Pemanfaatan Teknologi Apikasi PeduliLindungi Untuk Mengetahui Hasil Vaksinasi

Di era zaman sekarang, kecanggihan teknologi sudah tidak dapat diragukan lagi. Teknologi dapat membantu manusia dalam segala hal dalam lingkup kesehariannya. Segala aktivitas, kebutuhan dan keingintahuan manusia akan sesuatu hal dapat terpenuhi dengan canggihnya teknologi. Salah satunya, pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan. Teknologi berperan sangat penting dalam bidang kesehatan. Dengan adanya teknologi dapat mempermudah dalam mengolah data, menganalisis, menyimpan serta mempublikasikan data jika data tersebut dibutuhkan. Salah satu contohnya yaitu dalam hal ini pemanfaatan teknologi dalam bentuk aplikasi PeduliLindungi.
Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi dibidang kesehatan yang dapat membantu masyarakat selama pandemi ini. Menurut Henry Subiakto, seorang Staf Ahli Menkominfo bidang hukum, menyatakan bahwa kalau aplikasi PeduliLindungi dibuat oleh Telkom dengan Faizal R. Djoemadi, karena terinspirasi dari sebuah aplikasi bernama Trace Together milik pemerintah Singapura. Telkom sudah mendapatkan izin dari kedutaan besar Singapura untuk mengembangkan lebih canggih lagi dan sekarang sudah menjadi aplikasi nasional yang diakui hak ciptanya.
Aplikasi ini sangat berguna membantu masyarakat dalam memantau kesehatannya selama pandemi serta dapat juga mengetahui lokasi daerah yang sedang naik atau turun status Covid-19 nya atau berapa banyak masyarakat di daerah tersebut yang sudah terpapar Covid-19. PeduliLindungi juga dapat digunakan untuk mengecek hasil tes Covid-19 yang kita lakukan baik tes PCR ataupun tes antigen, aplikasi ini juga dapat mendownload sertifikat hasil vaksinasi serta masih banyak fitur kesehatan lainnya yang ada didalam aplikasi ini.
Kemudahan yang kita rasakan saat ini karena manfaat dari kecanggihan teknologi. Oleh karena itu, kita patut mensyukuri ini semua. Dalam artikel ini, penulis memaparkan tentang pemanfaatan teknologi aplikasi PeduliLindungi untuk Mengetahui Hasil Vaksinasi. Lebih tepatnya, penulis ingin menyampaikan tutorial dalam mengecek sertifikat hasil vaksinasi yang sudah dilakukan, baik itu vaksinasi yang dilakukan di badan fasilitas pelayanan kesehatan, rumah sakit atau juga di lembaga atau tempat-tempat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk mengadakan vaksinasi, hal ini dilakukan guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya serta mencegah dan meminimalisir penambahan kasus virus Corona di Indonesia ini.
Langkah-langkah mengecek sertifikat vaksinasi guna mengetahui hasil vaksinasi yaitu:
1. Download aplikasi peduli lindungi di playstore atau appstore.
2. Setelah terinstal, buka aplikasi pedulilindungi tersebut.
3. Kemudian nanti muncul deskripsi asal kenegaraan, artinya menanyakan identitas kewarganegaraan anda.
4. Setelah itu, lanjut mengisi persyaratan dan menerima kebijakan dari aplikasi pedulilindungi ini.
5. Kemudian, kita akan diminta memasukan nomor handphone kita guna menyinkronkan aplikasi ini dengan handphone kita dan dapat mempermudah pengoperasian aplikasi tersebut.
6. Setelah itu akan muncul tampilan beranda awal yang berisi tentang hasil vaksin Covid-19, hasil tes Covid-19, statistik Covid-19, teledokter dan masih banyak fitur lainnya.
7. Berhubung, dalam artikel ini kita hanya ingin mengecek hasil vaksinasi atau mengunduh sertifikat vaksinasi, berarti kita langsung mengklik fitur hasil vaksin.
8. Kemudian, apabila kita sudah melakukan vaksinasi maka sertifikat tersebut akan langsung muncul disana.
9. Apabila kita ingin membantu orang lain untuk mendownloadkan sertifikat miliknya, maka langkah yang dapat kita lakukan yaitu klik klaim sertifikat dibagian yang sudah tertera disana.
10. Kemudian, isi kolom persyaratan yang sudah tertera disana seperti asal kewarganegaraan, nama, tanggal vaksinasi, jenis vaksin yang digunakan, tempat tanggal lahir, dan bagi warga negara Indonesia maka harus mencantumkan NIK.
11. Setelah semuanya terisi dengan benar kemudian klik klaim sertifikat.
12. Tunggu beberapa saat, sertifikatpun akan muncul diberanda hasil vaksin dan anda dapat langsung mendownloadnya.

Cukup mudah bukan dalam mendownload sertifikat vaksinasi. Baiklah, cukup sekian penjelasan mengenai pemanfaatan teknologi aplikasi PeduliLindungi untuk mengetahui hasil vaksinasi.
Apabila, ingin mempelajari tutorial tersebut dalam bentuk video dapat dilihat dalam link berikut ini ya

https://youtu.be/71dUrvkplf0

Sekian, Terima kasih

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 50 + = 56