KaryaKarsa: Platform Apresiasi Kreator untuk Mengembangkan Diri Menjadi Wirausahawan Kreatif

Menjadi seorang kreator bukanlah suatu hal yang mudah. Bahkan, menjadikan berkarya masih menjadi pekerjaan sampingan bagi kebanyakan orang. Meskipun ada beberapa kreator yang beruntung dapat merilis karya, usaha mereka tidak sampai disana. Mereka perlu melibatkan banyak orang dalam distribusi pemasaran karya mereka. Bahkan, hasil yang diperoleh oleh para kreator hanya sepersekian dari harga yang dibayar pembeli, itupun jika ada yang membeli. Kebanyakan orang berpikir bahwa sekarang zamannya internet, jika ada yang gratis kenapa tidak, bukan?

Pilihan lain yang dapat diambil kreator saat ini adalah sponsor atau brand endorsement. Namun tidak semua kreator dapat mendapatkan sponsor tersebut karena adanya kesenjangan akses dan relevansi. Biasanya produk-produk yang ingin diiklankan pastinya memilih orang yang sedang terkenal yang memiliki jumlah followers ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan di media sosialnya. Lalu bagaimana dengan kreator pemula?

Hal ini juga berlaku untuk beberapa aplikasi novel dan komik yang mengutamakan tema-tema tertentu yang diminati pembaca saat ini. Hal ini tidak salah, namun banyaknya sumber inspirasi untuk dibuat cerita mengapa harus menggunakan tema yang sama? Kreator maupun pembaca dapat memperluas pilihan dalam membuat karya dan menikmati karya. Lalu, bagaimana caranya membuat tema baru di tengah gempuran tema yang banyak diminati saat ini?

Untuk itu KaryaKarsa hadir. KaryaKarsa adalah Platform Apresiasi Kreator tempat penggemar dapat langsung mendukung kreator favorit mereka. Untuk para kreator, KaryaKarsa dapat menjadi wadah untuk membuat berbagai karya mulai dari tulisan, video, ilustrasi, foto, bahkan podcast. Kreator bisa mendapatkan pendapatan bulanan serta dukungan langsung dari penggemar mereka untuk terus berkarya. KaryaKarsa mudah diakses, melalui website dan aplikasi mobile phone.

KaryaKarsa memberikan kreator untuk mendirikan usaha mereka sendiri melalui karyanya. Mulai dari menentukan harga tiket masuk, mengatur sendiri karya yang ditawarkan, dan menyajikan karya dengan cara seperti apa. Hal ini memberikan keleluasaan untuk para kreator baik itu kreator pemula maupun yang sudah berpengalaman untuk mengembangkan diri menjadi wirausahawan kreatif tanpa adanya batasan, tanpa menunggu datangnya sponsor ataupun brand endorsement.

Fokus utama Karya Karsa adalah menjadi tempat kreator menjual karya dan kegiatan kreatif mereka, untuk saat ini belum ada ketentuan khusus mengenai karya apa saja yang sesuai untuk dipublikasikan, karya yang memiliki daya tarik untuk para penikmat karya, dll. Itu semua murni dari keinginan penikmat karya sendiri untuk memilih karya dan kreator mana yang ingin mereka dukung. Jadi, untuk para kreator pemula juga dapat berpartisipasi dalam membuat karya.

Hal tersebut berkemungkinan untuk melihat potensi pasar dari karya yang dibuat melalui jumlah pembelian tanpa harus mengejar jutaan followers dan views seorang kreator. Di KaryaKarsa, kreator akan mendapatkan 90% dari setiap transaksi yang terjadi di setiap halaman KaryaKarsa miliknya.

KaryaKarsa digagas oleh Ario Tamat, seorang musisi yang akhirnya memutuskan untuk bekerja di perusahaan karena alas an finansial. Ia juga pernah bekerja di Soundbuzz, Universal Music, dan mendirikan dua startup, Ohdio.FM di bidang music dan Wooz.in di bidang perangkat lunak acara. Ia juga sering menulis tentang industri musik dan mengajar bisnik music di SAE Jakarta.

Jika Anda yang ingin mencoba menjadi kreator dan mempublikasikan karya Anda caranya mudah. Anda bisa mendaftar secara gratis hanya dengan login ke KaryaKarsa dan mendaftar sebagai kreator. Disini Anda akan diminta untuk memilih kategori kreator, jika Anda sudah memiliki karya, Anda dapat menwarkan karya yang sudah Anda buat kepada penggemar, sehingga Anda akan mendapatkan penghasilan dari tips yang penggemar Anda berikan.

Anda juga perlu mempromosikan karya Anda secara rutin dan konsisten di berbagai platform media sosial milik Anda. Buatlah mereka penasaran dan mengunjungi karya Anda di KaryaKarsa.

Link Youtube  :  https://youtu.be/xX-yhhy4z4Q

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 74 − 73 =