Pemanfaatan Aplikasi LinkedIn Bagi Mahasiswa

Linkedln adalah salah satu media professional yang digunakan untuk melamar pekerjaan atau bisa juga digunakan untuk internship. Aplikasi ini juga digunakan oleh para mahasiswa dan juga para manajer perusahaan. Ada 3 hal penting dalam profile di LinkedIn.

  1. Pertama, CV yang didalamnya mencakup latar belakang pendidikan, riwayat pekerjaan, achievement yang telah dicapai dan pengalaman organisasi.
  2. Kedua, surat rekomendasi. Dengan kata lain ada seseorang yang merekomendasikan kita atas kemampuan yang kita punya.
  3. Ketiga, koneksi yang bisa membuat pengguna LinkedIn dikenal. Jika kita aktif menambah koneksi di linkedin maka semakin kita dikenal oleh para pengguna lain pula. Disini lah kita bisa menjalin koneksi.

Lantas, apakah perlu mahasiswa mempunyai Linkedln? Linkedln ini berkaitan erat dengan personal branding. Personal branding diperlukan oleh mahasiswa untuk memperkenalkan diri dan juga membentuk citra diri kepada dunia luar. Nah. Di aplikasi Linkedln ini para mahasiswa dapat membuat personal branding mereka untuk menuju dunia kerja. Selain itu mahasiswa juga mendapat informasi mengenai lowongan pekerjaan. Disinilah kita bisa mencari tahu kriteria apa saja yang dibutuhkan para perusahaan dalam mencari calon pegawai mereka. 

Nah, terdapat tips and trick supaya profile di Linkedln terlihat professional meskipun masih duduk di bangku perkuliahan

  1. Siapkan Foto Profil dan Banner Profil

Foto profil yang  baik bisa menjadi kesan pertama yang baik pula. Maka pilihlah foto profil yang jelas dengan memperlihatkan wajah kalian. Jika memungkinkan gunakanlah foto semiformal. Untuk Banner Profil gunakanlah design yang simple

  • Isikan nama, moto professional, data diri dan pendidikan dengan baik dan benar
  • Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi di hal yang paling dasar dari Linkedln adalah CV. Untuk mahasiswa di CV tersebut dapat berisi tentang pengalaman kegiatan Volounteer atau organisasi, kemampuan kredibel seperti skill berbahasa,  skill editing dan lainnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.