PEMANFAATAN MICROSOFT PROJECT DI ERA PERKEMBANGAN ZAMAN

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Literasi Digital Dan Kemanusiaan yang diampu oleh Bapak FARID AHMADI, S.Kom., M.Kom., Ph.D.

Oleh

Damar Khakim

5111421005

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Univesitas Negeri Semarang

Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229

E-mail : damarkhakim@students.unnes.ac.id

Kemajuan teknologi yang semakin pesat, disertai perkembangan informasi yang sangat signifikan pada saat ini  membuat pengaruh yang cukup besar dalam dunia kerja utamanya dunia konstruksi. Banyak aplikasi komputer yang ditawarkan untuk membantu para pekerja dalam mengolah data dan perencanaan maupun pelaksanaan kegiatan baik secara langsung atapun secara sistem.

Penjadwalan serta pengendalian proyek merupakan bagian dari manajemen proyek konstruksi untuk mencegah keterlambatan proyek. Keterlambatan suatu proyek dapat mengakibatkan suatu keruguian yang cukup besar bagi perusahaan. Dengan seiring perkembangan zaman maka hal tersebut dapat diminimalisir dengan adanya perencanaan proyek yang dibantu oleh Microsoft Project (Ms.Project) yang didesain untuk membantu dalam mengembangkan rencana, menetapkan jobdesk SDM yang ada sesuai dengan kemampuan, pelacakan kemajuan, mengelola anggaran dan menganalisis beban kerja.

Miscrosoft Project sepintas merupakan gabungan antara spreadsheet grafik dan database. Microosoft Project sendiri memiliki bebebrapa versi yang digunakan pada saat ini, mulai dari versi 2000 hingga versi terbaru sekarang. Dengan hadirnya Ms.Project ini dapat memudahkan pekeja dalam menjalankan proyek, khususnya dalam hal perencanaan dan pengendalian jadwal proyek. Sehingga dengan hadirnya Ms. Project ini merupakan suatu solusi dalam dunia manajemen konstruksi yang semakin berkembang dan semakin kompleks. Merencanakan penjadwalan proyek menggunakan Ms.Project merupakan sarana untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut sehingga tidak terjadi keterlambatan. Monitoring perencanaan dan pengendalian jadwal proyek dapat dilakukan menggunakan komputer tanpa harus terjun dilapangan. Pelaporan rencana, pelaksanaan dan evaluasi kemajuan suatu proyek menjadi lebih detail dan terkelompokan sesuai dengan kebutuhan data yang diperlukan.

Dimasa yang mendatang koordinasi proyek sangat dipengaruhu oleh teknologi dan kemudahan akses komunikasi. Menjadi sangat penting untuk para pelaku industri konstruksi agar dapat beradaptasi dengan teknologi, salah satunya untuk manajemen konstruksi dengan menggunakan program Microsoft Project.

Dalam Ms.Project terdapat beberapa fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam mengoprasikannya. Kalender, Dengan fitur ini, kita dapat membuat jadwal dan mendistribusikan tugas kepada setiap anggota tim yang ada agar dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu. Bahkan, kita bisa membuat perencanaan untuk meeting dalam kalender dan memberitahukannya kepada seluruh anggota tim yang terlibat dalam proyek. Dalam Microsoft Project bisa juga digunakan untuk melakukan kolaborasi, dengan begitu kita dapat dengan mudah membagikan file kepada semua anggota tim yang terlibat dalam proyek. Hal ini tentu akan memudahkan mereka untuk menyelesaikan tugas dengan maksimal. Sedangkan untuk memantau perkembangan proyek dapat dipantau dengan melihat laporan atau reporting dari setiap tugas yang sudah diberikan kepada anggota tim.

Berikut merupakan video pemaparan dan penguat artikel Pemanfaatan Ms.Project Di Era Perkembangan Zaman.

https://youtu.be/Xf698d_jfWQ

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 65 − 60 =