PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE SHEETS PADA PEMBELAJARAN

Globalisasi Merupakan proses yang menempatkan masyarakat dunia dapat menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam bidang ekonomi, politik, budaya, teknologi maupun lingkungan.Nah Dengan adanya globalisasi, dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara yang jauh tidak lagi menjadi penghalang untuk saling berhubungan.Suatu Proses globalisasi sendiri didukung oleh kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Dengan adanya kemajuan tersebut hubungan antarmanusia menjadi lebih mudah.

Pendidikan merupakan perencanaan dalam pengolahan data pendidikan yang menghasilkan sebuah informasi untuk mewujudkan proses pembelajaran secara efektif dan efisien yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan media digital sebagai pembelajaran sudah mengalami pengembangan yang signifikat. Hadirnya media digital ini memberikan beragam inovasi pedidikan, dimana pembelajaran kovensional yang kaku dan monoton akan digantikan dengan pembelajaran mengunakan media digital yang dianggap lebih praktis, fleksibel, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu

Google Sheets adalah aplikasi spreadsheet online yang memungkinkan Anda membuat dan memformat spreadsheet serta bekerja bersama orang lain. Dan mengapa kita harus memakai Google Sheets? Karena Google Sheets memberi kemudahan untuk Anda berkolaborasi bersama rekan dalam membuat dokumen di mana saja dan kapan saja, memudahkan Untuk membuka file dokumen di berbagai perangkat seperti ponsel, Ipad, Notebook, dan sebagainya, melalui file yang tersimpan di Google Drive maupun membuka langsung dari laman Google Sheets.

Berikut adalah cara membuat spreadsheet di Google Sheets :

1. Buka Google Sheets melalui alamat sheets.google.com

2. Klik tombol ‘+’ bertuliskan Blank yang ada di bagian atas kiri

3. Edit dan format spreadsheet.

4. Simpan ke komputer, print atau bagikan

*) Keunggulan google sheets:

1. Multi platform

2. Multi Device

3. Otomatis tersinkronasi apabila kita melakukan pengeditan dalam satu device.

4. Tersedia berbagai macam template siap pakai untuk mempermudah pekerjaan kita.

5. Dapat membuka berkas office lainnya, dapat pula di eksport ke pdf, atau berkas .xls milik Microsoft Excell.

6. Bisa digunakan secara bebas syaratnya adalah akun gmail yang dapat dibuat secara gratis. Satu email berbagai layman.

*) Kekurangan Google Sheets:

1. Tidak direkomendasikan untuk daerah/kondisi yang sulit internet

2. Tidak semua kemudahan dalam Microsoft Office Excell tersedia, meskipun demikian fitur-fitur yang ditawarkan sudah sangat powerfull dan sangat layak untuk digunakan.

LINK YOUTUBE = https://youtu.be/uNypgyKmve0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha + 17 = 25