Meningkatnya Persaingan Dunia Kerja Seiring dengan Kemajuan Teknologi

Kehadiran teknologi sangat memberikan beberapa pengaruh terhadap kehidupan manusia, bahkan hingga membuat banyak orang yang bergantung dengan keberadaannya. Berbagai aspek keseharian mulai dari bekerja, belanja, belajar, hingga mencari informasi semuanya dilakukan dengan bantuan teknologi. Dalam waktu singkat, pengguna teknologi pun sudah meningkat drastis.

Saat ini, dunia sudah memasuki era revolusi 4.0, yang dimana sektor industri menjadi lebih kompleks dengan segala teknologi yang membuatnya lebih efisien. Hal ini sebenernya memberikan ancaman sekaligus tantangan bagi seluruh manusia.

Perubahan pekerjaan manual menjadi sistem robot dan mesin dalam upaya digitalisasi secara menyeluruh menjadikan meningkatnya persaingan di dunia kerja. Peran manusia yang biasanya mengisi berbagai macam bagian dalam ruang lingkup pekerjaan, kini rasanya sudah mulai ditinggalkan dan digantikan dengan mesin ataupun robot. Tak bisa dipungkiri bahwa kedepannya akan banyak tenaga kerja manusia yang terbuang atau tidak dibutuhkan lagi dalam kurun waktu cepat ataupun lambat.

Beberapa hal yang perlu di persiapkan dalam menghadapi peningkatan persaingan di dunia kerja:

1. Kemampuan Berbisnis

Kemampuan berbisnis, menjadi salah satu hal yang perlu di siapkan. Dengan membuka bisnis, seseorang tentunya juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Poin utama yang harus di pikirkan sebelum membuka bisnis, yaitu menentukan terlebih dulu apa jenis usahanya, kemudian berapa jumlah modal yang sekiranya akan keluar, serta siapa target pasarnya, dan juga lokasi penjualannya.

2. Memahami Dunia Digital

Melihat dunia kerja yang sekarang sudah banyak beralih melalui digital, maka diperlukan pemahaman mengenai dunia digital. Teknologi yang semakin maju menuntut untuk terus update dalam pengetahuan dan tidak boleh berhenti mencari informasi lainnya agar teknologi tersebut bisa kita manfaatkan keberadaanya. Terlebih kini, Facebook, Twitter serta Instagram bisa menjadi ladang baru untuk mempromosikan diri, beriklan, hingga persaingan bisnis.

3. Mencari Pengalaman

Menguasai teori saja belum cukup tanpa di sertai dengan praktik ataupun pengalaman. Menjual produk secara online melalui e-commerce, menawarkan jasa melalui situs webatau mencari kesempatan magang di perusahaan multinasional adalah beberapa cara ampuh untuk mengais pengalaman dalam menghadapi persaingan ekonomi digital

4. Mengembangkan kreativitas

Kreativitas adalah hal yang sangat di perlukan dalam menghadapi suatu masalah, dengan kreativitas, sesesorang akan melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Hal ini lah yang akan memudahkan seseorang dalam menghadapi ketidakpastian dengan lebih baik. Kreativitas merupakan aset penting untuk melihat peluang dengan lebih baik.

5. Terus berinovasi

Berlatih berinovasi bisa di mulai  dengan langkah kecil seperti menemukan cara atau metode baru yang memudahkan menyelesaikan pekerjaan. Berlatih berinovasi merupakan kemampuan yang harus di latih agar kedepannya, ketika menemukan suatu masalah yang rumit, masalah tersebut bisa di selesaikan dengan tepat dan cepat.

         Memasuki revolusi 4.0 ini, kita harus pintar pintar dalam memanfaatkan kemungkinan yang ada dengan tetap memperhatikan resiko resiko dibaliknya. Dengan meningkatkan skill, kemampuan, dan juga kompetensi yang dapat bersaing di revolusi ini, maka adanya ancaman sekaligus tantangan yang ada tersebut dapat kita hadapi.

Link video: https://youtu.be/i1WYFTx9p5k

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 45 − 35 =