Pemanfaatan Sosial Media sebagai Media Kesehatan Mental

Di Indonesia kesehatan mental atau kesehatan jiwa masih menjadi permasalahan yang darurat. Banyak orang menyepelekan kesehatan mental sehingga tidak sadar bahwa kesehatan mental sangat penting. Darurat kesehatan mental di Indonesia banyak terjadi pada jenjang remaja menuju dewasa. Transisi dari dunia anak-anak menuju dunia dewasa sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Pada masa transisi ini, banyak remaja tiba-tiba harus menjelajahi lingkungan yang baru, lingkaran pertemanan yang semakin luas, tuntutan pendidikan atau karier yang semakin berat, hingga budaya yang bisa jadi sangat berbeda disertai dengan berbagai masalah dan konflik yang kerap muncul. Terkadang remaja yang mengalami kesehatan mental akan dikucilkan dari pergaulan, dicap buruk dilingkungan pertemanan, dan tidak dihargai.

Jenis kesehatan mental yang sering terjadi di Indonesia diantaranya adalah depresi, menyakiti diri (self harm), gangguan kecemasan, hingga menyebabkan bunuh diri. Namun, dengan tingkat kesehatan mental yang berat masih banyak yang kurang perhatian dengan kondisi mentalnya. Lingkungan sekitar, keluarga, bahkan keadaan ekonomi bisa menjadi penyebab terjadinya kesehatan mental.

Kondisi kesehatan mental yang darurat di Indonesia dan masih kurang perhatian oleh masyarakat luas. Kita bisa memanfaatkan hal-hal terdekat kita untuk media kesehatan mental, contohnya media sosial. Dengan platform instagram kita bisa menemukan akun-akun yang memposting gambar penyemangat hidup, menemukan webinar tentang kesehatan mental, dan sebagainya yang membuat sadar bahwa diri kita berharga buat orang banyak.

Melalui akun instagram @/rahasiagadis di Instagram, kita dapat bertukar cerita di direct message menceritakan permasalahan kita sehingga kita tidak merasa sendiri dan mencegah melakukan hal-hal yang diluar kendali seperti melukai diri sendiri (self harm). Karena bagaimanapun sesusah apapun masalah yang dimiliki seseorang tetap membutuhkan orang lain untuk menjadi pendengar dikala kesepian. Selain itu, di akun instagram @/rahasiagadis kita bisa membaca unggahan gambar yang bisa menyadarkan kita bahwa hidup kita berharga. Contohnya seperti unggahan dengan judul “Untuk Kamu Yang Sedang Kehilangan Arah”, dengan kata-kata motivasi tersebut walaupun sepela buat orang lain tapi untuk orang yang sedang membutuhkan motivasi akan sangat berguna sekali.

Selain itu kita bisa menggunakan platform sosial media lainnnya seperti tiktok. Dengan tiktok kita bisa menonton konten edukatif yang dapat memotivasi dan menyadarkan kita bahwa hidup kita berharga. Di tiktok juga dapat menemukan konten video dari mahasiswa psikologi atau bahkan psikologi dan psikiater yang membagikan tips dan triks menghadapi masalah, kata-kata penyemangat, dan penjelasan-penjelasan gangguan kesehatan mental lainnya.

Dengan memanfaatkan sosial media menjadi media kesehatan mental bisa mengurangi sedikit beban remaja yang memiliki gangguan kesehatan mental. Setidaknya media sosial menjadi wadah untuk memotivasi bahwa hidup ini berharga. Dengan kata-kata motivasi dan penyemangat yang diunggah di media sosial bisa menjadi hal yang sangat berguna untuk yang sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Berikut link youtube :

Mutiara Herliani (6411421027)


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha − 6 = 1