YouTube Sebagai Sumber Penghasilan

Siapa yang tidak mengenal YouTube? Hampir semua kalangan pada era global ini dapat mengakses YouTube dengan sangat mudah. Baik hanya menonton maupun mengunggah vidio buatannya. Bahkan hanya dari youtube seseorang ataupun suatu kelompok dapat meraih popularitas.

Apa itu YouTube?

       YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat pada Februari 2005 di Amerika oleh 3 mantan karyawan PayPal. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. YouTube merupakan situs web video paling populer dengan milyaran video ditonton setiap harinya.

      Berbagai macam video yang diunggah dari berbagai sumber pengguna mulai dari tutorial, musik, trailer film, video edukasi, film pendek, film televisi, video blog, dan sebagainya menjadikan Youtube sebagai situs yang paling pertama diakses ketika seseorang memerlukan video tertentu.

YouTube Menghasilkan Uang?

      Selama ini kita mengenal Youtube untuk menonton berbagai video yang ada di dalamnya. Youtube pada umumnya digunakan sebagai media sharing video,media pembelajaran, promosi produk, dan media hiburan. Namun tidak banyak yang tau bahwa sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pengunggah video di Youtube, salah satu manfaatnya yaitu dapat menjadi sumber penghasilan.

      Platform Youtube yang terus berkembang pesat  karena didukung dengan kemudaan untuk mengaksesnya. Pada saat ini harga gadget dan paket data internet yang semakin terjangkau membuat minat mengakses Youtube semakin meningkat.

      Perkembangan tersebut, tentunya Youtuber menjadi lahan pekerjaan dan profesi baru, terutama bagi para generasi muda. Profesi industri kreatif yang satu ini menawarkan penghasilan yang menggiurkan, bahkan mencapai milyaran pertahun.

    Jenis video pada platform Youtube yang baru baru ini populer ialah video yang terkait dengan teknologi, gaya hidup, musik, travel, dan hiburan. Misalnya seperti konten review produk, tips, video lucu, atau keseharian yang menarik sehingga menarik minta para viewers untuk menonton video.

Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari youtube?

   Tidak cukup hanya dengan membuat atau mengupload sebuah video di YouTube kemudian akan mendapatkan uang, tetapi ada ketentuan yang harus dilakukan. Salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube yaitu dengan mengaktifkan fitur monetisasi pada bagian “Channel Anda” di YouTube yang menyediakan lima layanan monetisasi dengan syarat dan ketentuan yang berbeda.

    Yang mana jika sorang pengguna youtube sudah mengaktifkan monetisasi tersebut nantinya YouTuber berhak mendapat pemasukan dari iklan, langganan channel, galeri merchandise, super chat dan super stickers, serta pendapatan dari YouTube Premium.

    Banyak peluang yang dapat diambil dengan menggunakan bakat minat atau kemampuan yang kita miliki dalam mendapatkan uang dari YouTube. Dengan cara membuat konten yang sesuai dengan minat dan keahlian. Berikut beberapa jenis konten YouTube untuk refernsi membuat video Youtube :

1. Daily vlog

Salah satu konten yang cukup mudah dibuat oleh siapa saja, karena konten ini berisi cerita atau dokumntasi kegiatan sehari – hari seseorang.

2. Unboxing

Beberapa dari Anda mungkin sudah akrab dengan istilah unboxing yang menjadi salah satu ide konten YouTube yang cukup sederhana namun banyak peminatnya. Konten ini berisi review tentang suatu barang dengan menilai maupun berkomentar tentang barang tersebut.

3. Tutorial

Banyaknya minat viewers tentang cara cara melakukan atau membuat sesuatu dapat dijadikan salah satu ide konten youtube yaitu tutorial. Entah itu tutorial teknologi, memasak, make-up, dan lain sebagainya. Maka dari itu, tutorial bisa jadikan ide untuk konten channel yang menjanjikan.

4. Berbagi Tips dan Pengetahuan

Apakah kamu memiliki keahlian tertentu? Atau kamu pandai mencari tips tentang sesuatu? Jika iya, Kabu bisa memanfaatkan keahlianmu itu dengan membuat ide konten untuk berbagi tips dan pengetahuan ke penonton.

5. Edukasi

Konten edukasi termasuk juga sebagai konten yang dapat menghasilkan uang. Jika kamu pintar dalam hal akademis atau non akademis, cobalah untuk membuat konten video edukasi yang dapat bermanfaat untuk orang lain dan juga hasilkan banyak uang. Beberapa konten video edukasi yang dapat dibuat, misalnya edukasi tentang kesehatan, edukasi tentang berbagai ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pembahasan tentang youtube sebgai penghasil uang, Dengan menjadi YouTubers, Anda bisa meraup banyak uang dengan mudah. Namun jangan mementingkah angka pendapatan saja, aspek kualitas konten video juga harus diperhatikan agar penonton nyaman dan tetap tidak bosan melihat karya yang kamu buat.

Link Video Youtube : https://youtu.be/siY06azLSJg
Tugas Terstruktur Literasi Digital Dan Kemanusiaan ( TRI ISHAQ 5211421023 )

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 62 = 66