PEMANFAATAN APLIKASI WATTPAD SEBAGAI SARANA PARA PENULIS PEMULA BERKARYA

Oleh : Shinta Anggraeni Setyowati

Zaman berkembang semakin cepat, sehingga kita sering tidak menyadari perubahan tersebut. Teknologi semakin canggih dan semua aktivitas dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Semakin berkembangnya digital membuat orang melakukan berbagai inovasi-inovasi, salah satunya adalah dunia literasi. Sekarang siapa pun bisa menjadi penulis.

Berbagai wadah online telah disediakan, baik melalui aplikasi ataupun blog. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan para penulis pemula yang ingin memulai kariernya adalah aplikasi Wattpad. Wattpad adalah tempat digital yang dapat memberikan manfaat baik untuk penulis maupun pembaca (Asih & Dewi, 2021).

Wattpad adalah sebuah komunitas media, pendiri aplikasi Wattpad berasal dari Toronto, Kanada, yaitu Allen Yau dan Ivan Yuen. Salah satu tujuan pendirian aplikasi ini adalah untuk menyebarluaskan tulisan secara gratis untuk penulis maupun pembaca (Sari, 2017). Namun, saat ini beberapa karya dari pengarang terkenal yang dikenakan biaya sebagai bentuk dukungan dari aplikasi, juga aplikasi ini menawarkan biaya berlangganan. Walaupun begitu, banyak cerita di aplikasi ini yang gratis dan penulis juga tidak perlu membayar untuk diterbitkan.

Wattpad adalah tempat online yang memberikan berbagai fitur bagi pengguna untuk memberikan aplikasi secara ajeg sehingga karya sastra di wattpad menjadi karya seri (Mawardi, 2018). Wattpad menjadi tempat menulis digital yang sangat populer di Indonesia. Berbagai karya yang dimulai dari sekedar menulis di Wattpad telah diterbitkan, bahkan diangkat film ataupun series.

Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi para penulis pemula untuk memulai kariernya. Karya yang dipublish tidak langsung memiliki banyak pembaca, tetapi secara bertahap. Penulis juga harus rajin bercerita lewat media sosial lain, seperti Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Dengan tersedianya tempat digital yang dapat memudahkan dalam berkarya terutama bagi para penulis pemula diharapkan dapat menghasilkan karya bermanfaat dan tidak menghilangkan nilai-nilai moral dalam sebuah. Untuk lebih jelas tutorial membuat akun wattpad bagi pemula dapat menyimak video berikut.

Link :

https://youtu.be/CWjMaNI0M5I

Sumber referensi :

Sari, DP (2017). Pengembangan menulis kreatif melalui Wattpad. Simnasiptek 2017, 1(1), 1-4.

Mawardi, AB (2018). Komodifikasi sastra cyber Wattpad pada penerbit indie. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 13(1), 77-82.

Asih, IP, & Dewi, GAC (2021). NOVEL DARING SEBAGAI WAHANA LITERASI SASTRA: KAJIAN RESEPSI SASTRA NOVEL GARUDA EMAS INDONESIA. Prosiding Pedalitra, 1(1), 183-188.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 26 − 18 =