Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Website Sebagai Wadah Aspirasi Mahasiswa Fakultas Hukum UNNES; SIAPUNNES.COM ( Sistem Advokasi Pintar )

Teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat pada abad 21. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seimbang dengan besarnya kebutuhan masyarakat terhadap informasi. Perkembangan teknologi informasi saat ini tentu berawal dari kemajuan dibidang komputerisasi. Berkembangnya teknologi informasi tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi komputer karena komputer merupakan media yang memudahkan segala urusan manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Salah satu produk dari teknologi informasi adalah produk yang dapat mengelola data serta menyajikan sebuah informasi.

            Di era digital saat ini informasi sangat mudah kita berikan dan didapatkan baik dari media sosial, blog, artikel web dan lain-lain. Dengan kemudahan itu didalam kehidupan kampus, Kementrian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM Fakultas Hukum UNNES 2021 membuat terobosan baru sebuah sistem informasi berbasis web atau website yang dapat disebut juga Situs yang berisi informasi berupa teks, audio, gambar maupun video yang diberi nama Sistem Advokasi Pintar (SIAPUNNES.COM).

            SIAPUNNES.COM merupakan sebuah perangkat informasi elektronik yang berfungsi untuk menyalurkan aduan, masukan, aspirasi, dan keluhan dari mahasiswa yang dikelola oleh BEM FH UNNES lalu akan dijadikan data yang kemudian diproses ke jenjang yang bersangkutan. Kurang maksimalnya layanan penyampaian dan penyerapan aspirasi yang diterapkan sebelum menggunakan sistem ini menyebabkan minimnya aspirasi yang diterima, sehingga berdampak pada kurang optimalnya kinerja organisasi. Oleh karena itu, diperlukan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi dan masukannya supaya mudah dalam proses pengolahan data dan tidak memerlukan banyak waktu yaitu dengan mengembangkan sistem informasi aspirasi yang berbasis website.

            SIAPUNNES.COM selain bertujuan untuk mewadahi aspirasi dari seluruh mahasiswa aktif Fakultas Hukum UNNES mengenai bidang Akademik, Bidang Umum dan Keuangan, serta Bidang Kemahasiswaan juga menjadil aplikasi yang berisi pusat informasi bagi mahasiswa.

Di dalam Aplikasi SIAP ini terdiri dari 4 fitur yaitu Home, Profile, Info, dan Aduan.

  1. Home

Didalam fitur home berisi profile dari BEM Fakultas Hukum UNNES Tahun 2021 Kabinet Bara Asa.

2. Profile

Didalam fitur profile berisikan informasi tentang anggota dari Kementrian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM FH UNNES 2021.

3. Info

Didalam fitur info terdapat berbagai informasi mengenai bidang yang dibawahi pimpinan Fakultas Hukum UNNES seperti bidang Akademik, Bidang Umum dan Keuangan, serta Bidang Kemahasiswaan dan terdapat informasi-informasi milik Kementrian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa yaitu antara lain :

  1. Beasiswa Terpelajar (BETTER)
  2. Transparansi Advokasi dengar Masalah, dan
  3. Realisasi Program Kerja Kementrian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa

4. Aduan

Fitur aduan inilah yang menjadi wadah segala aspirasi dari mahasiswa aktif Fakultas Hukum UNNES mengenai segala kendala mahasiswa tentang bidang yang dibawahi oleh Pimpinan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang.

Lalu bagaimana cara melakukan aduan melalui aplikasi berbasis website SIAPUNNES.COM ?

Caranya mudah sekali,

  1. Buka Aplikasi SIAPUNNES.COM dengan alamat https://siapunnes.com melaui google
  2. Klik menu aduan dan masukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) anda. Jika sudah terdaftar maka akan muncul beberapa subtansi yang harus diisi. Jika NIM anda tidak terdaftar maka dapat menghubungi narahubung yang nomornya terdapat dibagian bawah halaman web.
  3. Masukkan kategori aduan anda serta deskripsi keluhan atau aspirasi anda selengkap-lengkapnya dan sertakan buti aduan anda foto/gambar digital yang memperkuat aduan atau saran anda.
  4. Setelah submit anda akan mendapatkan notifikasi email yang  berisi kode aduan anda yang dapat digunakan ketika menanyakan kepada narahubung tentang sudah atau belumnya aduan anda ditanggapi.
  5. Aduan anda akan diproses dan diolah terlebih dahulu oleh admin SIAPUNNES apakah aduan yang anda kirimkan diterima atau ditolak.
  6. Anda akan mendapatkan email apabila aduan anda diterima maupun ditolak. Jika anda ingin menanyakan sesuatu lebih lanjut, anda dapat menghubungi narahubung yang berada dipaling bawah halaman web.

Dengan adanya sistem informasi penyampaian aspirasi berbasis web yaitu SIAPUNNES.COM mahsisawa dapat lebih mudah dan efektif dalam menyampaikan aspirasi dan dapat mengetahui jika aspirasi diterima ataupun ditolak. Mahasiswa lebih terbantu dalam mengelola aspirasi yang disampaikan tanpa harus mengumpulkan berkas-berkas dan tidak memakan waktu yang cukup banyak serta tidak perlu datang kekampus untuk memasukkannya. SIAPUNNES.COM ini merupakan terobosan yang sangat bagus dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dan komunikasi.

            Kalian bisa akses tutorial menggunakan website SIAPUNNES.COM melalui https://youtu.be/XLY21nYhINA

Referensi

Hamdani, Rizki. 2021. Sistem Informasi Media Pelayanan Aspirasi Mahasiswa Berbasis Web Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar. Publikasi IAIN Batusangkar.

Nawawi, Moh.M, M. Suhendri. 2021. Rancang Bangun Sistem Informasi Aspirasi Mahasiswa Berbasis Web Dengan Framework Laravel (Studi Kasus : BPM Fakultas Teknik Universitas Majalengka). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *