Kegunaan Google Drive Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Terhadap Literasi Digital

Pembelajaran Liretasi Digital

Hal yang kita perlukan untuk mengakses file digital  hanyalah perangkat komputer atau gadget yang telah dilengkapi layanan internet. Dengan mengadopsi penggunaan internet sebagai media simpannya, teknologi google drive nyatanya mempunyai banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan media penyimpanan perangkat keras seperti CD, hard disk, portable disk atau bentuk yang lain. Media pembelajaran merupakan alat sebagai cara seseorang mengajar atau cara menyampaikan materi dengan cara yang menarik. Hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang efektif dan efisien. Penerapan media pembelajaran harus berdasarkan pola pembelajaran yang telah ditentukan dan yang akan digunakan.

Guru dituntut mengkreasikan berbagai cara dalam proses pembelajaran untuk memotivasi peserta didik termasuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran seperti penggunaan internet. Aktifitas belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan internet mengubah pembelajaran yang fokus pada guru menjadi pembelajaran yang fokus pada siswa sehingga menimbulkan minat belajar mandiri yang besar dan mudah memperoleh informasi yang dapat dieksploitasi melalui internet serta mendukung proses belajar mengajar disekolah.

Strategi Pembelajaran Dengan Google Drive

Banyak strategi ataupun metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Salah satunya menyediakan media pembelajaran yang mudah dan efisien. Media pembelajaran Google Drive merupakan salah satu media pembelajaran berbasis e-learning yang dapat meningkat proses belajar mengajar menjadi aktif dan inovatif dengan pemanfaatan sistem internet. Berbagai fitur yang disediakan pada Google Drive memiliki banyak kegunaan, Google Drive merupakan media yang sesuai untuk mengamati kerja kelompok yang dilakukan diluar kelas.

Google Drive dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file penting kita. File-file yang dapat di simpan pada Google Drive seperti file yang kita buat di Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Office Power Point, PDF, XPS, JPG, PNG, RAR, menyimpan foto, menyimpan video, dan lain sebagainya. Penyimpanan file pada Google Drive sangat aman. Kelebihan Google Drive adalah mempermudah menyimpan dengan cara mengupload jenis file apa saja di Google Drive dengan gratis. Kita dapat mendownload file yang tersimpan, File yang telah disimpan, dapat dibagikan kepada teman melalui link file Anda yang ada di Google Drive tersebut.

Tidak hanya itu dengan menyimpan data digitalnya pada google drive akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut. Google drive bisa menjadi cermin evaluasi diri karena tulisan? tulisan juga oleh banyak orang dengan berbagai sudut pandang, sehingga kita juga belajar memahami berbagai karakter orang dan sudut pandang seseorang menyikapi masalah. Selain itu dengan memanfaatan media blog memungkinkan seorang guru ntuk bertukar pikiran dengan guru lain di manapun, sharing kiat mengajar, bahan ajar dan sebaginya yang semuanya memperlancar kegiatan belajar mengajar dalam rangka peningkatan kompetensi pada umumnya.

Berikut ini link video yang sudah saya upload di YouTube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.