Dampak yang Timbul pada Dunia Jual Beli Online

Seiring berkembangnya zaman, teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan itu yang telah mempengaruhi gaya hidup seseorang dalam kesehariannya. Salah satunya adalah internet yang sekarang banyak menggunakannya dan mungkin sudah bergantung pada internet, karena internet adalah salah satu perkembangan digitalisasi yang digunakan untuk berkomunikasi yaitu melalui hand phone. Hal ini tak luput juga perkembangan dalam bidang bisnis. Internet sekarang sudah mendunia, dan ini alah satu keuntungan pebisnis dalam memasarkan dagangannya dalam dunia jual beli online. E- commerce adalah salah satu proses penjualan, pembelian dan pertukaran barang atau jasa yang melalui media internet. E- commerce adalah salah penjualan, pemasaran, pembelian, pembayaran,  pertukaran dan lainnya para pelanggan dengan dukungan jaringan para mitra bisnis di seluruh penjuru dunia.

Dampak yang timbul pada dunia E- commerce tidak sedikit. Contoh dampak negatif dalam dunia jual beli atau penyediaan jasa. Pertama jaringan internet, seseorang akan membutuhkan jaringan internet daam hal jual beli online, karena memang sudah dari aplikasi yang tersedia harus memiliki jaringan, masalah jaringan internet ini juga akan menghambat proses pembelian maupun penjualan para produsen dan konsumen. Kedua tidak bisa lihat langsung, para pembeli dalam hal ini tidak bisa melihat langsung kondisi barang tersebut, karena mereka membeli sebuah barang yang dalam berbeda tempat dengan jarak yang sangat jauh. Ketiga penjual tidak amanah, hal ini mungkin dibeberapa tempat  pemasaran sering terjadi, ketidakjujuran seorang penjual inilah yang akan membuat pembeli memberi rating buruk terhadap toko maupun aplikasi. Seorang penjual haruslah amanah terhadap pembeli, karena ini salah satu hal yang terpenting dalam jual beli online untuk menambah ketertarikkan seorang pembeli.

Ada juga dampak positif dalam dunia jual beli online. Pertama, barang apa saja yang diinginkan pasti ada. Seperti baju gamis yang diinginkan motifyang bagus namun di mall tidak terdapat barang tersebut, maka mereka akan mencarinya di sebuah aplikasi jual beli online yang memudahkan untuk memilih dengan motif yang lebih banyak. Kedua, bermanfaat untuk penjual. Pebisnis dalam ini sangat senang karena mereka bisa menjual barang yang mereka miliki yang belum terjual, lalu akan dipromosikan dalam aplikasi tersebut. Tetapi penjual juga perlu kreativitas agar banyak pembeli yang membeli dagangannya. Ketiga, tersedianya penjualan makanan. Tidak dipungkiri lagi dengan hal ini, masyarakat yang suka makan akan senang dengan aplikasi menyediakan penjualan makanan, karena memudahkan mereka untuk mendapatkan makanan tersebut. Sebab jika tidak bisa datang ke resto atau warung tersebut mereka bisa untuk menggunakan aplikasi ini untuk membeli makanan dan akan diantar kurir tersebut.

link youtube https://youtu.be/JZbhYZghSlg

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.