Manfaat Platform Sosial Media Sebagai Sarana Self Improvement

Di era serba digital ini, sosial media merupakan suatu platform online yang sudah tak asing bagi masyarakat umum. Beragamnya platform sosial media di kalangan masyarakat kini menjadi suatu hal yang penting bagi setiap orang. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya pasti dimiliki setidaknya 1 oleh masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan di sosial media, baik sekedar memposting keadaan dan kehidupan sehari-hari, belanja online, mencari teman, pendidikan, hiburan, bahkan sampai ajang pencarian jodoh pun tersedia di sosial media. Tidak dapat dipungkiri sosial media memiliki begitu berperan banyak dalam kehidupan kita, salah satunya self improvement bagi diri sendiri.

Dikutip dari penelitian yang diadakan di China oleh Xiaoli Ni, Xiaoyi Shao, dan Ran Qu dengan tajuk The Association with Online Social Media Use: “Self” and Subjective Well-being on Teenagers, sosial media secara spesifik membawa dampak yang positif untuk remaja. Sosial media dinilai dapat memprediksi atau membantu para remaja menemukan jati diri mereka dan menyejahterakan mereka secara subjektif.

Sosial media yang digunakan dengan benar bisa berdampak positif pada pembentukan diri kita. Kita bisa mendapatkan akses untuk mempelajari pemikiran, cara hidup, representasi diri, dan banyak hal lain dari figur-figur hebat yang mungkin tidak bisa kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Adanya figur-figur tersebut di media sosial kita bisa mendapatkan contoh dan inspirasi yang bisa kita terapkan dalam kehidupan kita. Misalnya, di media sosial kita menemukan figur perempuan mandiri yang berpendidikan tinggi, sementara perempuan yang kita temui sehari-hari bertolak belakang dengan figur tersebut. Hal itu membuat kita menyadari kalau realita tidak sesempit yang kita lihat di sekeliling kita. Kita jadi punya cara pandang yang baru mengenai kemampuan dan kesempatan yang bisa diperoleh seorang perempuan. Bisa jadi pandangan itu pada akhirnya akan membawa kita ke tingkat yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Hal yang sama juga bisa berlaku untuk figur-figur yang kurang baik. Pada intinya media sosial adalah dunia luas yang menawarkan berbagai hal baik itu yang positif maupun negatif. Kalau kita mengambi hal-hal yang positif maka hal itu bisa dangat bermanfat bagi diri kita.

https://youtu.be/4nG9nJMvFYw

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 25 = 29