E-Library : Sebagai Sumber Buku Online Dan Platform Pengembangan Belajar Online

Era digital terus mengembangkan hal-hal baru yang bertujuan membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya yaitu Electonic Library (E-Library) platform ini merupakan perpustakaan digital yang mempunyai koleksi buku dalam bentuk format digital. Electronic Library (E-Library) sendiri merupakan salah satu perkembangan dari kecanggihan era digital. Didalam platform tersebut terdapat buku-buku yang dapat diakses secara online baik melalui smartphone, komputer, laptop dll. Tujuan E-Library adalah memudahkan seseorang untuk mengakses informasi ilmu pengetahuan dalam bentuk format digital tanpa terhalang jarak dan waktu.

Beberapa aplikasi sejenis E-Library yang dapat digunakan untuk memperoleh sumber informasi ataupun referensi belajar online yaitu:


Google Scholar
Search Engine Google juga memiliki platfrom perpustakaan online yang dirilis pada tahun 2014. Google Scholar disebut-sebut sebagai platfrom perpustakaan terbaik didunia karena aksesnya yang mudah dan ketersediaan jenis buku atau kertasnya yang bervariasi. Google Scholar dapat di akses melalui https://scholar.google.com/

Academia
Academia adalah salah satu alternatif untuk mencari referensi baik dalam bentuk paper file word, PDF ataupun Power Point. Sebagian besar paper berasal dari hasil penelitian oleh kalangan profesional, dosen, maupun mahasiswa. Academia dapat di akses melalui https://www.academia.edu/

Eperpus
Aplikasi ini merupakan perpustakaan digital yang diluncurkan oleh Gramedia. Di dalam Eperpus terdapat banyak jenis koleksi buku dan majalah. Anda juga dapat memilih kategori buku yang diinginkan baik yang fiksi maupun non fiksi.


Ipusnas
Aplikasi resmi milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau dikenal dengan Ipusnas adalah salah satu bentuk aplikasi electronic library yang dapat digunakan untuk mengakses sumber ilmu. Dalam aplikasi ini tersedia buku dalam kategori fiksi dan non fiksi. Melalui aplikasi ipusnas kita dapat memperoleh sumber referensi secara gratis.

Kelebihan yang dimiliki oleh E-Library di antaranya yaitu akses pencariannya tanpa batas waktu atau dapat diakses selama 24jam, pencarian lebih mudah karena kita hanya tinggal mengetik kategori bacaan yang kita inginkan, dengan E-Library kita juga dapat lebih menghemat waktu dan tenaga karena tidak harus keluar rumah untuk mencari toko buku ataupun keperpustakaan, selain itu E-Library dapat digunakan secara bersamaan dengan orang lain. Sebagian besar pelajar maupun mahasiswa yang lebih memilih untuk mencari sumber referensi belajar secara online. Mencari sumber referensi secara online dinilai lebih mudah dan praktis.

Namun dibalik kelebihan itu semua, ada juga kendala ataupun kekurangan di dalam platform E-library tersebut. Kendalanya yaitu seperti koneksi internet yang buruk akan menghambat kecepatan akses dalam pencarian sumber informasi, banyak terdapat pelanggaran hak cipta dan plagiarisme karena karya seorang penulis dapat dengan bebas ditransfer ke orang lain tanpa sepengetahuannya, dalam hal kesehatan membaca dengan E-Library dalam waktu lama dapat membuat mata menjadi perih dan mudah merasa lelah karena paparan sinar Blue Light yang dipancarkan layar perangkat digital.

Perkembangan E-Library dapat dimanfaat oleh siapa pun dalam memperoleh sumber ilmu secara online. Dengan adanya Electronic Library diharapkan para anak bangsa dapat meningkatkan minat membaca dan lebih selektif dalam memilih sumber bacaan yang terpercaya. Kita juga dapat mengunggah karya yang di miliki untuk saling berbagi ilmu kepada teman melalui platfrom online seperti Google Scholar, Academia dan platfrom lainnya.

https://youtu.be/Wr2IluLmXPs

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha − 1 = 3