Mengenal Pentingnya Psikotest Online bagi Mahasiswa guna mengikuti Rekrutmen suatu Perusahaan berbasis Aplikasi NS Development

Nama : Jiddan Toriq

NIM : 1511422064

Prodi : Psikologi

Matkul : Literasi Digital dan Kemanusiaan

Universitas Negeri Semarang

Artikel yang ditulis ini di dalamnya akan memberi informasi terkait psikotes online, mulai dari aspek-aspek yang diukur dengan psikotes pada umumnya, mengapa mahasiswa harus mengetahui psikotest online, alasan lebih memilih menggunakan psikotest berbasis online, hingga rekomendasi aplikasi yang sangat cocok digunakan dalam melaksanakan psikotest online rekrutmen pekerjaan.

Sebagai mahasiswa, tentunya hal yang paling dipikirkan adalah mengenai masa depan, salah satunya mencari pekerjaan setelah lulus. Di zaman sekarang ini, perkembangan teknologi sudah sangat maju. Hampir semua kegiatan dan aktifitas dapat dijalankan secara online, termasuk perekrutan pegawai berbasis online, apalagi sekarang ini adalah masa pandemic. Tidak menutup kemungkinan HR akan menggunakan platform online untuk melakukan uji psikotest kepada pelamar pekerjaan. Untuk itulah sebagai mahasiswa kita harus mengenal dan mempelajari minimal 1 platform psikotest online. Walaupun Psikotes (tes psikologis) online merupakan suatu hal yang cukup jarang ditemui dalam proses seleksi pegawai, seiring perkembangan zaman saya yakin betul bahwa tes psikologi (psikotest) semakin banyak dilakukan secara online. Saya kemarin baru saja menemui teman saya yang melakukan psikotest online saat melakukan rekrutmen pekerjaan.

Mengingat psikotes dibutuhkan di sebagian besar proses seleksi pegawai, praktisi HR masih mempunyai pendapat yang berbeda dari sisi platform yang digunakan, menggunakan offline ataupun online. Mungkin beberapa praktisi HR lebih cenderung untuk memilih menggunakan psikotes offline dalam proses seleksi rekrutmen karena beberapa alasan, namun tidak menutup kemungkinan HR juga menggunakan platform online dalam menjalankan psikotesnya, hal ini dikarenakan psikotes online mempunyai kelebihan tersendiri. Untuk contoh kelebihannya sendiri antara lain psikotes online lebih aman diikuti oleh kandidat dan HR pada situasi pandemi seperti sekarang ini. Psikotes online juga dapat mempersingkat waktu dan meningkatkan efektivitas biaya yang dikeluarkan untuk rekrutmen suatu perusahaan.

Sebelum masuk ke pembahasan, tidak ada salahnya anda mengetahui pengertian dari psikotest.  Ada beberapa pengertian psikotest menurut para ahli. Menurut Cronbach (1984), tes psikologi adalah sebuah prosedur yang telah terstandarisasi yang digunakan untuk mengukur potensi seseorang. Menurut Anastasi dan Urbina (1998), tes psikologi merupakan sebuah alat ukur yang bersifat objektif dan baku untuk mengukur perilaku tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa psikotest online merupakan prosedur yang bertujuan untuk mengukur perilaku dan potensi seseorang yang dilakukan secara online.

Untuk aspek yang diukur dalam psikotest pada umumnya terdapat 4 bagian yaitu

  1. Tes Potensi (Competency Test)
  2. Tes Kemampuan Kognitif/Intelejen (Cognitive Ability Test)
  3. Tes Kepribadian (Personality Test)
  4. Tes Motivasi dan Nilai Kerja (Work Values Test)

Dalam artikel ini, akan diberitahu aplikasi yang sangat cocok untuk digunakan dalam psikotest rekrutmen perusahaan yang bernama NS Development (Nirmala Satya Development). NS Development merupakan suatu platform psikotes online yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tes psikotes dengan mudah. Perusahaan ini adalah sistem manajemen talenta yang terintegrasi, sehingga penyajian data lebih cepat dan akurat. NS Development lebih hemat biaya, waktu, dan proses rekrutmen juga bisa dilakukan dengan cepat dan akurat jika dibandingkan dengan metode konvensional. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan seputar tentang psikologi. Selain itu, ada banyak kelebihan dari platform psikotes online ini juga memiliki berbagai kelebihan yang menarik untuk digunakan.

Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di aplikasi NFDevelopment

  • Aplikasi rekruitmen
  • Lowongan kerja
  • Psikotest online
  • Cari psikolog
  • Bimbingan & konseling
  • TPA Online
  • Test kepribadian
  • Test minat & bakat
  • Layanan tes personal

Kelebihan yang didapat dari Aplikasi NS Development

  • Fitur sesuai kebutuhan
  • Data tidak terbatas
  • Aplikasi psikotes yang sangat terpercaya
  • Ada fitur penyesuain psikogram
  • Gratis penyesuaian alat tes
  • Gratis Konsultasi Psikolog

Jadi sebagai mahasiswa yang berorientasi untuk mendapat atau melamar pekerjaan saat lulus nanti, setidaknya mengetahui adanya alat psikotest berbasis online. Tidak menutup kemungkinan Anda nanti saat melakukan psikotes atau rekrutmen akan menggunakan platform online dalam pelaksanannya. Oleh karena itulah Anda sebaiknya bersiap-siap dari sekarang.

Link Youtube Penugasan

Bisa ditonton teman-teman. Effort saya membuat video sangatlah besar hehe

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 83 + = 86