Pentingnya Mengembangkan Value Diri di Era Digital

Nama: Farrel Fadillah Syafi’i
NIM: 4211422025
Prodi: Fisika

Era digital adalah masa yang terhubung pada jaringan internet, informasi yang mudah didapat secara cepat dan teknologi yang semakin modern adalah salah satu contoh dari era digital. Luasnya jaringan internet membuat era digital tidak mengenal jarak. Semuanya bisa terhubung satu sama lain, selagi masih adanya jaringan internet.

Manusia di era digital memanfaatkan internet untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya individu tapi bahkan kelompok besar juga menggunakannya. Banyak di luar sana perusahan unicorn yang memanfaatkan internet untuk menjalankan perusahaan. Tidak hanya internet bahkan di era digital ada yang namanya kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Sebuah kecerdasan yang dibuat oleh manusia tapi bisa melampaui manusia itu sendiri. Robot juga hadir di era ini, kehadirannya membuat manusia terbantu. Banyak perusahaan besar mulai menggunakan robot untuk menggantikan tenaga manusia. Walaupun begitu banyak manusia yang terancam masa depannya.

Persaingan di era tersebut semakin ketat. Seorang individu bukan hanya bersaing dengan orang lain tapi dia juga harus bersaing dengan perkembangan teknologi. Persaingan ini membuat banyak orang mau tidak mau harus mengembangkan dirinya sendiri. Karena nanti jika dia tidak mau berkembang maka bisa dipastikan dia akan kalah.

Ada hal baik maka ada juga hal buruk. Walaupun diluar sana banyak sekali perubahan positif yang terjadi, kejahatan-kejahatan jenis baru juga bermunculan. Kejahatan di era ini meneror banyak pihak, luasnya jaringan internet membuat kejahatan digital atau cyber crime tidak memiliki batasan. Sekarang banyak sekali orang yang dicuri data pribadinya, banyak orang yang terkena scam melalui digital, bahkan perudungan secara online atau cyber bullying juga marak terjadi. Pengetahuan akan teknologi sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Banyak orang yang sadar akan hal itu dan sudah mulai mengembangkan dirinya tapi ada juga orang  yang belum bahkan mungkin dia tidak mengenal apa itu internet. Menurut CNN Indonesia ada lebih dari 500 desa di Aceh yang tidak memiliki akses internet. Hal tersebut sangat disayangkan apalagi itu ada di Indonesia. Kalian mungkin jauh lebih beruntung dari mereka yang belum mengenal internet. Mulailah meningkatkan “value” kalian, percayalah kalian tidak akan menyesal nantinya.

Banyak sekali cara dalam mengembangkan value diri. Mulailah dengan mengetahui apa tujuannmu, jika kau tau apa yang ingin dikejar maka kau tau apa yang harus dilakukan. Memahami dan menguasai teknologi sangat pentin, selain bisa menjadi nilai jual bisa sebagai untuk perlindungan diri dari kejahatan digital atau cyber crime. Sekarang banyak sekali media pembelajaran teknologi, kau bisa memualainya dari handphone mu. Teknologi itu dinamis maka setiap individu juga harus dinamis. Jangan pernah berhenti melatih dirimu untuk bertahan di era digital.

Referensi:

  1. Setiawan, Wawan. 2017. Era Digital dan Tantangannya
  2. Triyanto. 2020. Peluang dan Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital
  3. CNN Indonesia. 2022. 536 Desa di Aceh Tak Punya Akses Internet

Link video: https://youtu.be/aG_gqj4UFok

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 77 − = 75