Peran Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19

1.1 Pengertian Literasi DigitalSeiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat cepat. Saat ini kebutuhan teknologi informasi menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Saat ini sangat diperlukan digitalisasi untuk kemajuan sebuah bangsa karena sekarang perkembangan literasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan hal ini tentunya tidak terlepas dari dunia teknologi digital. Dengan kemajuan teknologi digital tersebut harus ada peran literasi digital untuk bisa mengimbangi kebutuhan teknologi sekarang ini. Literasi digital adalah sebuah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digitalisasi, termasuk alat-alat komunikasi yang modern atau jaringan internet dalam menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan informasi, membuat informasi dan memanfaatkannya secara bijak, cerdas, cermat, tepat dan tentunya patuh hukum dan aturan dalam rangka membina komunikasi dan interaksi positif dalam kehidupan sehari-hari.Ada beberapa elemen esensial yang harus kita ketahui untuk mendukung pengembangan literasi digital (Douglas A.J. Belshaw, 2011):

Kultural

Kognitif

Konstruktif

Komunikatif

Kepercayaan diri dan bertanggung jawab

KreatifKritis

2.1 Manfaat Literasi Digital Di Masa PandemiPandemi Covid-19 sangat berdampak keseluruh aspek kehidupan. Segala aktivitas selama pandemi dilakukan secara daring. Pemanfaatan teknologi digital sebagai alat komunikasi yang dapat diolah menjadi sumber informasi dan inovasi.Menurut survei dari Badan Statistik Nasional persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang mengakses internet dalam tiga bulan terakhir sekitar 21,98 persen dan meningkat menjadi 43,51 persen pada tahun 2019. Hal ini menunjukan pengaruh teknologi dan penggunaan internet sangat pesat di Indonesia. Tentunya, akan lebih meningkat lagi selama masa pandemi ini. Literasi digital merupakan salah satu program pemerintah yang harus didukung, dimana pengaruh revolusi industry 4.0 memberikan banyak tantangan dan peluang. Dimana dengan memanfaatkan perangkat teknologi dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Peran Literasi Digital pada Pendidikan

Pemerintah terus berusaha dalam mengatasi penyebaran Covid-19, salah satunya dengan menghindari kerumunan banyak orang. Selama ini kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tatap muka. Dimana kegiatan pembelajaran secara tatap muka dikhawatirkan menimbulkan cluster baru dalam penyebaran Covid-19. Setelah dikeluarkan surat edaran nomor 15 tahun 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19 maka pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring dengan memanfaatkan media internet. Literasi digital sangat mendukung proses pembelajaran. Pemerintah sangat konsen terhadap gerakan literasi nasional dengan 8 elemen pengembangan literasi digital: Kultural Kognitif Konstruktif Komunikatif Percaya diri dan bertanggung jawab Melakukan sesuatu hal yang baru dan berjiwa kreatifKritis dalam menilai suatu kontenMemiliki tanggung jawab secara sosial Adapun manfaat yang dapat diperoleh dengan penerapan literasi digital di dunia pendidikan yaitu: memberikan wawasan bagi peserta didik serta memotivasi peserta didik untukemcari referensi secara mandirimenimbulkan suasana pembelajaran yang interaktifmeningkatkan budaya baca yang positif dan dapat diakses dimana sajamembantu kelancaran pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19

Peran Literasi Digital Bagi Perusahaan

Literasi digital sangat berperan besar dalam suatu perusahaan. Berikut merupakan manfaat literasi digital bagi perusahaan, jika teknologi digital diimplementasikan Memotivasi karyawan Meningkatkan produktivitas Meningkatkan pendapatan

Peran Literasi Digital Bagi Masyarakat

Literasi digital merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan masyarakat untuk lebih cerdas memilih serta memilah informasi yang baik dan tepat. Literasi digital memberi kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi apapun yang dibutuhkan serta memberikan pengalaman baru melalui dunia maya. Literasi digital juga memberi kesempatan yang baik untuk masyarakat pelaku usaha (wiraswasta) dalam meningkatkan penjualan produk usahanya.

Peran Literasi Digital Bagi Dunia Medis

Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar dalam semua bidang kehidupan, tidak terkecuali dunia medis. Dengan adanya literasi digital memudahkan peneliti dan tenaga medis dalam observasi maupun mengambil keputusan terhadap suatu kondisi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.