Pentingnya Teknologi Di Era Globalisasi Dan Strategi faham digital

Perkembangan teknologi sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, perkembangan teknologi informasi saat ini memang jauh lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya, transformasi teknologi masa lalu menjadi teknologi yang lebih canggih mudah dan cepat.
– Evolusi Perkembangan Teknologi Informasi
Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama era globalisasi yang datang lebih cepat dari yang diperkirakan semua pihak adalah karena perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Implementasi internet, perdagangan elektronik, pertukaran data elektronik, kantor virtual, telemedicine, intranet, dan sebagainya telah menembus batas-batas fisik antar negara. Penggabungan teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang dulunya membutuhkan waktu berhari-hari untuk diproses sebelum dikirim ke belahan dunia lain, kini bisa dilakukan dalam hitungan detik. Oleh karena itu, dapat dimaklumi bahwa masih banyak perusahaan terutama di negara berkembang (dunia ketiga) yang masih sulit mengadaptasi teori-teori baru mengenai manajemen, organisasi, dan teknologi informasi karena keterikatan faktor budaya lokal atau lokal yang mempengaruhi perilaku sumber daya manusia. manusia. Maka tidak heran jika perusahaan masih sering dijumpai dengan peralatan komputer tercanggih, namun masih digunakan sebagai alat administrasi yang notabene adalah era penggunaan komputer pertama di dunia pada awal tahun 1960-an.
-Perkembangan Teknologi Era Komputerisasi
Saat itu suasana persaingan tidak begitu ketat. Jumlah perusahaan masih relatif kecil. Sebagian besar perusahaan besar “secara tidak langsung memonopoli pasar tertentu karena tidak ada pesaing yang signifikan. Hampir semua perusahaan besar yang bergerak di bidang infrastruktur (listrik dan telekomunikasi) dan pertambangan pada masa itu membeli peralatan komputer untuk membantu kegiatan administrasi mereka sehari-hari.
Kebutuhan organisasi yang menghabiskan sebagian besar waktu komputer pada saat itu melibatkan administrasi back-office, terutama yang berkaitan dengan akuntansi dan keuangan. Di sisi lain, perusahaan menggunakan kemampuan perusahaan untuk melakukan perhitungan yang kompleks, juga untuk memecahkan masalah operasional, seperti: B. Simulasi perhitungan di industri pertambangan dan manufaktur.
– Era Kemajuan Teknologi Informasi
Selama ini, komputer memasuki fase baru sebagai perangkat yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis, terutama yang menawarkan layanan atau layanan. Teori manajemen organisasi modern diperkenalkan secara intensif pada awal 1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan menyangkut manajemen perubahan. Hampir semua kerangka teori manajemen perubahan menekankan pentingnya teknologi informasi sebagai salah satu komponen kunci yang harus diperhatikan oleh organisasi yang ingin menang dalam persaingan bisnis. Berbeda dengan dua era sebelumnya yang lebih menitikberatkan pada unsur-unsur teknologi, era manajemen perubahan ini lebih menitikberatkan pada sistem informasi, dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut.
Kunci keberhasilan setiap perusahaan di tahun 1980-an adalah penciptaan dan penguasaan informasi yang cepat dan akurat. Informasi di perusahaan dianalogikan dengan darah dalam aliran darah manusia, yang selalu harus mengalir secara teratur, cepat dan terus menerus ke tempat yang dibutuhkan (strategis). Beberapa pakar manajemen telah menekankan bahwa perusahaanlah yang mengendalikan informasi yang memiliki keunggulan kompetitif dalam lingkungan makro “pasar bebas yang diatur”. Selama periode ini, pergeseran filosofis dari bisnis tradisional ke bisnis modern adalah bagaimana manajemen melihat kunci kinerja bisnis. Organisasi tradisional melihat struktur perusahaan sebagai kunci utama untuk mengukur kinerja, sehingga semuanya diukur secara hierarkis oleh divisi atau divisi.
-Perkembangan Teknologi Era Globalisasi Informasi
Tidak ada yang bisa menghentikan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan batas-batas antar negara dalam hal arus informasi. Tidak ada negara yang mampu mencegah arus informasi dari atau ke negara lain, karena batas antar negara tidak dikenal di dunia maya komputer, tetapi penerapan teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Extranet semakin merata dan berlabuh di dunia. Sangat sulit untuk menentukan instrumen hukum mana yang sesuai dan terbukti terhadap semua masalah yang berkaitan dengan produksi dan arus informasi. Bisnis tidak lagi terikat oleh batas fisik. Melalui dunia virtual komputer seseorang dapat menemukan pelanggan di semua lapisan masyarakat di seluruh dunia yang terhubung ke internet. Sulit untuk mengukur jumlah uang atau investasi yang mengalir bebas di Internet. Transaksi komersial dapat dengan mudah dilakukan di dunia maya melalui transaksi elektronik dengan menggunakan uang elektronik.
-Akibat Kemajuan Teknologi
Dari keempat zaman di atas terlihat bagaimana sifat persaingan dan kemajuan teknologi informasi terkait erat dari penggunaan komputer dalam industri hingga saat ini. Memasuki era informasi berarti memasuki dunia dengan teknologi baru, teknologi informasi. Menggunakan teknologi informasi secara maksimal berarti mengubah pola pikir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.