Pemanfaatan Fitur Space pada Aplikasi Twitter sebagai Media Pembelajaran Online yang Interaktif

Pembelajaran online atau daring saat ini menjadi hal yang sudah biasa dilakukan oleh pengajar dan peserta didik sebagai imbas dari pandemi COVID-19. Kegiatan pembelajaran jarak jauh yang telah dilakukan oleh guru dan peserta didik selama ini telah merubah paradigma pengajar dan peserta didik tentang pembelajaran, salah satunya ialah pembelajaran virtual dari rumah masing-masing. Kemajuan teknologi saat ini telah menggerakan guru dan peserta didik untuk menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran online yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satu cara pembelajaran jarak jauh adalah Synchronous Learning. Synchronous Learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara langsung antara pengajar dan peserta didik dengan bertatap muka dalam dunia maya menggunakan aplikasi yang langsung koneksi dengan internet. Salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat digunakan oleh pengajar dan peserta didik adalah fitur Spaces dalam platform aplikasi Twitter.

Tampilan penggunaan Spaces dalam pembelajaran

Seperti yang dikutip dalam laman resmi twitter, Spaces merupakan suatu fitur percakapan audio yang dihadirkan sebagai ajang diskusi terbuka yang interaktif antar pengguna. Konsep ini tentu dapat juga diterapkan sebagai alternatif baru menghadirkan pembelajaran interaktif melalui model audio yang bersifat terbuka untuk publik, sehingga diskusi dapat terjadi dengan kebebasan untuk bergabung, mendengarkan maupun berbicara. Ruang Spaces akan muncul secara otomatis di bagian atas timeline pengguna dan dapat pula diakses melalui tautan yang dibagikan. Sebagai host atau penyelenggara spaces, pengajar dapat menjadwalkan space 14 hari sebelum dimulai, memberi judul kegiatan pembelajaran yang akan dilangsungkan, memberikan akses bicara, merekam percakapan, juga menghentikan Spaces. Untuk saat ini, maksimal hanya 13 orang yang dapat berbicara secara bersamaan di spaces (termasuk host dan hingga 2 co-host), namun jumlah pendengar dalam satu Spaces tidak terbatas.

Cara menggunakan Spaces.

  1. Pembuat Spaces disebut host. Anda dapat memulai Spaces dengan dua cara: Tekan lama pada ikon tulis Tweet di timeline Beranda, lalu sentuh ikon Spaces (beberapa lingkaran membentuk berlian) di kiri atas. Atau, sentuh gambar profil Anda di bagian atas timeline.
  2. Spaces tersedia untuk umum, jadi siapa pun dapat bergabung sebagai pendengar, termasuk orang yang tidak mengikuti Anda. Pendengar dapat langsung diundang ke Space dengan mengirimkan tautan ke Space kepada mereka melalui DM, menge-Tweet tautan, atau membagikan tautan di tempat lain.
  3. Hingga 13 orang (termasuk host dan 2 co-host) dapat berbicara di Space pada waktu tertentu. Saat membuat Space baru, Anda akan melihat opsi untuk Memberi nama Space dan Memulai Space.
  4. Untuk menjadwalkan Space, sentuh Jadwalkan nanti. Pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk memulai Space terjadwal.
  5. Setelah Space dimulai, host dapat mengirim permintaan ke pendengar untuk menjadi co-host atau pembicara dengan menyentuh ikon orang dan menambahkan co-host atau pembicara, atau menyentuh gambar profil orang dalam Space dan menambahkannya sebagai co-host atau pembicara. Pendengar dapat meminta izin untuk berbicara dari host dengan menyentuh ikon Permintaan di bawah mikrofon.
  6. Saat membuat Space, host akan bergabung dengan mik mereka nonaktif dan menjadi satu-satunya pembicara di Space. Jika sudah siap, sentuh Mulai Space Anda.
  7. Izinkan akses mikrofon (kemampuan berbicara) untuk pembicara dengan menggeser tombol Izinkan akses mikrofon ke aktif.
  8. Sebagai host, Space Anda akan otomatis menyediakan teks langsung.
  9. Sebagai pendengar, pilih apakah Anda ingin melihat teks atau tidak dengan menyentuh tombol Tampilkan teks di pengaturan Spaces Anda.
  10. Mulailah mengobrol di Space.
  11. Jika Anda menjadi host, pastikan untuk menge-Tweet tautan ke Space Anda sehingga orang lain dapat bergabung. Sentuh ikon bagikan untuk Membagikan melalui Tweet.
Tampilan pemutaran ulang hasil record pembelajaran sebelumnya di Spaces

Melalui Spaces peserta didik dan pengajar dapat melakukan interaksi tatap muka secara langsung walaupun melalui dunia maya. Interaksi antara pengajar dan peserta didik yang idealnya dilaksanakan dengan jarak yang berdekatan, dengan menggunakan Spaces dapat membantu jalannya kegiatan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik dan pengajar secara langsung walaupun dilakukan dengan jarak jauh dari tempat tinggal masing-masing. Pembelajaran jarak jauh menggunakan Spaces mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dan pengajar. Pembelajaran menjadi efektif dengan menggunakan fitur-fitur yang ada sebagai pendukung jalannya kegiatan pembelajaran online pada masa saat ini.

Dengan demikian, pembelajaran jarak jauh dapat menambah wawasan pengajar, peserta didik, dan orang tua dalam memanfaatkan teknologi informasi. Pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksanakan selama ini dapat menjadikan pengajar dan peserta didik lebih kreatif dan inovatif. Kerjasama yang baik antara pengajar, peserta didik, dan orang tua peserta didik menjadi faktor penentu tercapainya tujuan pembelajaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.