Pengaruh Keberadaan E-commerce Terhadap Perekomian Masyarakat Revolusi Industri 4.0

Perdagagan telah menjadi bagian dari kegiatan perekonomian masyarakat sejak zaman dahulu. Semakin lama bidang perdagangan dan perekonomian juga mengalami perkembangan sesuai dengan era dan zaman yang tengah berlangsung. Saat ini dunia perdagangan sedang didominasi oleh e-commerce. Kalian pasti sering mendengar kata ini kan?
E-Commerce merupakan kegiatan perekonomian, baik penjualan, pembelian dan aktivitas perdangan lainnya yang dilakukan dengan menggunakan sistem elektronik, seperti dengan menggunakan media internet, televisi, ataupun sistem komputer lainnya. Keberadaan e-commerce ini dinilai sangat berpengarug dalam kegiatan perdagangan karena dianggap sangat praktis dan mempermudah konsumen dalam memperoleh barang yang diinginkannya.
e-commerce di era revolusi industri seperti sekarang sangat memperhatikan kualitas dalam pengoperasian dan juga efektivitas dalam penggunaan e-commerce. para pemilik perusahaan e-commerce juga sangat mementingkan kepuasan konsumen saat menggunakan aplikasi atau media e-commerce tersebut. E-commerce sendiri memiliki beberapa sistem untuk melakukan kegiatan perekonomian sesuai kategori yang diinginkan, seperti berbelanja kebutuhan, melakukan penjualan dengan membuka took di e-commerce tersebut, melakukan pembayaran atau payment gateway, serta pengiriman barang atau shipping service. Dengan kelengkapan sistem yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan e-commerce, hal ini dapat menarik banyak konsumen, terutama yang malas untuk meluangkan waktu lebih untuk membeli suatu barang.
Semakin meningkatnya penggunaan e-commerce di masyarakat tentu saja memberikan pengaruh terhadap kegiatan perekonomian terdahulu, seperti kegiatana perekonomian di pasar, dan tempat lainnya yang masih menerapkan interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung.

Penggunaan e-commerce semakin berkembang dan meluas di kalangan masyarakat, khusunya pada era revolui industri seperti sekarang. Banyak masyarakat saat ini memilih untuk melakukan kegiatan yang praktis dan juga tidak memakan banyak waktu. E-commerce merupakan perdagangan secara elektronik, kegiatan perdagangan ini meliputi penjualan, pembelian, pemasaran produk, hingga pengiriman produk. Dengan keberadaan e-commerce masyaraat sangat terbantu terutama pada kegaiatan perekonomian dan kegiatan jual beli. Penggunaaan e-commerce semakin meningkat terutama pada masa pandemi. Hal ini dikarenakan pada masa pandemi aktivitas yang meyebabkan kerumunan atau aktivutas yang melibatkan interaksi dengan banyak orang menjadi sangat dibatasi atau bahkan tidak diperbolehkan. Akbitanya banyak masyarakat yang beralih menggunakan e-commerce. selain karena prosesnya yang lebih mudang, penggunaan e-commerce juga dipilih karena konsumen tidak perlu melakukan interaksi dengan penjual secara langsung. Kegiatan jual-beli dapat dilakukan dengan sistem jarak jauh dan menggunakan internet saja.

Akan tetapi, penggunaan e-commerce yang semakin menjamur di masyarakat ini juga menimbulkan pengaruh, baik itu pengaruh posistif maupun negatif terhadap kegiatana peremonomian di masyarakat. Pengaruh-pengarug tersebut diantaranya adalah, (1) semakin berkurangnya minat terhadap kegiatan jual-beli konvensional. Keberadaan e-commerce yang penggunaannya sangat praktis tanpa membutuhkan interaksi penjual dan pembeli secara langsung serta tidak diperlukannya waktu yang banyak dalam melakukan aktivitas jual beli dapat menjadi faktir utama masyarakat saat ibi di era revolusi industri 4.0 untuk beralih menggunakan sistem e-commerce dalam melakukan aktivitas jual beli.

(2) Terdapat kemungkinan adanya pencurian data, sistem e-commerce yang menggunakan sistem computer dan juga internet maka terdapat kemungkinan bagi sorang penjual/konsumen atau bahkan sebuah perusahaan mengalami pencurian data yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Pencurian data ini sangat berbahaya karena data yang dicuri biasanya adalah data-data penting milik seorang penjual/pembeli atau bahkan sesbuah perusahaan tersebut.

Selain pengatuh negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan e-commerce, terdapat juga banyak pengarih positif yang mengikuti perkembangan penggunaan sistem ini. seperti: (1) semakin berkembangnya sistem dan juga teknologi yang menunjang perusahaan-perusahaan e-commerce. perkembangan zaman tentu saja memberikan pengaruh dalam perkembangan teknologi, begitu pula bidang ini, (2) Memperluas pemasaran produk-produk lokal UMKM ke pasar internasional, eksisinya sistem dan juga teknologi e-commerce yang juga mendorong semakin perkembanganya jasa dan layangan pengiriman atau shipping service akan mempermudah pemasaran produk-produk hingga ke luar negeri. (3) Variasi produk yang dipasarkan semakin beragam, dengan mudahnya pemasaran maka penjual juga akan semakin termotivasi untuk memperbanyak jenis-jenis produk.

E-commerce mampu meberikan pengaruh positif dan negatif bagi aktivitas perekonomian masyarakat saat ini, akan tetapi masyarakat harus bijak dalam menggunakan sistem ini serta tidak terbuai dengan kemudahan dan juga manfaat-manfaat yang disediakan pada sistem e-commerce. masyarakat harus mengingat juga memahami sistem e-commerce ini, sehingga dapat memperoleh keuntungan dalam penggunaan e-commerce. selain itu masyaraat juga memahami cara mengatur keuangan dan pengeluarannya. Apabila terlalu sering membeli barang yang tidak terlalu penting dan juga impulsif dalam membeli sesuatu, maka dapat menjadi prilaku hedonisme yang akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu mesyarakat dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 harus bertindak dengan cermat, terlebih dalam urusan keuangan agar dapat bertahan pada era ini.

Eksistensi e-commerce di masa sekarang memberikan banyak perubahan terutama dalam bidang perekonomian. Perdagangan hingga jasa pengirimas semakin berkembang dengan adanya online shop yang mulai menjamur di masyarakat. E-commerce juga memberikan pengaruh baik positif ataupun negatif, masyarakat-pun dinilai harus lebih cermat dalam penggunaan e-commerce serta menghindari perilaku hedonisme yang akan merugikan, baik dalam segi keuangan hingga kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah video terkait E-commerce : https://youtu.be/CKGO_eTyp0Q

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 83 − = 75