Serba-Serbi Penerapan Artificial Intelligence Guna Menghadapi Era Digital

Di era digital seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri bahwa semuanya serba canggih, praktis dan inovatif demi memenuhi kebutuhan manusia. Sehingga, kita juga dituntut untuk mempunyai pemikiran maju dan wawasan yang luas. Saat ini, kita dihebohkan dengan munculnya teknologi baru yang canggih bernama “Artificial Intelligence”atau A.I, terlebih untuk menghadapi era digital seperti saat ini.

Lantas, apa yang dimaksud dengan “Artificial Intelligence”?

Definisi A.I adalah kecerdasan buatan yang diperoleh dari pemikiran manusia dalam bentuk pemberian informasi atau merupakan mesin yang belajar dari pengalaman, menyesuaikan diri dengan inputan baru dan melakukan tugas seperti manusia sehingga terbentuk teknologi komputer yang semakin berkembang.

Oleh karena itu, terdapat berbagai macam Penerapan Artificial Intelligence dalam kehidupan manusia guna menghadapi era digital, diantaranya :

1. Dalam bidang kesehatan atau medis

  • Mempercepat Pengembangan Obat Baru melalui penelitian yang akurat dengan menggunakan teknologi A.I dan untuk meningkatkan efek pengobatan.
  • Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit karena dengan A.I dapat membantu proses data medis pasien sehingga dapat melayani pasien secara efektif dan pemantauan kesehatan untuk mereka.
  • Mendukung Proses Operasi. Teknologi AI banyak dikembangkan untuk mewujudkan robot yang dapat membantu proses operasi agar lebih cepat.
  • Perawat virtual (seperti Halo.doc).
  • Pendeteksi dini penyakit kanker.

2. Dalam bidang bisnis

Aplikasi ojek online merupakan aplikasi untuk memesan jasa ojek sepeda motor melalui teknologi internet dengan cara menginstal aplikasinya terlebih dahulu di play store menggunakan telepon seluler (ponsel). Alat atau model transportasi seperti ini sangatlah bermanfaat bagi orang-orang. Dengan seiring perkembangan zaman, aplikasi ini tidak hanya untuk mengantarkan penumpang dengan motor maupun mobil namun juga bisa membelikan makanan, mengantarkan barang, jasa kebersihan. Ketika memesan ojol, aplikasi tersebut akan secara otomatis menemukan pengemudi atau driver yang titik lokasinya paling dekat dengan pelanggan.

Penggunaan teknologi AI terdapat dalam urusan keamanan pelanggan maupun pengemudi agar memberikan rasa aman dan nyaman. Teknologi AI ini digunakan untuk mendeteksi adanya pemberhentian yang tidak sesuai dengan lokasi

3. Dalam bidang pendidikan

Dalam lingkup pendidikan AL memang jarang dapat kita jumpai. Namun, AL diyakini dapat membantu manusia untuk mencapai tujuan dengan mempermudah jalannya kegiatan-kegiatan yang ada secara efektif. Untuk mencapai hal tersebut, saat ini AL dibuat berbagai terobosan baru dengan banyaknya inovasi yang berkembang sehingga dapat diterapkan untuk menunjang efektivitas dan efisiensi di sektor pendidikan secara praktis

Contohnya voice assistant

Bagi sebagian orang tidak asing ketika mendengar istilah tersebut. Apalagi bagi orang-orang yang sering mengerjakan tugas dengan bantuan google. Voice assistant merupakan salah satu teknologi AL yang paling banyak diketahui dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan. Dengan voice assistant, dapat mempermudah para siswa maupun guru untuk mencari materi, maupun referensi soal bahkan tugas, paper, artikel dan lainnya dengan hanya berbicara atau menyebutkan kata kunci yang akan dicari. Tentunya hal ini dapat mempersingkat waktu dibandingkan dengan mengetik di pencarian google.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.