TikTok Sebagai Media Personal Branding

Saat ini media sosial telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena media sosial merupakan sarana komunikasi yang sangat efektif untuk digunakan dalam menyampaikan pesan, baik berupa video, berita, maupun dalam bentuk gambar terutama dalam pengaplikasiannya kini dapat digunakan melalui handphone yang memudahkan seseorang untuk mengakses kapan saja dan di mana saja.
Salah satu aplikasi media sosial populer yang digunakan sebagai media hiburan adalah tiktok.

Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tiktok merupakan aplikasi jejaring sosial yang dilengkapi dengan fitur video music dan berbagi klip video pendek, music serta filter. Tujuan dari Aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya untuk membuat video pendek yang unik dengan cepat dan mudah. Awal mulanya tiktok berasal dari negeri Tiongkok yang diluncurkan pada awal September 2016 oleh seorang pengusaha bernama Zhang Yiming. Di negara asal, aplikasi ini lebih dikenal dengan nama douyin.


Pada aplikasi TikTok para penggunanya dapat membuat video-video semenarik mungkin dan sekreatif mungkin dengan durasi kurang lebih 30 detik yang di mana dapat disandingkan dengan efek efek spesial yang telah disediakan oleh aplikasi TikTok. Selain difasilitasi dengan efek-efek special TikTok pun memberikan fasilitas yang di mana para penggunanya dapat menyeimbangkan musik dengan video yang dibuatnya dengan berbagai macam tarian maupun dance yang dilakukan oleh para penggunanya.


Tentu hal ini dapat mendorong kreativitas para penggunanya yang di mana dapat membuka peluang menjadi content creator. Selain membuka peluang menjadi content creator aplikasi TikTok pun dapat menjadi media untuk melakukan suatu brand maupun melakukan personal branding. Personal Brand menurut McNally & Speak merupakan persepsi yang tertanam dan terpelihara dalam benak orang lain. Tentu tujuan akhirnya adalah bagaimana orang lain itu punya pandangan positif atau persepsi positif sehingga akan berlanjut ke trust atau aksi-aksi lainnya.


Dapat dikatakan personal branding adalah suatu proses membangun relasi terhadap audience yang di mana tujuannya untuk mengembangkan diri dan mempertahankan citra positif terhadap publik.

Saat ini sudah banyak sekali para selebgram maupun artis-artis di Indonesia yang melakukan personal branding di media sosial. Salah satunya adalah selebgram yang bernama Sisca Kohl Mereka memanfaatkan media sosial sebagai media guna membangun personal branding. Sisca Kohl meanfaatkan aplikasi Tik Tok sebagai media untuk membranding dirinya.

link youtube.

https://youtu.be/N2fYZGQYl4k

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 8 + 1 =