ChatGPT OpenAI, Pemanfaatan Artificial Intelligence yang Menyenangkan Sekaligus Menyeramkan?

Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat berkembang. ChatGPT, salah satu model perkembangan teknologi yang sedang hangat diperbincangkan saat ini.

cuitan Elon Musk

Elon Musk menyatakan “ChatGPT is scary good. We are not far from dangerously strong AI.” pada cuitannya di Twitter tanggal 4 Desember 2022. Jadi, apa sebernarnya ChatGPT itu? Dan apakah benar kecerdasan buatan tersebut berbahaya?

ChatGPT

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT merupakan sebuah teknologi model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah organisasi yang berfokus dalam mengembangkan AI (Artificial Intelligence). Fokus teknologi ini adalah untuk dikembangkan menjadi model bahasa yang dapat melakukan percakapan, menjawab pertanyaan, bahkan menyelesaikan persoalan rumit lainnya.

Apa metode yang digunakan dalam pengumpulan data?

Dalam laman resminya menyatakan bahwa metode pelatihan yang sama pada InstructGPT juga digunakan pada ChatGPT yaitu RLHF (Reinforcement Learning from Human Feedback). Namun, ada sedikit perbedaan dalam proses pengumpulan datanya. Proses dilakukan dengan interaksi antara pelatih AI dengan chatbot. Pelatih AI akan memilih pesan yang ditulis oleh model, yang nantinya model akan mengambil beberapa sampel penyelesaian alternatif yang akan diberi peringkat oleh sang pelatih. Dengan ini, model dapat disempurnakan dengan pengoptimalan kebijakan proksimal.

Apa kelebihan dari ChatGPT?

Kelebihan ChatGPT yang membuat pengguna merasa model ini berguna adalah model ini sangat akurat dalam pengolahan bahasa, tentunya akan sangat membantu apabila pengguna kurang pandai dalam berbahasa. Model ini juga mampu mengingat hal yang dikatakan pengguna sebelumnya serta memungkinkan pengguna untuk mengoreksi jawabannya serta dapat melakukan penolakan terhadap permintaan tidak pantas dari pengguna. Tak hanya itu, model ini juga dapat bekerja dengan cepat, sehingga pengguna dapat menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mengaksesnya juga tidak memerlukan proses yang rumit, pengguna bisa login menggunakan email baik dari google maupun microsoft.

Apa kekurangan dari ChatGPT?

Dari banyaknya kelebihan diatas, model ini memerlukan daya komputasi yang berfungsi dengan baik, jadi perangkat keras pengguna sangat berpengaruh. Untuk membuat model ini bekerja dengan akurat diperlukan banyak data latihan. Output yang dihasilkan belum tentu berisi informasi yang benar dan terkadang dapat menghasilkan instruksi yang berbahasa. Serta kurangnya pengetahuan mengenai dunia dan peristiwa yang terjadi setelah tahun 2021.

Apakah benar ChatGPT barbahaya?

Sistem pelatihan model ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pihak tak bertanggung jawab sekalipun. Sayangnya model ini dapat dengan mudah belajar dari percakapan yang menyebabkan rentan untuk disalah gunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, OpenAI telah melakukan antisipasi dengan memblokir konten-konten negative yang dianggap berbahaya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha 29 − 24 =