PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SDM

APA ITU AI?

Atificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan sebuah bidang teknologi yang menggabungkan ilmu komputer dan kumpulan data yang kuat, untuk memungkinkan melakukan pemecahan masalah (IBM, n.d.). AI juga mencakup sub-bidang pembelajaran mesin, dan deep learning atau pembelajaran dalam atau pembelajaran struktural, dimana proses pembelajaran tersebut dilakukan oleh mesin dengan meniru bagaimana jaringan otak manusia bekerja, atau bisa juga dikenal dengan neural network. Algoritma ini dapat digunakan untuk melakukan memecahkan permasalahan. Bidang Kecerdasan Buatan (AI) telah secara resmi lahir di lokakarya yang diselenggarakan oleh John McCarthy, pada tahun 1956 di Proyek Penelitian Musim Panas Dartmouth tentang Kecerdasan Buatan.

APA FUNGSI AI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA?

Pada masa sekarang ini, Artificial Intelligence (AI) sudah semakin berkembang. Kini AI dapat digunakan di segala bidang, baik industri, ekonomi, seni, kesehatan maupun pendidikan. Kecerdasan buatan yang dimiliki oleh mesin AI telah berkembang dengan begitu pesat dan bahkan digadang-gadang mampu mengambil alih pekerjaan manusia dalam hal-hal tertentu. Tujuan utama dicipatakannya AI sendiri adalah untuk membantu manusia dalam menjalankan tugas-tugas tertentu, dan menyempurnakannya. Oleh karena itu, kecanggihan AI ini sudah diterapkan dan dirasakan oleh manusia di berbagai bidang pekerjaan dan keseharian  mereka.

BAGAIMANA AI DAPAT MEMENGARUHI SDM?

Selain untuk membantu manusia untuk memudahkan mereka dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan sulit dan repetitif, AI konon juga dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Algoritma AI dapat mengidentifikasi kesalahan-kesalahan atau errors dalam pekerjaan yang dilakukan manusia, dan memperbaikinya (Widya AI, n.d.). Selain itu, AI biasanya juga memberi rekomendasi langkah alternatif dalam suatu penyelesaian masalah dalam pekerjaan. Dengan begitu, manusia bisa mempelajari cara-cara yang lebih efektif dalam pemecahan suatu masalah.

Artificial Intelligence (AI) dianggap sebagai teknologi yang memungkinkan untuk melakukan beragam pekerjaan. Banyak perusahaan industri yang mulai menggunakan AI sebagai pekerja, salah satu contohnya adalah robot pekerja AI atau mesin AI yang digunakan ‘dipekerjakan’ di beberapa pabrik industri teknologi, seperti pabrik-pabrik  kendaraan di Jepang. Robot ini mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan cepat dan efisien, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Namun, hal itu juga menjadi ke-khawatiran bagi manusia, karena berdasarkan hal tersebut, AI bisa saja menggantikan posisi-posisi mereka dalam pekerjaan, sehingga lapangan pekerjaan juga akan menyempit.

Oleh karena itu, di masa sekarang ini, manusia mulai berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas diri, dengan meningkatkan softskill dan hardskill mereka, demi dapat bersaing dengan teknologi dalam hal pekerjaan. Sehingga, secara tidak langsung, keberadaan AI mampu memicu dan memotivasi manusia untuk bekerja keras, dan meningkatkan kualitas diri mereka. Dengan begitu, sumber daya manusia pada masa modern sekarang ini, bisa dibilang lebih maju, kreatif dan inovatif dari masa sebelumnya.

Sumber: https://www.ibm.com/topics/artificial-intelligence

https://widya.ai/kecerdasan-buatan-untuk-meningkatkan-efisensi-sumber-daya-manusia/

Youtube Link:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + = 14