Mengenal Aplikasi iPusnas: Aplikasi Perpustakaan Digital yang Dipersembahkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perkembangan teknologi digital saat ini telah mengubah cara dunia beroprasi secara signifikan. Banyak proses manual menjadi digital dan berbasis online, termasuk dalam akses terhadap perpustakaan. Pada era ini, Perpustakaan Nasional RI telah mempersembahkan aplikasi iPusnas, sebuah aplikasi baca online yang memudahkan akses bahan bacaan bagi seluruh masyarakat melalui perangkat seluler.

Hanya dengan menggunakan telepon genggam, iPusnas memberikan akses yang luas bagi siapa saja untuk membaca buku, bahkan bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil yang sulit mengakses perpustakaan konvensional. Dalam aplikasi iPusnas terdapat beragam jenis bacaan, mulai dari novel hingga buku pelajaran. Semua buku bacaan yang disediakan oleh iPusnas adalah legal, resmi dan gratis, hal ini memberikan alternatif yang baik bagi masyarakat untuk meninggalkan praktik pembajakan.

IPusnas menjadi sarana yang berharga untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi baru dari rumah. Proses penggunaan aplikasi ini pun sangat sederhana, mirip dengan menggunakan aplikasi sosial media lainnya, sehingga mudah diakses oleh berbagai usia. Hanya dengan mendaftar menggunakan email, pengguna dapat dengan mudah mengunduh dan membaca buku yang diminati, dengan batas waktu peminjaman selama tiga hari.

Teknologi saat ini memang memudahkan akses terhadap informasi dan pengetahuan, dan iPusnas adalah salah satu contoh nyata dari kemajuan tersebut. Dengan aplikasi ini, kesulitan dalam mencari informasi dan belajar dapat diatasi, sehingga memotivasi masyarakat untuk terus meningkatkan literasi.

Manfaat Aplikasi iPusnas

Aplikasi iPusnas dalam meningkatkan literasi masyarakat Indonesia memiliki beberapa manfaat yang dapat disimpulkan dari penelitian yang telah dilakukan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diambil:

  1. Meningkatkan Minat Baca. Aplikasi iPusnas dapat membantu meningkatkan minat baca generasi muda yang saat ini sedang memiliki minat yang sangat tinggi dalam teknologi digital.
  2. Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Aplikasi iPusnas sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa karena didalamnya menyediakan berbagai macam koleksi bahan bacaan yang lengkap.
  3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Berpikir Kritis. Literasi yang baik dapat menciptakan kemampuan berkomunikasi serta kemampuan berpikir kritis.
  4. Meningkatkan Kewirausahaan dan Penurunan Kemiskinan. Peningkatan literasi masyarakat yang dilaksanakan Perpusnas antara lain ditujukan untuk menumbuhkan kewirausahaan, penurunan kemiskinan, dan penurunan angka stunting.
  5. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi. Literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka membangun kreativitas dan inovasi, serta meningkatkan keterampilan dan kecakapan sosial yang sangat diperlukan pada revolusi industri 4.0

Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengakses buku digital di aplikasi iPusnas:

Download Aplikasi iPusnas dari Playstore atau App Store sesuai dengan perangkat anda

Buka aplikasi dan lakukan resgistrasi. Anda dapat menggunakan akun email atau akun Apple untuk melakukan registrasi.

Setelah berhasil registrasi, Anda dapat meminjam buku digital yang tersedia di aplikasi iPusnas. Untuk meminjam buku, Anda dapat memilih buku yang diinginkan di menu “Collection” kemudian tekan tombol “Pinjam” Jika stok buku habis, Anda akan otomatis masuk ke daftar antrean. Namun, apabila stok buku tersedia, Anda bisa langsung mengunduh dan membacanya secara daring maupun luring.

Setelah selesai membaca buku, Anda dapat mengembalikan buku digital di aplikasi iPusnas. Anda dapat menghubungi pustakawan jika terdapat kendala.

Tonton video youtube dibawah ini untuk tutorial lebih jelas nya!

Daftar Pustaka

Benny Harmyanto, A. N. (2023). Pengaruh loyalitas pengguna aplikasi iPusnas di kalangan mahasiswa . Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi , 65-74.

Jubaidah, I. (2021, Juni 20). Mengenal Ipusnas, Perpustakaan Digital Persembahan Perpustakaan Nasional. Retrieved from osc.medcom.id: https://osc.medcom.id/community/mengenal-ipusnas-perpustakaan-digital-persembahan-perpustakaan-nasional-1677

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 8 =