Penggunaan Aplikasi Google Earth Sebagai Media Pembelajaran

Pengertian Google Earth

Di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih maju memiliki dampak terhadap bidang pendidikan yaitu memudahkan bagi pengajar dan pelajar dalam mencari ilmu dan membuat media pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang mudah digunakan adalah Google Earth. Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D.

Manfaat Google Earth

Kehadiran Google Earth ini sangatlah berguna sebagai media pembelajaran terutama mata pelajaran geografi, dengan google Earth kita bisa melakukan perjalanan dan belajar tentang dunia melalui globe virtual. Kita juga bisa melihat citra satelit, peta, medan, bangunan 3D, dan banyak lagi. Selain itu google Earth adalah aplikasi gratis dan dapat di akses menggunakan handphone sehingga pelajar yang memiliki gadget dapat mengaksesnya kapan dan dimana saja menggunakan internet.

Google Earth Sebagai Media Pembelajaran

Google Earth memudahkan bagi seorang guru dalam menjelaskan materi dan membuat lingkungan belajar yang seru dan asik, dengan google earth pengajar mengajak murid untuk melihat kenampakan yang ada dimuka bumi, mulai dari bentuk kenampakan alam, gedung bangunan dari sebuah kota, maupun objek wisata dan monumen. Google Earth menyediakan media bagi para pendidik untuk mengembangkan kemampuan visual peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik untuk melihat setiap sisi yang ada di dunia. Google Earth membantu peserta didik mengembangkan pemahaman tentang jarak dan perbedaan kebudayaan di seluruh dunia.

Link vidio : https://youtu.be/mSUeMmx78II

Mukafin Maulana (3201421065)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =