Pemanfaatan Perkembangan sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) dalam Mendukung Kemajuan Teknologi pada Bidang Transportasi Ojek Online

Jihaddiyah Nur Anggraeni

(3211421080)

Mata Kuliah Literasi Digital dan Kemanusiaan

Jurusan Geografi

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Semarang

Abstrak

Ojek online adalah sebuah terobosan baru di bidang transportasi yang semakin diminati
masyarakat. Analisis sentimen pada jasa ojek online merupakan proses mengekstraksi
pendapat, sentimen, evaluasi, dan emosi orang tentang pelayanan ojek online yang tertulis. Di media sosial masyarakat mengeluarkan beragam opini tentang pelayanan dari transportasi ini dengan jumlah yang banyak, sehingga terdapat kesulitan untuk menentukan opini yang bersifat positif, negatif ataupun netral. Perkembangan teknologi yang didukung oleh sistem IoT (Internet of Things) dan sistem AI (Artificial Intelligence) dapat mendorong pemenuhan kebutuhan manusia dalam mobilitas dengan cara yang mudah, aman, dan nyaman.

PENDAHULUAN

Menurut Aristoteles (384-322 sebelum masehi) dalam Salam (2002, hlm. 41) manusia merupakan Zoon Politicon yaitu makhluk sosial artinya manusia senantiasa berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain, manusia tidak mungkin hidup sendiri tanpa bantuan orang lain dan interaksi sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling ketergantuang dan manusia merupakan makhluk yang dinamis dimana manusia dapat berpindah tempat dan melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup.

            Aktivitas manusia yang semakin dinamis dan semakin mudah pada saat ini sangat didorong dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi baik dari teknologi komunikasi, transportasi, pelayanan, dan keamanan. Teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, serta bagaimana dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya. Menurut Paul B. Wesz Teknologi merupakan aplikasi dari penemuan-penemuan sains murni untuk kepentingan praktis, suatu produk yang siap dijual atau siap dikonsumsi masyarakat.

Melalui perkembangan teknologi yang ada, maka masyarakat di Seluruh dunia khususnya Indonesia mampu meningkatkan kemampuannya dalam bidang literasi digital. Dimana literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menerima, mengolah, dan memahami informasi dan perkembangan informasi maupun teknologi dengan baik sehingga dapat mendorong dan mendukung aktivitas manusia untuk semakin kreatif dan produktif tanpa adanya ketimpangan dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat untuk berkembang.

Teknologi informasi adalah sarana dan prasarana (hardware, software, useware) sistem dan metode untuk memperoleh, mengirimkan, mengolah, menafsirkan, menyimpan, mengorganisasikan, dan menggunakan data secara bermakna menurut Bambang Warsita (2008:135). Melalui perkembangan teknologi yang ada dengan di dorong perkembangan hardware, software, serta ditambah dengan kemampuan manusia dalam mengolah dan menggunakan teknologi yang ada maka dapat menyebabkan beberapa aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dimana saat ini smartphone semakin berkembang dan banyak digunakan oleh manusia, sehingga perkembangan software juga semakin berkembang untuk mendukung hardware tersebut, ditambah dengan kebutuhan manusia yang ingin serba cepat, instan dan mudah. Kebutuhan manusia tersebut dapat terpenuhi dengan memanfaatkan sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) untuk menciptakan dan mengembangkan aplikasi yang dapat kita kenal dengan istilah Ojek Online.

Aplikasi Ojek online untuk saat ini sudah sangat berkembang pesat dan sangat mendukung berbagai aktivitas manusia dalam memmenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kemudahan yang diperoleh oleh manusia dari memanfaatkan sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) adalah dimana seseorang yang memerlukan jasa antar jemput, kini dengan mudah hanya dengan meng-klik aplikasi ojek online dan mengatur tempat penjemutan dan titik tujuan maka dengan beberapa menit ojek online tersebut akan menjemput. Sedangkan pada sistem ojek online, setelah customer mengirim pemesanan ojek, maka pada aplokasi driver akan terdapat notifikasi terdapat customer yang memerlukan jasa penjemputan pada daerah yang telah ditentukan.

METODE

Metode yang digunakan dalam proses penggunaan aplikasi Ojek Online adalah terdapat beberapa tahap yang dapat dilakukan ddiantaranya terdapat tiga tahapan yaitu tahap penentuan atau pengaturan, tahap proses, dan tahap penerimaan.

  1. Pada tahap yang pertama yaitu tahap penentuan dan pengaturan, customer dapat memilih dan mentukan tempat tujuan untuk pemesanan driver dan customer dapat menentukan lokasi atau titik penjemputan untuk memudahkan penumpang dalam mendapatkan driver tersekat dengan lokasi penumpang.
  2. Pada tahap yang kedua atau pada tahap proses maka sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) akan mengolah informasi yang kita berikan pada sistem dengan menyesuaikan driver yang tersedia dan terdekat dengan penumpang, dengan melacak dan mengolah data secara otomatis dan efisien.
  3. Pada tahap ketiga merupakan tahap penerimaan adalah tahap dimana driver menerima notifikasi pada sistem yang menunjukan driver mendapatkan customer dan apabila driver menerima pemesanan tersebut maka driver dapat menerima pesanan tersebut dan driver dapat segera menjemput penumpang dengan bantuan maps atau arahan petunjuk jalan pada sistem maps yang telah di setting oleh sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ).

HASIL PEMBAHASAN

Transportasi adalah hal yang dekat dengan masyarakat. Transportasi ada berbagai macam jenisnya, baik roda dua maupun roda empat. Transpostasi umum masih digunakan masyarakat sebagai sarana untuk menuju suatu tempat walaupun untuk memiliki kendaraan pribadi di zaman sekarang sangatlah mudah. Saat ini, ojek online menjadi tren transportasi umum terbaru di kalangan masyarakat. Ojek online sendiri merupakan transformasi dari ojek konvensional yang bertempat di suatu pangkalan untuk menunggu pelanggan, atau biasa disebut ojek pangkalan. Kemudahan dalam pemesanannya dengan menggunakan teknologi smartphone membuat ojek online semakin diminati. Hal ini dapat menjadi solusi transportasi di Indonesia, terutama di kota besar yang seringkali mengalami kemacetan.

Ojek yang merupakan kendaraan menggunakan sepeda motor, sangat efektif untuk mobilitas di kemacetan kota. Cara kerja ojek online yaitu dengan membuka aplikasi yang terpasang di smartphone, lalu memilih layanan yang diinginkan dan mengkonfirmasi pesanan. Di dalam aplikasi terdapat layanan untuk mengarahkan pengemudi/driver ke tempat pemesan berada. Setelah mengkonfirmasi pesanan, driver akan segera mengantar pesanan menuju pelanggan. Ini menjadi keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan ojek konvensional.

Perkembangan teknologi dengan memanfaatkan sistem sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) sangat membantu kemudahan manusia dalam mobilitas dan dapat memenuhi kebutuhan manusia yang ingin serba mudah dan cepat.

Perkembangan sistem teknologi ini memberikan beberapa dampak kepada para driver terutama yang awalnya berprofesi sebagai driver offline, kini harus berubah atau berpindah menjadi driver online karena adanya tntutan perkembangan teknologi yang semakin pesat, karena apabila para driver tidak menggikuti perkembanganan teknologi dan menggunakan teknologi, maka para driver akan semkin ketinggalan jaman dan akan kehilangan mata pencaharian. Sehingga dengan perkembangan kemampuan masyarakat dalam dunia literasi digital yang terus berkembang, maka masyarakat dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

KESIMPULAN

Manusia adalah makhluk sosial yang dinamis dan saling ketergantungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, maka manusia memerlukan mobilitas.  Semakin berkembangnya jaman, manusia semakin ingin melakukan mobilitas dengan cepat, mudah, aman, dan nyaman. Sehingga dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi ditambah dengan kemampuan manusia yang semakin meningkat akan pemahaman penggunaan teknologi maka dikembangkanlah Aplikasi Ojek Online dengan menggunakan dan memanfaatkan sistem IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence ) yang memudahkan penumpang mendapatkan driver, serta memudahlkan driver mendapatkan penumpang tanpa harus menunggu dan membuat pangakalan ojek, karena dimanapun, kapanpun, penumpang dan driver dapat saling terhubung. Sehingga sistem aplikasi Ojek Online menjadi salah satu program aplikasi yang digunakan untuk kegiatan komersial yang menjadi salah satu mata pencaharian.

DAFTAR PUSTAKA

Bagus Rahmadhian1, Yuri Ariyanto2, Dyah Ayu Irawati. (2016). APLIKASI PEMESANAN

OJEK ONLINE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE DIJKSTRA. Jurnal Informatika Polinema Volume 3, Edisi 1, November 2016.

Didik Garbian Nugroho*, Yulison Herry Chrisnanto, Agung Wahana. (2016).ANALISIS

SENTIMEN PADA JASA OJEK ONLINE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Prosiding SNST ke-7 Tahun 2016 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.ISBN 978-602-99334-5-1.

Kemkominfo. (2014). Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Diakses melalui

https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker

Naufal Irfandi. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN PERUSAHAAN JASA

TRANSPORTASI ONLINE “GO-JEK” DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL. Skripsi UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA. Diakses melalui https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/35957/16311015%20Naufal%20Irfandi.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

81 − 71 =