Implementasi Literasi Digital di Masyarakat Pedesaan Melalui Pengembangan Website Desa

Di era teknologi yang serba digital pada saat ini segala informasi apa pun dapat diakses dengan mudah dan cepat namun tidak semua informasi yang disajikan semuanya benar dan positif. banyak konten-konten yang mengandung hoax, ujaran kebencian, radikalisme, praktik-praktik penipuan, bahkan banyak konten-konten yang membodohi masyarakat. karena itu penting bagi masyarakat untuk menyaring informasi yang negatif. Masyarakat harus dapat bertanggung jawab dan bijaksana dalam menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Maka dari itu masyarakat saat ini perlu menguasai kompetensi digital agar tidak tersisih dalam persaingan memperoleh informasi dan interaksi sosial. Membangun literasi digital perlu melibatkan peran aktif masyarakat secara bersama-sama. Keberhasilan membangun literasi digital merupakan salah satu indikator pencapaian dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Teknologi telah membantu masyarakat dan sekelilingnya dengan berbagai macam kemudahannya. Pada beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi termasuk wilayah pedesaan. Hanya saja baru sedikit daerah yang memanfaatkan teknologi, alasannya selama ini penduduk desa masih kurang mendapat sosialisai dan edukasi dari pemerintah setempat. Sebuah sumber data Asosiasi penyelenggar jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan jika penggunaan internet dalam desa masih terbilang cukup rendah akan tetapi jika dilakukan sosialisasi potensi untuk mengembangkan desa dengan teknologi akan dapat meningkat. Oleh karena itu penting bagi desa untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan desanya.

Salah satu langkah dalam memberdayakan aparat desa ialah mengelola teknologi dengan membangun website desa. Website desa atau web desa adalah sebuah situs yang berisikan kumpulan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Website desa juga merupakan sebuah situs yang mencakup informasi desa, berita, hingga progres kerja pemerintahan atau lembaga yang berada di suatu desa. Atau dapat dikatakan website desa adalah bentuk online presence atau kehadiran online bagi pemerintah desa di dunia internet sebagai bentuk pemanfaatan teknologi dan informasi. Untuk merealisasikan hal tersebut hal yang harus dilakukan ialah melakukan kolaborasi antara pemerintah desa dan pihak Web Developer dalam pembuatan situs web agar situs tersebut lebih sederhana, mudah digunakan, serta informasi yang di hadirkan tepat sasaran. Dalam hal ini tujuan akhirnya adalah desa yang lebih transparan dan inovatif, dimana akses masyarakat desa dapat lebih mudah diakses dan disampaikan dengan cepat dan tepat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.