Manfaat dan Kegunaan AI dalam dunia bisnis, Serta Penerapan Penggunaan Program Sistem Pakar Dalam Dunia Bisnis

Pada era globalisasi saati ini, perkembangan IPTEK sangat menguntungkan bagi manusia. Kemajuan pesat dalam bidang IPTEK menyebabkan peradaban manusia mengalami perubahan yang signifikan. Dengan adanya perkembangan IPTEK dapat memudahkan pekerjaan manusia yaitu lebih praktis, cepat, dan hemat waktu. Selain itu perkembangan IPTEK juga dapat membantu manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks terutama dalam bidang bisnis. Salah satu perkembangan IPTEK tersebut yaitu Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan atau AI merupakan bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk membuat suatu perangkat yang dapat menirukan beberapa fungsi otak manusia. Dalam hal ini AI difungsikan untuk membantu manusia dalam memecahkan atau menyelesaikan masalah yang rumit melalui sesuatu yang telah diprogramkan sebelumnya. Konsep utama dari kecerdasan buatan adalah menciptakan sebuah alat bantu atau mesin yang dapat berpikir seperti manusia.

Pemanfaatan dalam penggunaan AI dapat digunakan dalam dunia bisnis. Hal itu dikarenakan  AI dapat memberikan tujuan yang tepat, efektif, dan efisien dalam berlangsungnya bisnis. Selain itu AI juga dapat menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh perusahaan dalam skala yang besar.

Didalam AI juga terdapat aplikasi-aplikasi buatan atau program kecerdasan buatan salah satunya di bidang Sistem Pakar. Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan yang menggabungkan basis pengetahuan dengan inferensi. Sistem Pakar merupakan sistem komputer yang berusaha untuk memberi nasihat untuk meniru proses bernalar dan pengetahuan seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah.

Melihat dari kegunaannya Sistem Pakar dapat digunakan dalam dunia bisnis, yaitu sebagai berikut :

  1. Sistem Pakar Dalam Pembelian

Sistem pakar dapat digunakan untuk menilai dan memilih pemasok dengan pertolongan dan pengiriman barang secara optimal, dalam hal ini sistem pakar dapat menunjang pemasok yang potensial. Dalam operasional, Sistem ini mempunyai fungsi penasihat kepada pembeli, sehingga sistem ini dapat meringankan beban pembeli dalam pekerjaannya sehari-hari terutama dalam mengambil keputusan untuk pemilih pemasok.

2. Sistem Pakar Dalam Industri

Penggunaan sistem pakar dalam dunia industry salah adalah dalam perancangan PRIDE atau Pinch Roll Interactive Design Expert yang digunakan untuk mengatur kertas mesin fotokopi atau percetakan, sehinga Sistem pakar dapat menunjang pengujian secara teknis dari pesanan langganan dalam mesin cetak dan suku cadang yang diinginkan. Kegunaan sistem pakar dalam percetakan ini dapat membantu manusia untuk mempercepat pekerjaannya dalam mencetak sesuatu dan sistem pakar ini dapat membantu manusia dalam menghemat waktu serta lebih praktis karena tidak menyetak satu-persatu.

3. Sistem Pakar Dalam Manajerial

Fungsi sistem pakar dalam bidang manajerial adalah digunakan sebagai alat analisis. Sistem Pakar ini mampu menganalisis komoditi tertentu dalam suatu pasar secara otomatis. Fungsi diagnostik dari sistem pakar juga mampu untuk mendeteksi adanya penurunan kinerja perusahaan dan sekaligus mampu memberi solusi bagi perusahaan tersebut.

4. Sistem Pakar Untuk Strategi Perencanaan Produk

Sistem ini berbasis sistem penunjang keputusan (Decision Support System) untuk strategi perencanaan produk yang dikembangkan dari integrasi sistem konvensional dan prototip Sistem Pakar.

Nah! setelah mengetahui penerapan Sistem Pakar yang terdapat didalam AI

  1. Manfaat AI Dalam Penerapan Aktifitas Perbankan

Sebelum adanya revolusi industry, segala kegiatan perbankan dilakukan secara tatap muka. Hal tersebut membuat efisiensi waktu, keamanan, efektivitas menjadi terhambat, karena sebelum adanya revolusi industry setiap orang yang ingin menabung atau melakukan kegiatan di bank lainnya, harus mengunjungi bank yang dituju. Sehingga seiring berjalannya waktu situasi tersebut tidak bisa diterapkan terlebih sedang dalam keadaan pandemi. Setelah adanya revolusi  Industri dalam dunia perbankan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kegunaan AI dalam dunia perbankan memberikan manfaat yaitu melalui peningkatan personalisasi layanan kepada nasabah dengan mempermudah dalam melakukan segala aktifitas transaksi, yaitu contohnya dengan adanya m-banking transaksi nasabah ke bank menjadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi sehingga nasabah tidak perlu capek-capek menuju bank.

Selain itu AI dalam aplikasi perbankan sangat menguntungkan bagi pihak perbankan yaitu AI dapat menghemat anggaran bank dan memudahkan akses data karena pelanggan akan meningkatkan efisiensi secara tepat waktu. Dengan adanya AI, penggunaan AI juga memudahkan bank dalam mengambil keputusan strategis yang cepat. Di Indonesia, pengguna AI sudah digunakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BBRI yang mana memiliki kecerdasan buatan yang disebut Sabrina, yang mewakili asisten BRI cerdas baru, yang dapat digunakan melalui aplikasi jejaring sosial Facebook Messenger dan aplikasi Telegram berbasis obrolan.

2. AI Dapat Meningkatkan Promosi yang Lebih Efektif

Dalam dunia bisnis tentunya harus diimbangi dengan strategi promosi agar semua orang bisa dengan cepat melihat sesuatu produk yang telah dikeluarkan. Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi promosi yang tepat. Dengan keunggulan AI, AI dapat mengakses data untuk mencari terget pasar dan menggali keinginan para pelanggan, sehingga  perusahaan bisa melakukan promosi yang tepat sesuai hasil riset yang dihasilkan oleh AI.

3. Penggunaan AI Dalam Dunia Bisnis Dapat Mendukung Layanan Pelanggan 24 Jam

Dalam dunia bisnis tentunya mengutamakan kepuasaan pelanggan, baik dalam segi kualitas barang yang dijual hingga pelayanannya. Jika kita ketahui banyak sekali toko-toko non online yang tidak menerapkan pelayanan 24 jam, karena terbatas dengan faktor fisik atau kesehatan dan riskan terjadi tindakan criminal. Oleh karena itu AI hadir untuk membantu perusahaan atau toko kecil untuk meningkatkan service pelayanan terhadap pelanggan. Perusahaan bahkan toko kecil bisa menerapkan aplikasi berteknologi AI seperti virtual assistant, peta, lokasi tempat, layanan yang tersedia, dan lainnya. sehingga dapat membantu memberikan kepuasan pelayanan pelanggan. Para pemiliktoko juga bisamembuattoko online atau yang disebutdenganolshopuntukmempermudahmelayanipelangganselama 24 jam penuh.

Nah dari penjalasan diatas memang AI sangat menguntungkan bagi dunia bisnis. Sehingga AI sangat cocok bagi kalian yang ingin mengembangkan perusahaan dengan cara yang canggih dan lebih efisien, karena seiring dengan perkembangan zaman berkembang pula tekhnologi yang canggih yang akan digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga jika kalian tidak memanfaatkan tekhnologi yang ada, kalian tentu akan kalah siang dengan perusahaan lain yang telah menerapkan teknologi yang berkembang salah satunya AI.

Penjelasan manfaat Artificial Intelligence dalam dunia bisnis juga terdapat dalam video di link dibawah ini!

https://youtu.be/t6Cm1Gx3sjY

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *