Peningkatan Penggunaan Aplikasi Digital karena Covid 19

Pada awal tahun 2020, Indonesia digemparkan dengan masuknya wabah virus Corona atau Covid 19 pertama di Indonesia. Wabah yang telah mengguncang berbagai negara salah satunya di Indonesia menyebabkan berbagai perubahan dalam kehidupan sehari hari. Berbagai kebijakan diterapkan okeh pemerintah untuk menanggulangi persebaran wabah Corona ini.

Terjadinya perubahan secara besar besaran dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya peningkatan penggunaan teknologi dengan aplikasi digital. Tuntutan untuk tetap melakukan aktivitas namun dengan larangan untuk tidak ada interaksi secara langsung menghindari kontak fisik sebagai bentuk pencegahan penularan virus membuat masyarakat harus memutar otak. Sebagai penggantinya mereka memanfaatkan aplikasi digital untuk melakukan aktivitas sehari hari.

Adanya covid 19 membuat sebagian besar kegiatan dilakukan dengan jarak jauh atau online, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Karena pembelajaran harus dilakukan secara online, tenaga pendidik mau tidak mau harus menggunakan aplikasi digital dalam menyampaikan materi. Sebagai contoh adalah penggunaan aplikasi Zoom Meeting yang mengalami peningkatan 169% selama kuartal 1 2020 dibanding periode sebelumnya. Lonjakan penggunaan aplikasi ini tentunya akibat dari wabah corona. Selain dari lonjakan penggunaan Zoom Meeting, ada beberapa aplikasi pembelajaran yang mengalami peningkatan seperti Google Classrom, Google Meet, dan web belajar lainnya.

Link Youtube :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 − = 83