Menambah Wawasan dengan Aplikasi Quora

Seiring perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi pun semakin berkembang pesat. Hal ini terjadi karena tuntutan kebutuhan manusia yang semakin mendorong kemajuan teknologi. Kemudian terciptalah berbagai macam teknologi untuk membantu mempermudah kebutuhan dan pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang dapat mempermudah sekaligus menghambat manusia ialah gadget atau gawai.

Gawai sebagai media komunikasi dan informasi, penggunaannya merupakan hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat banyak dampak positif dari gawai seperti untuk mempermudah pekerjaan, mencari sumber referensi untuk pendidikan, berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu secara langsung dan masih banyak lagi.

Namun, dibalik banyaknya dampak positif dari gawai sendiri, terdapat pula dampak negatif yang ditimbulkan karena kurangnya literasi digital dan kesadaran pada diri sendiri. Hal ini menyebabkan gawai tidak dimanfaatkan dengan benar dan terkadang malah menyimpang. Misalnya seperti untuk menonton pornografi, menyebarkan berita hoax, menyebarkan identitas pribadi orang lain, kecanduan game, dan sebagainya.

Dengan adanya dampak negatif tersebut membuat orang-orang terutama anak-anak yang masih menempuh pendidikan di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi menjadi malas dan tidak bergairah untuk beraktivitas maupun belajar. Mereka lebih memilih untuk membuka media sosial daripada buku. Berselancar di aplikasi-aplikasi sosial tersebut selama berjam-jam tidak membuat mereka jenuh sama sekali. Namun, untuk membuka buku saja pun mereka terlalu malas. Oleh karena itu, tak mengherankan jika minat membaca di negara tercinta kita ini, Indonesia, sangat rendah.

Sesuai dengan data yang diperoleh dari UNESCO, Indonesia menempati urutan kedua terendah dalam literasi di dunia. Minat baca masyarakat terbilang sangat mengkhawatirkan karena dari 1.000 orang hanya satu orang saja yang rajin membaca. Padahal, membaca dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Rendahnya minat baca ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi tadi. Padahal jika kita memanfaatkan teknologi dengan bijak, maka kita akan memperoleh manfaat darinya. Terdapat banyak aplikasi membaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Salah satu aplikasi untuk membaca yaitu Quora.

Aplikasi Quora dapat didapatkan di aplikasi pengunduh seperti Play Store maupun App Store. Quora didirikan oleh Adam D’Angelo bersama rekannya. Aplikasi ini awalnya hanya tersedia dalam versi berbahasa Inggris saja. Namun, seiring perkembangannya, Quora tersedia dalam berbagai versi bahasa yang salah satunya ialah versi bahasa Indonesia.

Quora merupakan sebuah platform membaca online untuk mencari informasi baik berita maupun pengetahuan umum. Selain itu, di Quora kita dapat membagikan dan mendapatkan pengetahuan. Kita dapat menjawab dan memberikan pertanyaan.

Terdapat banyak keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, di antaranya ialah memiliki fitur tanya jawab dengan berprinsip pada BNBR atau be nice, be respectful. Fitur ini membuat pengguna dapat mengajukan berbagai macam pertanyaan. Namun, dalam bertanya harus mengedepankan sopan santun. Adapun untuk yang menjawab, mereka terdiri dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Banyak terdapat guru, dokter, sejarawan, serta yang lainnya yang turut serta menggunakan Quora.

Aplikasi ini juga memiliki fitur anonim. Maksudnya, kita dapat menjawab pertanyaan dengan tidak mencantumkan identitas asli kita atau menggunakan mode samaran. Hal ini karena bisa jadi pertanyaan yang dijawab cukup sensitif sehingga dapat meninmbulkan kegaduhan jika tidak anonim. Anda juga dapat menjadi mitra Quora yang artinya Anda dapat dibayar ketika menulis sesuatu. Ini merupakan suatu kesempatan bagi orang-orang yang mempunyai keterampilan menulis dan tidak tahu kemana harus menyalurkannya. Di aplikasi Quora Anda dapat menyalurkan hobi menjadi pundi-pundi rupiah.

Quora juga memiliki banyak ruang belajar sesuai yang Anda minati. Misalnya ruang belajar mengenai sejarah. Di sana akan dibahas mengenai sejarah baik sejarah Indonesia maupun sejarah dunia. Anda juga dapat mendapatkan informasi mengenai sesuatu hal yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Dengan demikian, aplikasi Quora dapat menjadi tempat atau ruang untuk membaca jika merasa jenuh ketika membaca melalui buku fisik. Selain pengetahuan umum, Anda juga bisa mendapatkan informasi-informasi bermanfaat lainnya di aplikasi ini. Jawaban-jawabannya pun dapat dipertanggungjawabkan karena dijawab oleh ahli-ahli di bidangnya masing-masing. Oleh karena itu, aplikasi Quora dapat menjadi tempat yang tepat untuk menambah pengetahuan.

link video : https://youtu.be/1KNpewIq2f8

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 32 − 28 =