Peran Ojek Online Bagi Masyarakat di Era 5.0

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan banyak sekali aplikasi yang memudahkan masyarakat. Fenomena ojek online merupakan salah satu perubahan atau evolusi yang memanfaatkan teknologi. Tidak dapat dipungkiri keberadaan ojek online menjadi sesuatu yang baru bagi masyarakat. Dengan gaya transportasi yang lebih dinamis membuat ojek online banyak digemari masyarakat untuk menjangkau kawasan yang jauh dari transportasi publik. Tidak hanya itu, masyarakat juga menggunakan ojek online untuk mengirim barang dan mengantar makanan. Sejak keberadaan Go-Jek,Grab, Maxim muncul menjadikan ojek mendapatkan pekerjaan baru selain mengantar penumpang. Ketiganya mempunyai nama yang besar untuk layanan ojek online dan mereka sudah melayani lebih dari 10 kota di Indonesia. Untuk ojek online sendiri pro dan kontra tetap ada, namun perlahan masyarakat dapat menilai, masyarakat yang menentukan berguna atau tidaknya sebuah transformasi teknologi.

Keberadaan ojek online memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Banyak orang-orang yang memiliki kendaraan menjadi driver online untuk menambah penghasilan mereka. Terlebih, banyaknya bonus yang ditawarkan oleh pihak perusahaan ojek online yang pendapatannya bahkan bisa melebihi karyawan di perusahaan biasa. Hal tersebut membuat masyarakat luas tertarik dan bergabung menjadi ojek online dan banyak dari mereka yang merasakan sendiri keuntungannya bergabung menjadi ojek online.Ditambah aplikasi yang mudah digunakan membuat ojek online banyak digemari masyarakat. Selain itu ojek online juga menghemat ongkos karena tarifnya lebih murah dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Sebagai masyarakat kita harus pandai dalam menggunakan teknologi, terlebih ojek online.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menikmati layanan ojek online :

  • Sabar Menunggu

Sebaiknya hindari pemesanan ojek online saat jam sibuk, seperti jam berangkat kerja dan pulang kerja. Kita dapat mensiasati dengan berangkat lebih awal atau pulang lebih lambat. Karena biasanya pada jam jam ini tarif akan lebih tinggi daripada jam normal.

  • Manfaatkan Promo

Layanan ojek online sering menawarkan promo diskon atau flashback untuk pelanggan setianya. Kita harus rajin mengecek notifikasi pada aplikasi karena promo mempunyai batas waktu pemakaian. Akan lebih besar lagi apalagi kita menggunakan OVO/GO-PAY.

  • Tidak Memesan Ojek Online saat Hujan Deras

Selain agar perjalanan lebih aman saat cuaca buruk biasanya tarif ojek online juga tinggi karena banyaknya pelanggan tetapi hanya sedikit driver yang beroperasi.

Keberadaan ojek online tidak hanya memberikan dampak positif kepada masyarakat, adanya bentrok dengan ojek pangkalan menjadikan masyarakat takut. Karena begitu viralnya ojek online di masyarakat membuat ojek pangkalan yang merasa bahwa ojek online merebut penumpangnya dan semakin sepi orderan. Selanjutnya yaitu semakin banyaknya ojek online beroprasi, maka semakin banyak pula ojek online yang berada dijalanan. Bahkan, banyak ojek online yang mangkal di pinggir jalan membuat jalanan macet bahkan banyak ojek online yang memainkan hp dijalanan untuk mengecek penumpang membuat kesempatan bagi para pencuri untuk mencuri hp mereka.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 53 − = 49