Pentingnya Pemanfaatan Literasi digital untuk masa depan pendidikan di Indonesia

Saat ini, teknologi sudah berkembang pesat. Teknologi tersebut salah satunya ialah tentang literasi digital. Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital. Media tersebut dapat berupa alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. Adanya literasi digital sistem Pendidikan di Indonesia dapat berkembang. Salah satunya ialah berkembangnya informasi tentang bahan, metode, dan cara belajar. Hal tersebut dapat dimanfaatkan seorang guru maupun murid. Dengan pemanfaatan tersebut maka proses Pendidikan di Indonesia akan berkembang. Selain itu, proses belajar yang digunakan guru tidak lagi menjadi monoton.
Jimoyiannis, A., & Gravani, M. (2011) menyatakan peran literasi digital dalam kurikulum sangat penting, karena bertujuan membantu pelajar untuk mencapai beberapa hal. Hal tersebut antara lain memperoleh pengetahuan teknis dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan media digital secara efektif , kompeten dalam menggunakan media digital untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari , memahami dimensi sosial dan dampak media digital dalam masyarakat modern kita, dan menumbuhkan sikap positif tentang media digital dan menghadapi tuntutan zaman modern.
Amiri (2012) meninjau teknologi dalam kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Inggris dan komunikasi internet yang digunakan dan ada tentang alat pembelajaran berbasis web seperti email, weblog, instant messenger, perangkat seluler, dan IPODS. Misalnya dengan menggunakan email, guru bahasa Inggris dapat mengambil manfaat dari situs web yang mencakup akun email seperti Yahoo,Hotmail, dan Gmail. Hal tersebut dapat dimanfaatkan para guru untuk membuat topik diskusi dan mengirimkannya kepada siswa melalui email ketika menerima email siswa mulai menulis komposisi atau esai dalam bahasa Inggris dan mendiskusikan sebuah karya dan kemudian mengirim kembali ke guru. Hal ini akan membantu mereka untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kosa kata serta kemampuan mereka untuk berlatih menganalisis karya sastra. Sebagai kesimpulan, mereka semua mengambil bagian dalam mengembangkan keterampilan bahasa Inggris siswa.
Perkembangan literasi digital itu sendiri juga memiliki tantangan bagi guru. Tantangan tersebut ialah seorang guru harus melek teknologi. Hal ini bertujuan agar seorang guru dapat menguasai dan membantu peserta didik dalam menggunakan teknologi. Hal tersebut termasuk kemampuan yang berada diluar kemampuan umum. keterampilan tersebut diperlukan untuk ditanamkan pada seorang guru untuk memainkan perannya secara efektif sebagai fasilitator pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa literasi digital sangat penting untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia.

Link Youtube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.