Pemanfaatan Aplikasi Twitter Sebagai Media Promosi Bisnis Online

Perkembangan teknologi Internet yang semakin pesat memunculkan banyak pemilik usaha yang memulai bisnisnya secara online. Tentunya untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, pemilik usaha harus pintar-pintar dalam mempromosikan produknya. Saat ini, media promosi secara online melalui media sosial adalah media promosi yang tepat dimanfaatkan sebagai tempat menjalankan dan mengembangkan bisnis serta digital marketing. Tren dan perkembangan zaman yang semakin maju membuat media sosial diminati segala usia baik muda maupun tua. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi adalah platform Twitter.

Twitter sendiri merupakan platform jejaring sosial yang didirikan oleh Jack Dorsey dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Aplikasi Twitter memungkinkan pengguna dapat mengirimkan dan membalas pesan teks yang disertai gambar atau video yang disebut kicauan (Tweet). Tweet dapat dilihat secara bebas oleh pengguna, namun jika pengirim membatasinya hanya pengguna yang menjadi pengikut (followers) saja yang dapat melihatnya. Melalui tweet-tweet yang diunggah inilah nantinya para pemilik usaha dapat mempromosikan bisnis onlinenya.

Sampai saat ini, Twitter menjadi media sosial yang paling populer dan sering diakses oleh banyak orang didunia sehingga sangat cocok dan efektif dijadikan media promosi untuk beragam sektor bisnis mulai dari makanan, pakaian, pendidikan, hingga kesehatan. Semua mempunyai potensi untuk maju dan berkembang jika dipromosikan lewat Twitter. Tidak semata promosi, melalui Twitter pemilik usaha dapat mengikuti berita terbaru yang berguna untuk kebutuhan bisnisnya. Sebagai media promosi Twitter sangat mudah digunakan dan memiliki kelebihan dibandingkan promosi di media sosial lainnya.

Beberapa kelebihan yang didapatkan dari penggunaan Twitter sebagai media promosi yaitu:

  1. Dapat meningkatkan merk produk/brand awareness dengan adanya retweet, like, dan quote retweet yang secara sukarela disebarkan oleh pemilik akun yang menyukai akun suatu bisnis dan penggunaan Twitter ads.
  2. Banyak pembeli yang potensial akan melakukan pembelian produk pada akun bisnis yang difollow ketika pemilik akun Twitter membutuhkannya.
  3. Dapat membangun reputasi produk yang baik melalui pengalaman penggunaan suatu produk yang dengan senang hati dibagikan oleh konsumen baik melalui satu tweet atau bentuk thread yang dilengkapi dengan foto-foto produk sekaligus.
  4. Pelaku usaha dapat menjalin hubungan lebih dekat dan berkomunikasi dengan konsumen terkait informasi produk, kritik dan saran yang disampaikan oleh pembeli.

Promosi di platform twitter dapat dilakukan secara gratis maupun berbayar. Lalu bagaimana cara untuk melakukan promosi tersebut? Yuk simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Lengkapi profil Twitter

Pada fitur halaman profil, lengkapi profil Twitter dengan mencantumkan foto profil bisnis, bio yang berisi deskripsi bisnis maupun produk yang dijual, lokasi, dan kontak yang bisa dihubungi oleh calon pembeli. Profil Twitter yang lengkap akan memudahkan pengguna Twitter dapat mengenali akun bisnis Anda. Pastikan akun bisnis mempunyai ciri khas agar mudah dikenali.

2. Mulai Membuat Tweet Promosi

Jika semua profil telah lengkap, selanjutnya yaitu membuat tweet promosi dengan memanfaatkan fitur “Tweet”. Tweet promosi dapat dibuat semenarik mungkin dengan caption tidak lebih dari 280 karakter, caption harus memuat nama produk, harga, cara pembelian produk (link marketplace/DM) dan domisili tempat usaha. Jika tweet promosi yang ingin di upload lebih dari 280 kata, dapat dibuat dalam rangkaian thread sesuai kategori barang yang ingin dipromosikan. Cara membuat thread dapat dilakukan dengan mereplay postingan tweet selanjutnya. Thread memudahkan pembeli memilih dan melihat variasi karena sudah tersusun rapi. Selain itu, untuk menjangkau banyak orang, tweet promosi dapat dilengkapi dengan hastag yang sedang menjadi trending dan sesuai dengan postingan tweet yang Anda promosikan. Hastag yang sedang trending dapat dilihat pada halaman “Search” Twitter.

3. Gunakan Pin Agar Postingan Tidak Tenggelam

Sama seperti media sosial lainnya, Twitter akan menenggelamkan postingan lama dengan postingan baru. Maka dari itu, gunakan fitur “Pin” untuk menyematkan postingan tweet promosi Anda agar tidak tenggelam dan terlupakan begitu saja.

4. Ikuti/follow orang lain

Agar akun bisnis diketahui oleh banyak orang, jangan lupa juga untuk mengikuti pengguna Twitter lainnya. Sebuah akun dengan jumlah followers yang sedikit tentu tidak akan membuat konsumen tertarik dengan akun Anda. Untuk meningkatkan jumlah followers dapat dilakukan dengan mengikuti orang-orang dengan konten yang relevan dengan bisnis Anda atau para influencer atau selebtweet.

5. Bergabung dengan obrolan terkini

Langkah selanjutnya untuk mempromosikan produk melalui Twitter dapat dilakukan dengan bergabung dengan obrolan terkini. Dengan obrolan terkini, Anda dapat memberikan komentar yang menarik dan relevan dengan bisnis Anda. Tentunya hal tersebut akan menciptakan peluang akun bisnis dapat dilihat dan dikenal pengguna lainnya.

6. Cek Insight pada setiap postingan promosi

Untuk mengecek Insight dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur “Twitter Analystic”. Cek setiap postingan dimaksudkan untuk mengetahui berapa banyak yang berkunjung dan melihat postingan bisnis dan bandingkan apakah pengunjung meningkat atau menurun. Jika menurun maka Anda harus lebih giat dan menarik lagi dalam berpromosi.

7. Manfaatkan Twitter ads

Twitter ads merupakan layanan iklan yang diberikan Twitter bagi perusahaan yang ingin mempromosikan bisnis atau produk yang dijual. Dengan memanfaatkan Twitter Ads, akun Twitter Anda bisa menjangkau masyarakat dengan jumlah yang sangat banyak. Namun, perlu diketahui Twitter ads merupakan iklan berbayar. Ada beberapa tipe promosi yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk mencapai brands goal di Twitter Ads ini. Tipe-tipe promosi produk Twitter Ads yaitu Promoted Tweets, Promoted Accounts, Promoted Trends.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Captcha 5 + 5 =