PEMANFAATAN APLIKASI FLIP SEBAGAI MEDIA TRANSFER E-MONEY TANPA BIAYA ADMIN

Di era teknologi seperti sekarang ini makin maraknya kegiatan manusia yang terbantu bahkan digantikan oleh teknologi buatan manusia. Hal ini tentu memudahkan manusia dalam segala aktivitasnya. Dunia perbankan salah satu dari kegiatan manusia dalam menggunakan jasa keuangan. Mulai dari membuka tabungan, sistem kredit, transfer uang dan lain sebagainya. Tentu saja, kegiatan ini pun tak luput dari digitalisasi sehingga banyak dari masyarakat yang mungkin memiliki uang tunai sangat sedikit dibandingkan uang yang ada dalam rekening (tabungan) bank kita. Oleh karena itu, kini sangat lazim mengenal istilah e-money atau uang elektronik.

Digitalisasi perbankan tersebut telah memunculkan banyak inovasi teknologi. Contohnya, internet banking, mobile banking dan lain sebagainya. Dengan digitalisasi keuangan tersebut telah banyak diminati oleh masyarakat sekarang karena efisiensi dan efektivitasnya. Selain cepat tanpa membutuhkan banyak waktu dan hemat tenaga, juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun kita asalkan memiliki koneksi internet yang memadai. Namun, masih terdapat keluhan dari masyarakat ketika transfer e-money kita antar bank, yakni adanya biaya administrasi yang dibebankan oleh bank sebesar Rp5.000,- sampai dengan Rp6.500,-. Oleh karena itu, Flip, salah satu start up asal Depok pada sektor jasa keuangan digital atau teknologi finansial (fintech) membantu masyarakat Indonesia memberikan solusi atas kendala tersebut.

Flip merupakan aplikasi untuk melakukan transfer beda bank dan top up e-wallet tanpa biaya admin, transfer uang ke luar negeri dengan biaya admin lebih murah serta pembayaran listrik, pembelian pulsa dan paket data. Flip menawarkan jasa transfer dana tanpa biaya administrasi yang lazimnya dibebankan oleh bank dalam transfer dana beda bank dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000,00 sampai Rp6.500,00 per transaksi. Tak hanya itu, jasa top up e-wallet yang ditawarkan Flip pun gratis, yang biasanya dibebankan oleh pihak e-wallet dengan biaya administrasi sebesar Rp1.000,- sampai dengan Rp2.000,-. Dalam hal ini, Flip bekerja sebagai jembatan transaksi antar bank. Jadi pengguna cukup melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan rekening bank yang pengguna miliki. Kemudian Flip akan meneruskan uang pengguna ke rekening tujuan.

Gambar tampilan awal aplikasi Flip saat dibuka di android
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)

Fitur dan Layanan

Secara umum, fitur dan layanan dalam aplikasi Flip terbagi dalam lima menu. Pertama, menu Beranda dalam aplikasi Flip terdapat berbagai fitur. Fitur dalam beranda terdiri dari berbagai pilihan produk atau layanan yang ditawarkan oleh Flip kepada pengguna yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berbagai pilihan produk atau layanan tersebut di antaranya top up saldo flip berupa e-money yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan transfer dana dan pembelian produk digital (pulsa, paket data dan token listrik), e-wallet (ShopeePay, OVO, GoPay, DANA dan LinkAja), flip globe (transfer ke luar negeri), pulsa, listrik, data, investasi, minta dana, refund (pengembalian dana) dan tarik koin.

Gambar tampilan menu Beranda dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Beranda dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)

Kedua, menu Transaksi berisi catatan transaksi baik transaksi yang masih dalam proses maupun sudah selesai. Ketiga, menu Transfer berisi tujuan e-money yang akan kita transfer, yakni rekening bank, e-wallet dan luar negeri. Dengan aplikasi Flip ini transfer antarbank dan top up e-wallet tidak dikenai biaya admin Namun, untuk transfer uang ke luar negeri tetap dikenai biaya admin namun lebih murah. Keempat, menu Bantuan berisi pusat bantuan bagi pengguna Flip berupa tanya jawab jika ada kendala-kendala dalam menggunakan aplikasi dan juga ada panduan penggunaan aplikasi. Kelima, menu Akun terdapat identitas pengguna, ajak teman, ubah data akun, notifikasi, bahasa, atur daftar penerima, beri rating, layanan flip untuk perusahaan (Flip For Business), syarat dan ketentuan, kebijakan privasi dan keluar (log out).

Gambar tampilan menu Transaksi dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Transaksi dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Transfer dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Bantuan dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Bantuan dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)
Gambar tampilan menu Akun dalam aplikasi Flip
(Sumber: hasil tangkapan layar melalui ponsel pribadi)

Ketentuan Transfer Dana Tanpa Biaya Administrasi melalui Aplikasi Flip

Flip telah memiliki ketentuan-ketentuan umum dalam penggunaan aplikasi di smartphone pengguna. Di antaranya pengguna dapat melakukan transaksi di Flip selama 24 jam setiap hari. Jika ada kendala, pengguna dapat menghubungi call center Flip selama 24 jam, sedangkan untuk layanan chat bantuan tersedia dari pukul 07.00-20.00 WIB. Normalnya waktu yang diperlukan untuk memproses transaksi adalah 10 menit. Namun pada keadaan tertentu, waktu proses dapat menjadi lebih lama. Flip menjamin transaksi akan selesai diproses dalam waktu kurang dari satu jam jika tidak terdapat gangguan pada sistem bank.
Jumlah minimal nominal yang dapat dilakukan dalam transaksi transfer e-money adalah Rp10.000,-. Sedangkan jumlah maksimal transfer adalah Rp5.000.000,- per hari. Jadi apabila kurang dari jumlah minimal maka Flip tidak bisa melaksanakan transaksi transfer dana dan apabila melebihi jumlah maksimal transaksi transfer dana maka dapat dikenakan biaya administrasi Rp2.500,- per transaksi dengan maksimal nominal per transaksi adalah Rp50.000.000,- tanpa ada batasan limit berapa kali transfer per hari.

Flip For Business dapat digunakan bagi pembisnis yang sering melakukan transaksi transfer dana dalam jumlah besar. Flip For Business adalah layanan transfer untuk memudahkan perusahaan/usaha perorangan yang memiliki kebutuhan transfer ke berbagai tujuan, tetapi dengan adanya biaya administrasi. Kode unik mempermudah Flip melakukan verifikasi transaksi, sehingga transaksi akan diproses lebih cepat. Setiap kode unik yang pengguna transfer ke rekening Flip maka akan disimpan di dalam saldo akun pengguna. Pengguna dapat mencairkan kode unik ke rekening pengguna setelah minimal Rp10.000,-. Namun, bila pengguna lupa dengan kode unik atau salah ketik kode unik tersebut walaupun satu angka, maka pengguna dapat mengajukan refund (pengembalian dana) pada fitur layanan Refund. Permasalahan lain selain itu maka dapat langsung menghubungi pihak Flip pada fitur layanan Bantuan.

Transfer E-Money Antar Bank & Top Up E-Wallet Tanpa Biaya Admin? Bagaimana Caranya?

NGIUP

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 9 + 1 =