PENGARUH MEDIA SOSIAL DI ERA MILENIAL

Di era milenial ini teknologi semakin maju dan berkembang pesat, perkembangan  tekonologi  informasi merupakan  suatu  hasil  yang tampak jelas   dari   berkembangnya   pengetahuan manusia yang dapat memberikan perubahan    pada    pola-pola    kehidupan manusia  saat  ini. Teknologi  informasi dan komunikasi memberikan   beberapa   kemudahan dalam dunia pekerjaan, komunikasi, tugas sekolah, jual-beli barang dan lain sebagainya. Hadirnya teknologi informasi dan komunikasi melalui teknologi semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis, dan sebagainya.

Perkembangan informasi dan komunikasi melalui teknologi saat ini berkembang begitu cepat, sehingga tidak mengenal batas waktu dan wilayah. Perkembangan teknologi yang sangat pesat tersebut memicu hadirnya media baru yang dikenal dengan Media Sosial. Tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang. Ketidaksiapan seseorang untuk  menerima  perkembangan  teknologi yang  membawa  dunia  pada  serba  internet ini tidak hanya berkontribusi menyumbangkan  pengaruh  positif  namun juga negatif. Hal tersebut dikarenakan seseorang tidak mampu dalam mengontrol penggunaan media sosial.

Ada  beberapa  dampak  dari  perkembangan media sosial saat ini baik dampak positif maupun dampak negatif terhadap era milenial saat ini, terlebih pada dampak yang membuat perubahan pola sosial seseorang. Perubahan dan perkembangan pada era milenial ini sangat dibutuhkan  guna mengalirkan sikulus bermasyarakat. Oleh sebab itu, di era milenial ini remaja/masyarakat harus mengatur kebebasan dalam  penggunaan media sosial dan mengetahui pengaruh media sosial terhadap kehidupan era milenial saat ini.

Pengaruh  adalah  suatu  keadaan ada hubungan timbal balik atau hubungan sebab akibat antara apa yang mempengaruhi dengan apa yang di pengaruhi. Media sosial adalah suatu interaksi sosial antara individu dalam berbagi dan bertukar informasi. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”. Media sosial juga merupakan sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah mengakses sebuah informasi yang terbaru. Era milenial merupakan era yang masih dalam   proses pencarian jati diri, dimana peran lingkungan dan peran media yang ia akses sangat mempengaruhi daya berfikir dan gaya bersikap.

Perkembangan dunia teknologi yang sudah semakin inovatif di era milenial telah memberikan dampak langsung kepada masyarakat terutama bagi generasi muda. Beberapa  contoh  aplikasi  media sosial yang banyak diminati yaitu : YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, Line, Game Online dan masih banyak lainnya. Media sosial dapat membuat banyak perubahan pada diri seseorang, baik pada  kepribadian, tingkat kreativitas, kecerdasan dan sosialisasi.

Pengaruh media sosial di era milenial diantaranya, sebagai berikut :

1. Perubahan Sosial

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat yang dapat mempengaruhi pola interaksi sosial di dalam suatu yang dapat bersifat membangun karakter manusia menuju proses yang lebih baik atau malah sebaliknya. Media sosial di era milenial ini dapat menimbulkan sebuah perubahan sosial, salah satunya perubahan perilaku seseorang dan perubahan gaya hidup seseorang yang dipengaruhi dengan adanya media sosial. Perubahan tersebut dapat berpengaruh dalam kehidupan di masyarakat maupun di lingkungan pendidikan.

2. Memudahkan untuk Berinteraksi dengan Banyak Orang

Media sosial membantu kita untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa memandang jarak walaupun orang tersebut memiliki jarak yang jauh dari kita. Media sosial memberikan kita kemudahan dalam berinteraksi tanpa mengenal tempat, jarak maupun waktu. Dengan adanya Media sosial ini kitapun dapat berinteraksi juga dengan artis ataupun orang yang berada diluar negeri.

3. Memperluas Pergaulan

Dengan adanya media sosial membuat kita bisa memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas. Salah satunya dalam pergaulan menggunakan media sosial. Kita dapat bergaul dengan banyak orang melalui media sosial, yaitu dengan orang yang jauh seperti berbeda kota, provinsi, maupun negara.

4. Lebih Mudah dalam Mengekspresikan Diri

Media sosial dapat digunakan untuk mengekspresikan diri melalui posting dan mengungkapkan sebuah pendapat. Adanya media sosial orang akan lebih mudah dalam bagaimana mengekspresikan diri untuk menjadi lebih baik.

5. Penyebaran Informasi secara Cepat

Media sosial dalam penyebaran informasi yang sangat cepat, beberapa orang akan memperoleh informasi yang baru saja tersebar di media sosial. Adanya media sosial jika ingin menyampaikan kabar dengan orang yeng lebih jauh, media sosial dapat membantu untuk menyebarkan informasi tersebut secara cepat.

6. Biaya Lebih Murah

Bila dilihat dengan media lainnya. Media sosial memiliki biaya yang murah. Jika kita ingin mengirim pesan dengan orang yang jauh dulu harus melalui surat dan dikirim lewat pos dan memerlukan biaya yang tidak murah. Dengan adanya media sosial orang dapat dengan cepat dan mudah dalam mengirim pesan dengan dapat menghemat waktu dan biaya.

7. Interaksi Tatap Muka Menurun

Media sosial terlalu mempermudah kita dalam berinteraksi dengan banyak orang, sehingga kita melupakan adanya interaksi langsung terhadap orang di sekitar kita. Karena mudahnya interaksi melalui media sosial dapat membuat kita malas untuk berinteraksi secara langsung/tatap muka. Terlalu sering menggunakan media sosial juga dapat membuat kita lupa akan waktu dan lupa terhadap lingkungan yang berada di sekitar kita.

8. Membuat Orang Kecanduan Internet

Media sosial sangat menyenangkan dan dapat digunakan sebagai sarana hiburan, media informasi, dan dapat menggali kreativitas. Semakin seringnya penggunaan media sosial tanpa mengenal batas waktu dapat menyebabkan seorang pengguna dapat mengalami kecanduan. Hal tersebut dapat sangat sulit dikendalikan dan sulit berpisah dari media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

9. Menimbulkan Konflik

Adanya media sosial orang dapat mengungkapkan pendapat, opini, ide, dan lain sebagainya secara bebas. Kebebasan yang secara berlebih dan tidak terkendali dapat menimbulkan sebuah konflik yang tidak diinginkan saat bermedia sosial.

10. Kesehatan akan Menurun

Kita tidak sadar bahwa penggunaan media sosial dapat menurunkan kesehatan pada diri kita. Sangat seringnya menggunakan media sosial akan menyebabkan kita lupa akan waktu untuk merawat dan menjaga diri kita. Ada beberapa orang yang menggunakan media sosial sampai lupa makan dan sampai orang tersebut begadang. Hal tersebut tidak baik karena dapat menimbulkan beberapa penyakit pada penggunanya.

Media sosial memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi dalam pengguna harus dapat mengatur waktu dan batasan dalam menggunakan sebuah media sosial. Media sosial sangat mempengaruhi dalam diri kita, maka dari itu kita harus dapat mengendalikan diri dalam menggunakan media sosial. Kita sebagai para penggunanya harus ingat waktu dan batasan dalam penggunaan media sosial agar tidak lupa akan kehidupan dan lingkungan sekitar. Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial agar tidak terpengaruh oleh media sosial yang sedang berkembang di era milenial ini.

Dapat juga di akses melalui YouTube dengan link sebagai berikut: https://youtu.be/AuT9NaCJEBY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 4 = 2