Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi

Ketika kita melakukan pembelajaran secara online tentunya kita memerlukan media sebagai sarana untuk pembelajaran. Oleh karena itu, aneka macam Platfrom digunakan sebagai media pembelajaran oleh sekolah maupun universitas. Salah satu aplikasi meeting online yang paling dapat perhatian di masa pandemi seperti sekarang ini adalah Zoom Meeting. Tidak hanya digunakan oleh para pekerja kantoran yang diwajibkan bekerja dari rumah tetapi juga oleh para dosen dan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara online.

Zoom Meeting sendiri merupakan sebuah media pembelajaran menggunakan video.  Aplikasi ini mengizinkan siapa saja untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya. Menariknya, semua percakapan via Zoom dapat direkam untuk dilihat kembali nantinya. Pendiri aplikasi Zoom Meeting yaitu Eric Yuan yang diresmikan tahun 2011 dimana letak kantor pusatnya berada di San Jose, California.

Zoom meeting tidak hanya digunakan untuk kegiatan pembelajaran saja tetapi bisa digunakan untuk urusan perkantoran, bersosialisasi dengan rekan kerja, rapat kerja maupun seminar online atau yang bisa disingkat webinar. Dengan penggunaannya yang relatif mudah dan dapat diakses kapan dan dimana saja, sehingga harapan kegiatan pembelajaran daring dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang maksimal. Melalui zoom meeting kegiatan pembelajaran dapat memberikan pengalaman lebih bagi peserta didik dimana peserta didik bisa berinteraksi secara langsung, pelajar dapat melakukan tanya jawab, diskusi dan presentasi mengenai masalah pembelajaran yang dihadapi.

Beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi Zoom yaitu: memungkinkan melakukan meeting hingga 100 partisipan, pengguna bisa mengirimkan teks saat rapat sedang berlangsung, pengguna dapat menjadwalkan meeting lewat fitur schedule (jadwal). Platfrom ini gratis jadi dapat digunakan oleh siapapun dengan batas waktu empat puluh menit dan tidak ada batasan waktu jika akun kita berbayar. Pengguna juga dapat mengirimkan tangkapan layar saat meeting berlangsung ke Google Drive, Dropbox atau file Box. Selain itu, Zoom Cloud Meeting dapat bekerja pada perangkat Android, iOS, Windows, dan Mac.

Hal-hal yang membuat tidak begitu efektif dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan Zoom Meeting adalah sebagai berikut :

  1. Seringnya terjadi kendala seperti sinyal yang kurang bagus atau terputus-putus bagi mahasiswa yang tidak menggunakan wifi maupun paket data yang minim.
  2. Terdapat mahasiswa yang terdapat mata kuliah praktikum merasa kesulitan karena kualitas video di Zoom Meeting tidak begitu baik sehingga mahasiswa tersebut merasa kesulitan dalam mengamati praktikumnya,
  3. Sering terjadinya gangguan-gangguan suara aneh yang mengganggu aktivitas pembelajaran disaat sedang menyalakan voice (unmute).

Tetapi, penggunaan aplikasi Zoom Meeting dinilai sangat praktis bagi para pelajar atau mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan guru/dosen dan mahasiswa merasa lebih mudah melakukan komunikasi secara lisan dibandingkan secara tertulis. Proses komunikasi melalui lisan dapat menerima suatu hasil dan juga pengertian yang lebih jelas daripada melakukan komunikasi secara tertulis. Lalu, selain itu penggunaan aplikasi Zoom Meeting yang termasuk salah satu dari media pembelajaran e-learning dapat memudahkan para pelajar dalam menghemat waktu dan biaya.

Sebelum menggunakan Zoom, ada baiknya kenali lebih dalam tentang apa saja fitur-fitur yang disedakan Zoom itu sendiri.

  1. HD Video dan Audio
    Dengan menggunakan aplikasi Zoom ini pengguna tidak perlu khawatir dengan kualitas video dan audio yang ditampilkan, Zoom menawarkan kualitas high definition dengan jumlah peserta hingga 1000 orang dalam grid layar.
  2. Keamanan
    Aplikasi Zoom menawarkan keamanan dengan teknologi end-to-end encryotion, selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan sandi yang dapat digunakan pada seluruh rapat melalui aplikasi Zoom membuat keamanan para penggunanya tidak perlu dipertanyakan lagi.
  3. Rekaman dan Transkrip
    Selain kedua fitur unggulan diatas aplikasi Zoom Meeting juga dilengkapi dengan fitur recording kemudian menyimpan hasil rekaman di perangkat masing-masing atau pada akun cloud,  sehingga kegiatan rapat dapat terdokumentasi dan dapat dibuka kembali sewaktu-waktu.
  4. Riwayat
    Aplikasi Zoom Meeting juga dilengkapi dengan history obrolan dan akan tersimpan dalam arsip sistem hingga sepuluh tahun.
  5. Fitur Penjadwalan
    Pada aplikasi Zoom dapat melakukan penjadwalan terhadap video conference yang akan dilakukan. Kalau tidak punya aplikasi Zoom, memulai video conference atau rapat dapat menggunakan akun Outlook, Gmail, atau iCal.

Silakan akses video youtube berikut untuk mengetahui dan memahami lebih jelas tentang pemanfaatan serta penggunaan fitur-fitur pada Zoom Meeting :

Sumber Rujukan :

Hamid, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 166-174.

Ditulis Oleh :

Ella Alsriansyah (NIM. 6411421033)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 1 + 7 =