Media Sosial “Twitter” Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Kekinian

Di jaman yang serba digital ini banyak sekali bermunculan inovasi terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak abad 20 hingga sekarang telah terjadi revolusi digital, yaitu dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Contoh simplenya dalah seperti yang kita ketahui sekarang penggunaan gadget marak digunakan terlebih lagi karena Pandemi Covid-19 yang menharuskan sebagian besar orang harus bekerja dirumah melalui jaringan digital.

Media sosial menjadi salah satu produk digital yang sangat penting saat ini, siapakah di jaman sekarang ini yang tidak mengenal media sosial?, saya rasa kebanyakan orang mengetahui dan tahu cara menggunakannya. Menurut gramedia.com “Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya”.Sejarah media sosial sendiri diawali pada tahun 1970-an yaitu ketika ditemukannya sebuah sistem papan buletin yang digunakan untuk menghubungkan satu orang dengan orang yang lain dengan melalui surat elektronik atau dapat mengunggah atau mengunduh perangkat lunak dimana aktivitas ini masih menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.

Di Indonesia sendiri media sosial yang sangat populer di tahun 2023 menurut goodstats.id adalah sebagai berikut:

1.      WhatsApp

Aplikasi ini dibuat oleh Jan Koum seorang pengusaha dan pemogram komputer yang berasal dari Amerika Ukraina. Aplikasi yang dibuat pada tahun 2009 di California ini merupakan aplikasi pesan instan yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk megirim pesan teks maupun gambar, serta dapat digunakan utuk panggilan video. Tercatat sepanjang tahun 2022 92,1 persen penggunanya berusia 16-64 tahun.

2.      Instagram

Instagram pertama kali dilumcurkan pada tahun 2010, kemudian pada tahun 2012 diakui sisi oleh perusahaan Meta.inc yaitu tepat 2 tahun sebelum WhatsApp juga dibeli oleh perusahaan ini. Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video. Dengan berbagai fiturnya yang menarik tak heran jika media sosial ini digunakan banyak orang untuk membagikan aktivitas seru mereka. Penggunanya mencapai 86,5 persen

3.      Facebook

Facebook merupakan platform media sosial terbesar didunia yang masih populer di Indonesia. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat profil pribadi, menghubungkan akun kita dengan teman ataupun keluarga, mengikuti tokoh publik dan selain itu juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis kita. Penggunanya mencapai 83,8 persen.

4.      Tiktok

Tiktok merupakan aplikasi berbagi video yang sangat populer akhir-akhir ini. Aplikasi buatan China ini identik dengan video berdurasi pendek. Meskipun terbilang baru, Tiktok sangatlah populer di Indonesia dengan penguna mencapai 70,8 persen.

5.      Telegram

Selain WhatsApp, aplikasi yang serupa yaitu Telegram juga memiliki banyak pengguna di Indonesia, mencapai 64,3 persen. Telegram menyediakan fitur end-to-end sama halnya seperti WhatsApp yang dapat menjaga privasi dan keamanan penggunanya.

6.      Twitter

Di Indonesia pengguna Twitter mencapai 60,2 persen. Twitter dapat digunakan untuk mengirim tweet yang berupa pesan pendek dengan batasan karakter, selain itu biasanya digunakan untuk mencari informasi terbaru yang sedang trending.

Jika dilihat dari pemaparan diatas, bukankah media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupam kita?. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai penggunaan aplikasi Twitter sebagai sumber belajar yang kekinian. Tak sedikit orang yang mengaitkan media sosial sebagai sesuatu yang negatif, padahal tidak selamanya seperti itu. Media sosial juga banyak manfaatnya seperti sebagai alat komunikasi, menjalankan bisnis, bahkan untuk belajar sekalipun. Nah, untuk belajar dan mencari informasi aplikasi Twitter adalah salah satu jawabannya.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Doesey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.  Twitter berasal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut Jack memperkenalkan ide Twitter di mana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006 Twitter menjadi perusahaan sendiri. Pada bulan April 2007 sudah menjadi persahaan sendiri. Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika mendapat festival South by Southwest (SXSW).  Selama acara tersebut berlangsung penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan perhari menjadi 60.000 kicauan.

Dengan berbagai fitur yang menarik, Twitter memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media sosial lain, seperti memiliki fitur tranding topik, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan tokoh masyarakat atau selebriti, merupakan sumber berita dan informasi terbaik. Oleh karena itu Twitter sangat bagus digunakan untuk kita mencari informasi dan materi untuk belajar. Kita bisa mengikuti akun-akun belajar saling bertukar opini dan pertanyaan melalui kolom komentar, selain itu juga kita bisa dengan mudah menemukan dan mengunduh gambar atau video pembelajaraan sesuai topik yang sedang kita cari. Hanya dengan mengetik kata kunci yang kita inginkan maka kita akan memperoleh semua informasi tentang topik tersebut, hal inilah yang menjadi salah satu keunggulan jika kita belajar menggunakan aplikasi Twitter.


Berikut merupakan video tutorial sederhana bagi pemula sebagai panduan bagaimana cara memanfaatkan twitter sebagai sumber belajar kita:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 35 = 37