Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Berbasis Game Based Learning

Febrian Danar Wijaya

Universitas Negeri Semarang

7111421006

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin berkembangnya zaman maka pastinya akan lebih maju,  terutama di Indonesia juga yang berdampak membawa pengaruh pada seluruh sektor dalam kehidupan masnyarakat. Salah satu sektor tersebut yaitu sektor pendidikan. Dengan berkembangnya zaman teknologi akan semakin maju sehingga dapat memajukan di sektor pendidikan diantaranya seperti meningkatkan kualitas pendidikan, memudahkan sistem pendidikan serta memudahkan sistem pembelajaran baik itu melalui tatap muka maupun secara daring. Nah dalam sistem pembelajaran daring ini pastinya memiliki masalah apalagi di tingkat siswa sekolah dasar pasti menimbulkan rasa bosan, yang dewasa saja kalau daring merasa bosan apalagi yang masih duduk di sekolah dasar pasti menjadi permasalahan yang serius bukan. Oleh karena itu kita harus bijak dalam pemanfaatan penggunaan teknologi di perkembangan zaman ini kita harus berpikir kreatif dan inovatif. Seorang pendidik juga harus cepat beradaptasi dalam perkembangan zaman ini dan mampu mempergunakan teknologi untuk perkembangan pembelajaran. Variasi dalam penggunaan media belajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa untuk bisa membuat siswa tetap memahami materi yang disampaikan sehingga siswa dapat belajar dengan baik.

Dengan pemberian selingan atau gantian dalam sistem pembelajaran berupa game di tengah pembelajaran berlangsung juga dapat menjadikan solusi untuk membuat suasana baru dalam kegiatan pembelajaran siswa juga agar tidak bosan apalagi ini berupa game pastinya siswa ingin tahu game apa ini dan bagaimana caranya. Generasi sekarang ini mungkin tahu semua atau pegang gadget semua bukan, pastinya anak – anak yang ada menyukai atau mempunyai rasa ingin tahu terhadap game, Sehingga penggunaan Pembelajaran dalam game based learning sangat cocok untuk diterapkan dalam kondisi generasi digital sekarang ini yang lama kelamaan akan semakin maju lagi.

Game Based Learning adalah  metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan atau disebut game yang sudah dibuat khusus untuk membantu dalam proses kegiatan pembelajaran. Game Based Learning ini mengacu pada permainan yang sesungguhnya di dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemauan siswa untuk tetap terus belajar dan meningkatkan pengalaman belaajar tanpa diiringi rasa bosan tetapi diiringi rasa ingin tahu yang tinggi oleh para siswa. Pendidik juga dapat menggunakan video game atau aplikasi game dalam proses pembelajarannya tersebut sehingga akan menarik dan memotivasi perhatian siswa, terutama siswa Sekolah Dasar. Dikarenakan pembelajaran ini melalui pendekatan bermain bisa membuat siswa memahami materi serta mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang lebih baik, menyenangkan, dan menarik. Tidak perlu cemas juga jika siswa belum paham dengan sistem ini nanti guru atau ibu guru akan mengajarinya secara perlahan, umumnya juga dalam setiap permainan akan di beri petunjuk bagaimana cara mengoperasikannya dengan baik dan setiap permainan juga dapat tersedia di smartphone ataupun berbasis web aplikasi. Dengan penggunaan game based learning juga memiliki keunggulan daripada pembelajaran secara biasa atau itu itu saja. Siswa yang belajar menggunakan metode game ini akan lebih cermat dan daya ingat yang jangka panjang di banding secara biasa.

Dalam memperkenalkan sistem ini para pengajar dapat menghadirkan permainan – permainan yang edukasi dalam proses pembelajaran yang lebih menyenangkan. Contoh penerapan metode game based learning ini Latihan soal di kemas dalam game survival, ada pembelajaran game melalui teka teki yang ada, siswa juga dalam memilih jawaban terdapat lagu serta poin dalam jawaban jika benar akan mendapatkan poin dan melanjutkan ke tahap selanjutnya sedangkan jika ada menjawab yang salah maka tidak akan mendapatkan poin, selain itu jika benar level dapat naik kalau salah akan turun levelnya, dan akhinya nanti akan di tampilkan score leaderboard top 10 besar sehingga siswa yang di bawah 10 besar tersebut merasa ingin masuk 10 besar sehingga mereka lebih rajin lagi untuk belajar. Berikut ini juga Rekomendasi game based learning yang cocok untuk dalam proses kegiatan belajar mengajar antara lain: Wordwall, Educandy, Teka – Teki Budaya Nusantara, Baamboozle, Quizizz, Kahoot, dan lain-lain.

Metode game based learning juga pastinya memiliki beberapa kekurangan di antaranya Siswa harus Meltek dalam sistem ini, adanya alat dan media tambahan tidak semua sekolah dapat memperolah alat dan media tambahan ini dengan keterbatasan biaya, Membutuhkan waktu cukup lama untuk menyiapkan game  based learning ini.

Oleh karena itu  Metode Game Based Learning ini harus lebih kita kembangkan lagi agar proses kegiatan belajar lancar dan tidak ada kendala apapun mengingat metode ini jika di kembangkan lagi mempunyai banyak manfaat bagi siswa. Hal yang tidak kalah penting juga membuat suasana pembelajaran lebih gembira, asik, menyenangkan, dan tidak membosankan sehingga akan meninggalkan pesan yang mendalam pada materi yang di pelajari. Pemerintah juga sebaiknya melihat kelebihan metode ini sehingga dapat mensupport sistem ini agar di sediakan di berbagai sekolah yang ada di indonesia membuat sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini lebih maju dan berkebambang tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi oleh negara – negara lain.

Link Youtube : https://youtu.be/A9urbLHGrGM

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 15 − 14 =