TIKTOK AS A: Media Promotion

Media sosial dapat diartikan sebagai media online yang para penggunanya dapat secara langsung berinteraksi, berkomunikasi, dan berpartisipasi tanpa batas ruang dan waktu, melalui media sosial para pengguna dapat berbagi pendapat, pemikiran dan pengalaman yang dapat dinikmati oleh khalayak umum. Selain fungsi media sosial sebagai sarana berkomunikasi, media sosial dapat digunakan sebagai media yang berpotensi untuk menemukan konsumen dan menjadi sarana peningkatan penjualan produk salah satunya melalui aplikasi Tiktok yang digunakan sebagai sarana promosi yang dapat memberikan informasi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.Tiktok menjadi salah satu platform yang sedang sangat digemari saat ini, sebagai salah satu media sosial Tiktok memberikan sarana berbagi konten yang sangat bervariasi dari segi kreativitas, video challenge, lipsync, lagu, menari, bernyanyi dan lain lain. Karena banyaknya yang menggunakan maka Tiktok memberikan peluang sebagai sarana promosi.

Berdasarkan fakta, aplikasi Tiktok berpeluang menjadi media promosi yang efektif dalam memasarkan produk. Misalnya pada akun Eat Sambel mempromosikan industry dengan penjualan sambal dengan berbagai variasi pada produk ini terdapat tagline “Garansi uang Kembali 100% apalagi tidak enak”, sehingga diharapkan dapat menarik minat beli konsumen. Mengetahui faktor-faktor apa yang menjadikan Tiktok sebagai media promosi yang efektif dapat ditarik kesimpulan bahwa Tiktok menjadi media promosi yang efektif karena Tiktok memiliki banyak pengguna, mudah digunakan, populer di kalangan milenial, sering digunakan oleh selebriti dan memiliki fitur Tiktok ads yang dapat mengoptimalkan penyebaran konten.

Tahukah kamu produk produk eat sambel yang lagi viral di Tiktok?

Produk yang didirikan pada tahun 2018 pemilik produk Eat Sambel adalah Yansen Gunawan, Eat Sambel merupakan makanan instan siap saji yang berasal dari Indonesia. Eat Sambel berdiri karena kecintaan masyarakat Indonesia dengan Sambel dan Eat Sambel ini makanan instan siap saji langsung makan dengan nasi saja sudah cukup enak. Penjualan produk makanan instan no 1 di Indonesia yakni “Eat Sambel” dengan pengikut Tiktok sebanyak 2,8M dan produk Eat Sambel sudah terjual sebanyak 1,4M kepada konsumen melalui media sosial Tiktok. Dengan teknik Penjualan Produk Eat Sambel Melalui Tiktok Shop, yaitu 50% Live streaming dan promo menarik, 30% Konten menarik, 20% Endorse. Eat Sambel memiliki setiap varian rasa yang berbeda dan tentunya dipastikan semua varian memiliki rasa yang enak. Produk Eat Sambel setiap satu varian rasa dimulai dari harga Rp 35.000,- , pembelian melalui aplikasi Tiktok shop Eat Sambel terdapat promo setiap pembeliannya. Saat ini jalur distribusi produk Eat Sambel banyak dilakukan melalui pemanfaatan sarana media online seperti TikTok Shop, Shopee, Tokopedia, Instagram. Karena melalui media online konsumen dapat melihat, memilih dan memesan dengan lebih mudah. Selain itu Eat Sambel juga mengeluarkan produk b2b (Business to business) tujuannya untuk membantu restaurant-restaurant yang membutuhkan sambel enak untuk memberikan daya tarik customer ke restaurant tersebut. Target pasar produk Eat Sambel adalah para remaja dan dewasa, produk ini ditunjukan untuk para pecinta sambal atau pedas, dapat dinikmati untuk semua kalangan (bawah, menengah, atas). Produk yang popular dengan tagline “Garansi uang Kembali 100% apalagi tidak enak”. Eat Sambel memposisikan menjadi produk sambel khas Indonesia dengan rasa yang sangat enak, produk ini menguasai market dengan sales volume 59,60%.

Link Youtube https://youtu.be/LcJAvE5jA-k

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

89 + = 99