Teknologi Cloud Computing Beserta Penerapannya Dalam Kehidupan

Pada masa sekarang, teknologi sudah banyak mengalami masa perkembangan. Hal ini tentunya menjadi alternatif semua orang untuk mempermudah melakukan sesuatu secara cepat dan tepat. Banyak keperluan yang bisa dilakukan melalui perkembangan teknologi, contohnya untuk keperluan bisnis, pendataan organisasi, dan perusahaan. Salah satu contoh teknologi yang dipakai adalah dengan fitur bernama Cloud Computing. Cloud Computing secara Bahasa berarti Komputasi Awan, yaitu gabungan dari teknologi yang memanfaatkan komputer dan penggunaan berbasis internet. Teknologi Cloud Computing sudah banyak diterapkan di banyak negara, termasuk Indonesia. Manfaat yang dihasilkan dari menerapkan pemakaian Cloud Computing memungkinkan penggunanya menyimpan file serta aplikasi dari jarak jauh sehingga membuat perusahaan besar seperti Amazon, Microsoft, Google, dan lainnya ikut berpartisipasi mengembangkan solusi berbasis cloud.

Cloud Computing merupakan proses pengolahan dari sumber daya komputasi yang dilakukan melalui saluran jaringan internet untuk menjalankan program lewat komputer yang terhubung dengan server cloud di waktu yang sama. Cloud Computing menyediakan banyak layanan komputasi, di antaranya software, database, server, dan lain sebagainya. Selain itu juga memiliki layanan seperti kecerdasan buatan, pemrosesan bahasa, serta program standar yang ada pada pekerjaan sehari-hari. Teknologi ini menjadi alternatif penyimpanan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di handphone maupun komputer. Secara umum terdapat tiga jenis layanan berbasis cloud yang disediakan oleh penyedia layanan cloud, yaitu:

  1. PaaS (Platform as a Service)

Platform untuk membuat perangkat lunak yang dikirimkan melalui internet dan merupakan yang paling kompleks di antara ketiganya. Contohnya adalah Heroku dan Salesforce.com

2. SaaS (Software as a Service)

Platform ini melibatkan lisensi dari aplikasi perangkat lunak kepada penggunanya. Lisensinya diberikan dengan metode pay-as-you-go atau on-demand. Biasa ditemukan di Microsoft Office’s 365.

3. IaaS (Infastructure as a Service)

Platform yang mengirimkan file dari sistem operasi ke server dan penyimpanan dengan konektivitas berbasis IP yang merupakan bagian dari layanan on-demand. Contohnya adalah Microsoft Azure dan Public Cloud (Indonesian Cloud).

Manfaat Teknologi Cloud Computing

  • Menghemat pengeluaran/biaya

Hanya dengan membayar paket layanan cloud yang telah dipilih dan disepakati dengan penyedia layanan cloud, pengguna tidak perlu lagi untuk membeli infrastruktur seperti hardisk, server, dan lainnya.

  • Fleksibilitas

Fleksibilitasnya luas untuk semua kalangan terutama dalam ruang lingkup perusahaan dalam praktik kerja. Pengguna dapat berinteraksi dengan layanan cloud secara cepat di manapun dan kapanpun selama perangkat terkoneksi secara baik dengan internet.

  • Skalabilitas

Layanan cloud memberikan sumber daya komputasi seperti bandwith, penyimpanan, dan lainnya dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Keamanan data dan pemulihan bencana

Layanan cloud telah memberikan kebijakan, sertifikasi keamanan, dan kontrol secara luas. Hal tersebut digunakan untuk keperluan keamanan data serta menghindari potensi ancaman pencurian maupun kehilangan data. Pemulihan bencana mempunyai makna bahwa cloud menyediakan server terpisah yang dimaksudkan untuk situasi di mana ketika terjadi bencana, server cadangan lainnya masih dapat digunakan.

Di samping banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan Cloud Computing, pengguna harus tetap mempunyai rasa waspada terkait data dan privasi mereka. Pengguna harus memastikan bahwa data mereka telah aman dan terlindungi di pusat data cloud. Selain itu, pengguna juga harus paham tentang manfaat dan tantangan dari penggunaan teknologi ini serta memilih penyedia layanan cloud yang telah andal, terverifikasi, dan juga terpercaya.

REFERENSI

Susatyono, Jarot Dian. 2021. Apa Itu Cloud Computing? Beserta Manfaat, Cara Kerja Dan Contoh. Universitas Stekom. Semarang.

PT Indonesian Cloud. 2022. Mengenal Cloud Computing: Pengertian, Tipe, dan Fungsinya. Jakarta Selatan.

Link Youtube mengenai penjelasan artikel di atas

https://youtu.be/xPRy2vdiIjU

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 − = 27