyarakat, begitu pula dengan mahasiswa. Jadi tidaklah salah untuk mengatakan bahwa mahasiswa sangat akrab dengan perangkat digital dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Faktanya, kini mahasiswa sudah begitu percaya diri dengan kemampuan mereka untuk menggunakan internet atau perangkat komunikasi lainnya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan informasi baik itu dalam kegiatan belajar di kampus, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu banyaknya sumber informasi yang ada saat ini, literasi digital menjadi hal yang penting bagi mahasiswa.

Literasi digital tentunya lebih dari sekedar mengetahui bagaimana penggunaan browser web atau cara menavigasi software. Literasi digital merupakan kemampuan untuk menggunakan media digital, alat komunikasi, atau jaringan dalam mengevaluasi, mendapatkan, dan memanfaatkan informasi secara bijak, cerdas, dan tepat. Dengan literasi digital, mahasiswa diberdayakan untuk menggunakan alat digital ketika melakukan penelitian, memecahkan masalah, membuat proyek, dan melakukan komunikasi. Semua itu tentunya untuk mempersiapkan tantangan di lapangan kerja yang kian berkembang.

Prinsip Dasar dalam Pengembangan Literasi Digital

  1. Pemahaman : memiliki kemampuan dalam memperoleh, mencari, dan mendapatkan ide dari media.
  2. Saling Ketergantungan : dengan adanya perkembangan teknologi saat ini menimbulkan banyaknya dan berbagai macam media yang diharapkan bisa melengkapi antara satu dengan yang lainnya.
  3. Faktor Sosial : dengan adanya literasi digital dapat memudahkan seseorang dalam mencari berbagai informasi, menyebarkan informasi, dan membuat informasi itu sendiri.
  4. Kurasi : suatu proses untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan topik yang diminati. Untuk melakukan penyimpanan konten di dunia digital ini seperti media sosial dapat melalui metode “save to read later” yang termasuk ke dalam salah satu dari berbagai macam literasi yang dapat menghubungkan kemampuan dalam menganalisa suatu informasi, lalu dapat disimpan dengan akses yang lebih mudah dijangkau dan dapat bermanfaat bagi penggunanya.

Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa

  • Penyeimbang ditengah kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat

Pada dunia perkuliahan zaman sekarang, harus kita akui bahwa literasi digital memiliki andil dan peranan yang sangat besar bagi perkuliahan. Dalam perkuliahan di zaman sekarang, kemampuan dalam bidang akademik saja dirasa belum cukup, oleh karena itu harus diimbangi dengan literasi digital atau kemampuan dalam hal menguasai dan memahami pemanfaatan teknologi.

  • Menjadi penunjang dalam aktifitas perkuliahan

Dalam kegiatan perkuliahan melibatkan perangkat teknologi. Tanpa adanya literasi digital perangkat-perangkat teknologi yang digunakan dalam aktifitas perkuliahan tidak akan berguna dan tidak akan membantu jalannya perkuliahan, sehingga literasi digital dianggap sebagai kebutuhan primer atau kebutuhan pokok dikalangan mahasiswa saat ini.

  • Mencari referensi tambahan materi perkuliahan di media digital

Literasi digital hadir sebagai penunjang, agar media digital dapat dimanfaatkan dan dijadikan sumber referensi tambahan untuk perkuliahan. Salah satu keuntungan literasi digital, kita dapat menghemat waktu yang dulunya mengerjakan tugas hanya dapat lewat offline, sekarang semuanya bisa dijangkau dengan mengunakan sistem online.

  • Penunjang dan membantu mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen

Pada perkuliahan zaman dahulu, ketika hendak berkomunikasi dengan dosen harus bertemu langsung, akan tetapi dizaman sekarang dengan adanya teknologi kita dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan dosen. 

  • Membuat mahasiswa memiliki skill untuk berfikir kritis dalam menghadapi masalah, berkomunikasi dengan orang lain, team work, budaya membaca, dan belajar menciptakan karya mereka sendiri

Hal ini kemudian akan diterapkan pada kehidupan sehari-hari mereka, mulai dari lingkungan pendidikan sampai lingkungan masyarakat luas untuk membentuk sumber daya yang lebih baik lagi dimasa mendatang.

Dari beberapa peranan dan andil literasi digital yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa literasi digital memiliki peranan dan andil yang sangat besar dalam perkuliahan. Literasi digital banyak menunjang dan mendukung kegiatan-kegiatan perkuliahan. Oleh karena itu, literasi digital harus dimiliki oleh mahasiswa generasi sekarang.  

Besarnya peranan dan andil literasi digital dalam perkuliahan tentunya harus didukung pula oleh pihak universitas dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan dan juga bimbingan tentang literasi digital. Sayangnya pelatihan dan bimbingan mengenai literasi digital diperkuliahan masih dirasa kurang saat ini, masih banyak universitas yang tidak mewadahi mahasiswanya dengan pelatihan dan bimbingan mengenai literasi digital. Padahal, pelatihan dan bimbingan mengenai literasi digital sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sekarang ini. 

Literasi digital menjadikan mahasiswa konsumen konten digital yang bijak. Mahasiswa saat ini memiliki akses instan ke informasi apa pun yang mereka butuhkan. Tapi tentunya tak semua sumber bersifat akurat dan terpercaya. Mahasiswa harus proaktif tentang cara mereka mengkonsumsi konten digital. Ketika mahasiswa benar-benar melek digital, mereka akan menjadi konsumen yang kritis terhadap informasi yang mereka cerna. Mahasiswa harus belajar untuk mengevaluasi, mencari sumber, berpikir kritis, dan menarik kesimpulan yang kuat tentang informasi yang didapatkan. Hal ini akan mendorong diri untuk menerapkan pengetahuan baru yang didapat dengan cara yang unik dan kreatif.

Link Video Youtube : https://youtu.be/s-UX6GnimWI

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.