Jaga Bumi Melalui Aplikasi

Bumi sekarang ini disebut-sebut telah berada dalam situasi kritis. Kondisi alamnya semakin menunjukkan banyaknya kerusakan. Kerusakan alam pada bumi tersebut tentunya dirasa sangat membahayakan bagi makhluk hidup yang hidup didalamnya, khususnya manusia. Namun tidak bisa dipungkiri juga bahwa manusia adalah penyebab utama kerusakan-kerusakan itu terjadi. Berbagai aktivitas sehari-hari manusia yang memerlukan banyak energi serta menghasilkan emisi gas rumah kaca dan karbon yang berjumlah besar masih menjadi penyebab utama masalah kerusakan bumi ini. Emisi gas karbon dan rumah kaca tersebut mengakibatkan pemanasan global, yang jika bertambah dan semakin parah akan mengancam kehidupan makhluk hidup di bumi.

Mengingat kondisi bumi yang telah mengalami kerusakan ini, penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab kerusakan alam dan pemanasan global yang melibatkan manusia didalamnya. Aktivitas sehari-hari manusia seperti bekerja dan berkendara serta aktivitas lain yang tidak ramah lingkungan menyumbangkan emisi gas karbon dalam jumlah besar yang menyebabkan pemanasan global. Emisi gas yang dihasilkan dari limbah pabrik-pakrik serta kendaraan seperti CO2, CO, dan HC selain berbahaya bagi kesehatan, gas-gas ini juga menyumbang konstribusi besar dalam kerusakan lapisan ozon. Aktivitas lain seperti menggunakan aliran listrik berlebihan, berkendara menggunakan bahan-bakar minyak, serta membuang sampah dan menebang pohon sembarangan, juga menjadi faktor lain penyebab kerusakan bumi selain dari faktor alam.

Menanggapi keadaan bumi yang dirasa semakin parah ini, kesadaran manusia untuk menjaga dan melestarikan bumi nyatanya juga semakin meningkat. Orang-orang di seluruh dunia beramai-ramai menyuarakan gerakan Save The Earth dengan tagar #LetTheEarthBreath sebagai upaya penjagaan bumi baik secara langsung maupun melalui internet. Tren menghapus email akhir-akhir ini juga ramai dilakukan sebagai cara mengurangi pemanasan global. Menghapus email  yang menumpuk dianggap bisa mengurangi gas karbon dibumi. Meskipun secara teori hal tersebut mungkin masuk akal, menghapus email yang menumpuk nyatanya tidak bisa secara langsung mengurangi pemanasan global di bumi. Cara yang paling dirasa sesuai dan benar-benar memberikan efek baik pada pemanasan global adalah dengan menghemat segala aktivitas global yang menggunakan energi listrik dan internet. Seperti menghemat penggunaan listrik rumahan, mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, mengurangi penggunaan ponsel yang berlebihan, tidak melakukan pembakaran sembarangan, serta menjalankan program penghijauan lingkungan.

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini, berbagai cara untuk menjaga bumi juga semakin didigitalisasi. Masyarakat lebih bersemangat untuk menyebarkan kampanye jaga bumi melalui internet dan media sosial. Berbagai aplikasi juga dibuat dengan difokuskan ke arah konservasi alam. Aplikasi aplikasi seperti Ecosia, Joule Bug, dan Forest: Stay Focused, menjadi contoh dari beberapa aplikasi ramah lingkungan yang terkenal. Ecosia atau Google hijau adalah mesin pencarian nirlaba yang terkenal dengan program-programnya untuk konservasi alam karena menyumbangkan 80% keuntungannya untuk program reboisasi. Dengan melakukan satu pencarian di Ecosia, kita telah membantu menanam satu pohon dihutan dunia. Berbeda dengan Ecosia, aplikasi Joule Bug merupakan aplikasi yang akan memudahkan kamu untuk menerapkan kebiasaan hidup sehari-hari yang berkelanjutan. Aplikasi ini membantu anda dalam menerapkan kebiasaan baik ramah lingkungan seperti konsep daur ulang dan konsep hemat energi. Sedangkan untuk aplikasi terkahir yaitu Forest: Stay Focused, adalah aplikasi dengan unsur permainan yang mengangkat tema reboisasi untuk menjaga bumi. Dengan menanam tanaman virtual di aplikasi ini, kita bisa ikut membantu berkontribusi dalam menanam pohon dihutan Afrika.

Meskipun saat ini aplikasi-aplikasi berkonservasi alam banyak digunakan, peran secara langsung kita dalam berkontribusi menjaga alam masih sangat penting dan harus dilakukan. Jika ingin benar-benar mejaga bumi dari dampak lebih besar pemanasan global, penghematan energi serta seluruh aktifitas digital sangat penting dilakukan, bukan hanya dengan kampanye digital melalui internet yang berlebihan karena pada dasarnya penggunaan internet yang terus menerus dan juga berlebihan juga berdampak negatif bagi bumi.

Youtube link:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.