Dampak IPTEK dalam Bidang Seni “Menggambar dengan Aplikasi Digital Paint 3D”

Dampak IPTEK dalam Bidang Seni “Menggambar dengan Aplikasi Digital Paint 3D”

            Hallo para sahabat yang hobi menggambar….

            Sekarang menggambar tidak hanya di media kertas atau kanvas saja loh, kita bisa memnfaatkan perkembangan teknologi. Di era yang serba canggih ini, semua serba instan. Banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengasah skill menggambar kita.

            Saat kita menggambar dengan aplikasi digital, tentunya kita akan lebih menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan cara manual (menggambar manual di kertas/kanvas). Terdapat bebrapa manfaat menggambar dengan aplikasi digital, antara lain yaitu:

  • Kita tidak perlu membeli alat lukis (cat, pensil, spidol, dll).
  • Warna lebih banyak variasinya dan tanpa batas penggunaan.
  • Saat terjadi kesalahan tidak perlu mengulang dari awal, kita tinggal menggunakan fitur undo dan redo.
  • Kita bisa memilih ukuran media yang dapat disesuaikan seperti brosur, tabloit, sosial media, dll.
  • Menghemat biaya dan waktu.

Memang setiap orang punya pilihan masing-masing. Menggambar dengan metode tradisional memang punya sensasi tersendiri bagi sebagian orang. Namun, di sisi lain, menggambar dengan metode digital akan menjadi kebutuhan seiring dengan perkembangan jaman. Sebelum kita mulai menggambar digital, terdapat beberapa hal yang harus kita siapkan, antara lain yaitu:

  • Media elektronik : HP, Laptop, atau komputer dengan memori yang mendukung
  • Monitor atau layar dengan akurasi warna yang baik
  • Jaringan internet bila diperlukan
  • Aplikasi untuk menggambar digital seperti; correl draw, sketchbook, pistart, ibis paint x, dll.

Berikut ini aplikasi menggamabar digital bagi para pemula:

  1. Sketchbook

Pada aplikasi Sketchbook mampu memberikan kita pengalaman kebebasan dan nuansa seperti menggambar di atas kertas. Aplikasi ini menyediakan berbagai perlengkapan menggambar dalam bentuk digital mulai dari pensil, spidol, hingga kuas. Kuas yang ada dapat kita sesuaikan ukurannya menurut kebutuhan. Ada juga fitur penggaris yang memudahkan kita untuk membuat garis yang lurus tanpa timbul getaran.

Aplikasi Sketchbook  ini cocok gunakan untuk  membuat gambar sketsa secara digital. Pensil dan alat lain yang disediakan oleh aplikasi ini sangat lengkap dan dapat kita manfaatkan untuk membuat gambar sketsa digital yang memukau. Jenis pensil yang terdapat pada aplikasi ini antara lain pensil 2B, pensil 4B, pensil 2H, pensil F, pensil 4H, dan masih banyak lagi jenis pensil lainnya yang dapat menunjang kegiatan menggambar digital kita.

2. Ibis Paint X

Ibis Paint X menyediakan lebih dari empat ribu kuas yang dapat digunakan untuk menggambar secara digital pada aplikasi ini. Selain itu, menggambar di aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur stabilisasi yang akan membuat garis pada gambar menjadi lebih stabil walau proses menggambar hanya kita lakukan dengan menggunakan jari tanpa bantuan stylus pen.

Pada aplikasi ini, proses menggambar akan secara otomatis terekam menjadi video yang bisa dibagikan ke media sosial. Proses menggambar di aplikasi ini juga bisa menggunakan beberapa lapisan yang dapat diatur opasitasnya. Ada juga beragam jenis font yang bisa diaplikasikan pada gambar secara gratis.

3. Picsart Color Paint

Pada aplikasi ini kita bisa mencampur beberapa warna yang memberikan kita pengalaman secara nyata dalam memperoleh warna-warna hasil campuran. Tidak perlu bingung ketika ingin menggambar yang mengaharuskan kesamaan bentuk sebelah kanan dan kirinya karena kita bisa memanfaatkan fitur simetri.

Banyak kuas bertekstur yang dapat kita manfaatkan untuk membuat garis dan mewarnai gambar yang kita inginkan dengan tekstur-tekstur tertentu. Tidak hanya untuk menggambar digital saja, aplikasi ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengkreasikan foto-foto kita dengan coretan tangan yang memperindah. Ada juga fitur pemulihan otomatis sehingga gambar kita tidak akan hilang.

4. PaperColor

PaperColor merupakan aplikasi menggambar digital yang cukup sederhana dari segi tampilan maupun penggunaannya. Pengguna bisa memasukkan referensi foto yang ingin digambar pada aplikasi ini. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah meniru dan mengkreasikan foto tersebut menjadi suatu hasil karya gambar.

Ada beberapa peralatan gambar yang disediakan oleh aplikasi ini mulai dari penggaris, penghapus, pensil, spidol, hingga kuas lukis. Setiap peralatan gambar yang ada tersebut dapat diatur ukuran dan opasitasnya sesuai dengan kebutuhan.

5. Paint 3D

Paint 3D merupakan software bawaan Windows 10 yang digunakan untuk membuat objek tiga dimensi. Dalam membuat objek 3 dimensi, harus diperhatikan dari beberapa sisi. Dari sisi belakang, atas, dan bawah. Tidak seperti menggambar dua dimensi yang hanya memperhatikan objek dari depan saja.

Aplikasi ini bisa diakses tanpa menggunakan jaringan intenet. Terdapat banyak fitur menarik dalam software ini. Kita bisa menggambar objek dua atau tiga dimensi. Memiliki banyak ukuran kanvas dan pilihan kuass atau brushpen. Warnanya pu juga bisa di kombinsi sesuai dengan selera.  

Berikut ini adalah tutorial menggambar kupu-kupu menggunakan aplikasi Paint 3D: https://youtu.be/eaoFVqnjsOY

Oke sahabat, itulah beberapa rekomendasi aplikasi menggambar digital baik pada ponsel maupun pada kompurter atau laptop. Bebrapa aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi memiliki fungsi yang sama yaitu melatih skill dan menambah wawasan mengenai dunia digital dalam bidang seni lukis. Selain itu memudahkan kita berkaya dimanapun dan kapanpun.

Selamat mencoba dan tetap berkarya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 29 − = 24