Pemanfaatan Group Chat Line sebagai Sarana Group Order untuk Membeli Barang dari Luar Negeri

LINE merupakan aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai perangkat elektronik, seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. Seperti halnya aplikasi chat pada umumnya, LINE Chat juga menyediakan fitur group chat yang membuat kita bisa berinteraksi dengan banyak orang. LINE Chat menyediakan fitur yang lebih lengkap dibanding dengan aplikasi pengirim pesan lainnya, bisa dilihat dari fitur fitur chatnya antara lain terdapat fitur Notes dan Album yang memudahkan pengguna untuk mencatat sesuatu. Karena adanya fitur ini banyak orang memanfaatkannya untuk membuka Group Order sebagai sarana untuk membeli barang dari luar negeri.


Group Order atau yang biasanya di singkat sebagi GO adalah sarana yang digunakan suatu komunitas untuk membeli barang dari luar negeri, komunitasi ini biasanya adalah komunitas penggemar suatu group seperti kpop, jpop, bahkan hingga jejepangan yang dimana mereka mengkoleksi merchandise dari hal yang disukainya tersebut.


Bagaimana caranya bisa membeli barang dari luar negeri hanya melalui media group chat?


Biasanya seseorang atau beberapa orang akan membentuk sebuah tim untuk membuka GO, mereka menawarkan jajanan atau barang – barang merchandise dari suatu komunitas di dalam group. Contohnya komunitas yang mengkoleksi boneka dari maker di China, admin akan membantu untuk mengupdate info apa saja yang sedang berjalan misal info Pre Order, produksi, hingga pengiriman. Admin akan menghubungin pembuat doll untuk menanyakan kabar boneka yang para customer pesan, lalu akan membantu pengiriman dari China hingga ke Indonesia. Admin akan mengirimkan info tersebut di group atau mencatatnya di Notes group dan memasukkan beberapa update foto ke album group sehingga pembeli bisa secara berkala mengecek barang mereka.


Tidak hanya dari China, akan tetapi bisa juga dari negara lain seperti Korea, Thailand, Jepang, Amerika, Filipina, dan negara lainnya tergantung apakah GO tersebut menyediakan jasa check out dan pengiriman dari negara tersebut.


Keuntungan dari adanya GO ini adalah ongkos kirim bisa menjadi lebih murah karena kita memesan barang bersama dengan pembeli lain sehingga bisa berbagi ongkos kirim dari luar negeri. Kita juga tidak perlu repot untuk mengurus masalah perpajakan yang pastinya akan ditagih saat barang sudah masuk ke bea cukai di Indonesia karena hal tersebut sudah diurus oleh admin dan kita hanya tinggal langsung membayar kepada mereka. Update dari barang yang kita pesan juga mudah kita dapatkan karena admin biasanya akan langsung menghubungi penjual langsung sehingga biasanya admin ini sudah mahir dalam bahasa asing untuk memudahkan transaksi dengan penjual. Dengan memanfaatkan fitur yang lebih lengkap di aplikasi LINE ini, admin bisa dengan mudah memberi info barang kepada customer. Selain manfaat tersebut dengan adanya sarana Group Order kita bisa berinteraksi dengan kolektor lain dan membahas berbagai macam hal di dalam group dan bisa menambah banyak teman.


Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja Group Order di LINE simak video berikut

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 4 = 6