Pemanfaatan Teknologi di Bidang Pendidikan Pada Masa Pandemi

Saat ini, masyarakat dunia sedang dilanda pandemi COVID-19 sudah berlangsung di Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu. Masyarakat diharuskan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan sebelumnya. Masyarakat yang tadinya bisa pergi keluar dengan bebas, kini harus dibatasi. Bahkan pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah demi meminimalisir penyebaran virus ini sehingga aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan di tempat umum, kini diubah menjadi daring yang dapat dilakukan dari rumah.

Aktivitas-aktivitas yang kini dilakukan secara daring tentunya membutuhkan teknologi untuk memperlancar kegiatan-kegiatan tersebut. Sangat beruntung kita hidup di era globalisasi ini, dimana teknologi sudah semakin maju dan canggih. Sehingga teknologi yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan secara daring sudah mendukung. Hampir semua bidang membutuhkan kecanggihan teknologi tersebut, begitu juga pada bidang pendidikan.

Pada bidang pendidikan, teknologi ini dibutuhkan untuk proses belajar-mengajar. Menurut Salsabila U.H., dkk. teknologi pendidikan ini dapat mempermudah penyampaian materi dan informasi sehingga bahkan dalam pembelajaran jarak jauh pun tidak ada kendala khusus yang terjadi. Salsabila U.H., dkk. juga mengungkapkan bahwa teknologi pendidikan ini dapat menciptakan cakupan yang sangat luas sehingga dapat memberikan kemudahan baik bagi para pengajar maupun para siswa.

Pada awalnya pembelajaran jarak jauh ini mungkin memang terkesan menyulitkan. Akan tetapi, dengan kecanggihan teknologi yang ada, semua kesulitan itu dapat teratasi. Banyak aplikasi yang kini dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar secara daring. Berikut adalah beberapa aplikasi ataupun website yang bisa digunakan dalam kegiatan belajar mengajar ini.

  • Zoom dan Google Meet

Aplikasi untuk bertemu secara tatap muka tanpa harus bertemu langsung dalam satu tempat.

contoh penggunaan zoom meeting dalam kegiatan belajar mengajar
  • Whatsapp dan Telegram

Melalui kedua aplikasi ini, para pendidik dan siswa bisa bertukar informasi dengan mudah.

  • E-learning

Platform ini merupakan tempat untuk membagikan materi atau untuk mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh para pendidik.

contoh penggunaan e-learning
  • Google classroom

Platform ini juga digunakan sebagai tempat untuk pengumpulan tugas ataupun materi.

  • YouTube

Para pendidik bisa membuat video pembelajaran untuk diunggah di aplikasi ini sehingga para siswa bisa menontonnya kapanpun.

Selain aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan, masih banyak aplikasi-aplikasi penunjang pembelajaran lainnya. Apabila para siswa masih merasa kurang terhadap materi-materi yang telah diberikan oleh para pendidik masing-masing, para siswa juga bisa mengunduh aplikasi pembelajaran lain. Saat ini, banyak aplikasi pembelajaran yang berisi materi-materi dari materi anak SD hingga SMA, seperti ruangguru, pahamify, akupintar, zenius, dll. Selain berisi materi-materi berbagai mata pelajaran, aplikasi-aplikasi tersebut juga menyediakan soal-soal latihan untuk belajar.

Oleh karena itu, pembelajaran secara daring kini bukanlah suatu masalah besar. Dibantu dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang ada, proses pembelajaran secara online pun akan menjadi mudah. Sehingga kegiatan belajar mengajar ini tetap dapat berjalan dengan lancar tanpa harus bertemu dalam satu tempat yang sama dan dapat meminimalisir penyebaran virus corona ini.

Daftar Pustaka

Salsabilla, U. H., Agustin, A., Safira, F., Sari, I., & Sundawa, A. (2021). Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan2(1), 125-132.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 83 − = 81