Lightroom: Aplikasi Editor Foto Kekinian ala Selebgram

Seiring berkembangnya zaman, teknologi mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dalam hal ini juga termasuk teknologi fotografi yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Teknologi fotografi yang dahulu hanya dikuasai oleh golongan tertentu sekarang menjadi hal yang umum dan mudah dijangkau oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini disebabkan oleh alat fotografi yang harganya affordable untuk semua kalangan. Bahkan untuk menangkap gambar yang bagus tidak lagi harus menggunakan kamera khusus, cukup memakai kamera smartphone ditambah aplikasi editor sudah sangat cukup untuk menghasilkan gambar yang epic.

Salah satu aplikasi yang populer saat ini yaitu Lightroom. Lightroom yang bernama lengkap Adobe Photoshop Lightroom adalah sebuah program software buatan Adobe yang khusus diperuntukan untuk dunia fotografi. Software ini dirancang sebagai alat pembantu untuk mengelola, mengolah, dan mengedit foto digital pada komputer dan smartphone. Adobe Photoshop Lightroom dan Adobe Photoshop memiliki fungsi yang berbeda karena Adobe Photoshop merupakan program editing grafis. Disinilah letak perbedaannya, dimana Photoshop biasa digunakan untuk retouch foto serta membuat efek manipulasi foto, sedangkan Lightroom lebih dipergunakan untuk retouch foto dan permainan efek warna dengan lebih bervariasi. Jadi kelebihan dari Adobe Lightroom memang terletak pada pengolahan tonal-tonal warna foto yang lengkap serta lebih mudah.

Kelebihan Adobe Lightroom pada permainan efek warna membuat software ini banyak digunakan fotografer dunia, sedangkan tool-tool dan fitur untuk manipulasi Photoshop membuatnya banyak dipakai oleh para “Photoshoper”. Bahkan sebuah survei membuktikan bahwa hampir 90% fotografer di Amerika Serikat menggunakan Adobe Lightroom untuk olah digital foto mereka dan 10% menggunakan Photoshop biasa. Di Indonesia pun baru-baru ini lightroom juga mulai menjadi handalan untuk membuat foto lebih menarik. Sebenarnya tidak salah juga jika banyak fotografer yang menggunakan Photoshop. Hanya saja jika mau melihat lebih jauh mengenai kelebihan Adobe Ligtroom agaknya akan banyak fotografer yang beralih ke software ini.

Berikut kelebihan yang dimiliki Lightroom:

  • Fitur-fitur yang Mendukung Fotografi

Dalam Lightroom Anda akan menemukan banyak fitur yang membantu dalam hal pengaturan gelap terang, pengendalian efek noise foto, croping, serta editing warna, lebih banyak dari Photoshop biasa. Selain itu pengaturan resolusi dan ukuran foto juga tersedia dalam Lightroom. Tidak lupa juga fitur pembuatan watermark untuk dipasang pada foto hasil karya fotografer.

  • Dapat Dihubungkan dengan Kamera Secara Live

Banyak sekali fotografer profesional yang menyambungkan perangkat kamera mereka pada komputer saat kegiatan pemotretan di studio. Lightroom menjadi software penampil hasil foto yang baru saja diambil dengan cepat. Tentu saja ini sangat membantu agar fotografer maupun client dapat melihat secara langsung dan lebih jelas hasil yang foto tanpa harus melakukan transfer data terlebih dahulu. Fitur ini dapat dilakukan dengan catatan kamera yang kompatibel dan memiliki fitur penghubung ke kabel USB komputer.

  • Editing Warna yang Lengkap

Ini juga menjadi salah satu kelebihan Adobe Lightroom karena menawarkan fitur pengaturan HSL (Hue, Saturation dan Luminance). Selain itu tersedia juga fungsi-fungsi untuk mengedit White Balance, Tonal, Lens Correction, Presence dan lain-lain. Bandingkan dengan Photoshop biasa yang harus menggunakan plugin tambahan untuk mendapatkan fitur pengaturan White Balance.

  • Fitur Pembersihan Objek Foto

Jika Photoshop biasa memiliki Clone Stamp, Spot Healing Brush dan Brush Tool untuk membersihkan objek foto yang noise atau kurang bersih, maka Lightroom memiliki Spot Removal dan Adjusment Brush yang kemampuannya lebih baik. Tool tersebut efektif membersihkan bintik-bintik maupun jerawat pada wajah. Bahkan Adjusment Brush mampu mengedit bagian tertentu dari foto.

  • History Tidak Hilang pada Lightroom

Apabila Anda selesai mengedit foto pada Photoshop dan menutupnya dalam format JPEG, maka secara otomatis history editing akan menghilang. History tetap ada apabila Anda menyimpan gambar dengan format PSD. Berbeda dengan Lightroom yang tetap memiliki history meskipun foto sudah ditutup dengan format apapun atau bahkan sampai komputer di matikan dan dihidupkan lagi.

  • Mendukung Foto Resolusi Tinggi

Kamera DSLR dikenal sebagai kamera yang selalu menghasilkan foto berukuran besar dan resolusi tinggi. Banyak software yang berat untuk memuat foto besar terutama dengan format RAW. Disinilah Lightroom mempunyai kelebihan untuk mengolah foto resolusi tinggi. Selain itu, Lightroom versi terbaru juga mampu mendukung layar komputer beresolusi tinggi seperti Retina Display di Library maupun Develop Module.

Dari kelebihan-kelebihan di atas, tidak heran jika artis-artis media sosial mulai menggunakan aplikasi ini sebagai editor handalan untuk membuat foto-foto mereka menjadi lebih aesthetic. Apalagi fitur yang dapat menyimpan presets membuat pengguna dapat mengedit foto lain dengan menggunakan presets tersimpan untuk mendapatkan hasil foto yang seragam. Hal ini sering dipakai oleh pengguna instagram agar instagram feed terlihat lebih rapi dan enak dilihat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *