Pemanfaatan E Commerce Dalam Dunia Bisnis

Kemajuan dibidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan internet pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi apapun, untuk menunjang aktivitas bisnisnya, sehingga informasi harus disaring agar mendapatkan informasi yang tepat dan relevan. Dalam hal ini internet juga dapat digunakan untuk melakukan pemasaran dan bisa membatu dalam sebuah bisnis. Dalam hal ini bisa disebut juga dengan e-commerce, e-commerce yaitu proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, layanan, dan informasi melalui jaringan computer. Dalam pengunaan e-commerce penguna internet menjadi pilihaan favorit oleh kebanyakan orang karena kemudahaan-kemudahaan karena kemudahaan-kemudahaan yang dimiliki oleh jaringan internet tersebut. Maka penerapan e-commerce merupakan salah satu factor penting untuk menunjang keberhasilan suatu produk dari sebuah perusahaan.

Untuk mempermudah dan meningkatkan penjualan maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut kita dapat memanfaatkan suatu layanan secara online yang berupa e-commerce. Dengan adanya layanan berupa e-commerce dan dapat secara cepat untuk diterima oleh pelangan maupun perusahaan itu sendiri maka segala layanan yang diinginkan pelangan dapat secara cepat ditindaklanjuti sehingga perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan cepat bagi pelangan

Oleh karna itu, masih banyak lagi manfaat dari penguaan e-commerce dalam hal bisnis, untuk lebih mengetahuinya, simaklah sebagai berikut ini.

Manfaat e-commerce dalam bisnis

1.Manfaat E-Commerce Dapat Menghemat Waktu

Menjual produk di toko fisik mengharuskan pemilik usaha mengurusnya. Mulai dari menjaga toko, mengadakan sistem pengamanan khusus, hingga menjaga kebersihan tempat usaha. Ini tentunya sangat menguras waktu.Simpan waktu Anda untuk fokus mengembangkan bisnis melalui e-commerce. Dengan memiliki situs toko online, Anda bisa lebih menghemat waktu. Di samping itu, toko juga bisa tetap buka 24 jam dan konsumen bisa bertransaksi kapan saja.

2.Tidak Memerlukan Modal yang Besar

Manfaat e-commerce lainnya yaitu tidak memerlukan modal yang besar. Hanya dengan perangkat gadget serta koneksi internet, Anda tetap dapat melayani pesanan konsumen secara online.
Membuat dan mengelola situs toko online profesional memang butuh biaya. Namun modal yang Anda butuhkan tidak sebesar ketika harus membeli atau menyewa kios. Ini artinya, Anda dapat mengalokasikan modal pada keperluan lain.
Manfaat e-commerce jika dilihat dari segi efisiensi modal juga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan suntikan dana untuk menjalankan bisnisnya. Jadi, jangan lewatkan kemudahan ini untuk mengembangkan bisnis Anda.

3.Fleksibilitas Menjalankan Bisnis

Penjualan elektronik memungkinkan pelaku usaha menjalankan bisnisnya secara fleksibel. Fleksibilitas ini berkaitan dengan kegiatan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja serta kapan saja.
Ada juga manfaat e-commerce, yakni fleksibilitasnya yang meliputi dua hal penting dalam kegiatan bisnis, yaitu pemasaran dan pengiriman.

  • Fleksibilitas Pemasaran

Untuk mendapatkan penjualan yang tinggi, pelaku usaha harus melaksanakan pemasaran dengan strategi terukur. E-commerce memudahkan Anda dalam memasarkan produk dengan memanfaatkan berbagai platform online seperti media sosial, ads, dan lainnya.

  • Fleksibilitas Pengiriman

Konsumen yang membeli produk Anda melalui e-commerce akan mendapatkan barang pesanannya melalui pengiriman dengan jasa ekspedisi (logistik). Dengan adanya e-commerce logistik, proses pengiriman jadi lebih lancar.

4.Mempermudah Proses Ekspansi Bisnis

Manfaat e-commerce lainnya adalah mempermudah pelaku bisnis mengembangkan usahanya. Ekspansi melalui jalur toko online bisa lebih mudah karena modal yang perlu dikeluarkan tidak terlalu besar.
Ekspansi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti menambah produk baru, memperluas target market, merekrut tenaga kerja baru, menambah modal untuk keperluan produksi, dan lain sebagainya.
Pengelolaan toko online yang berbasis digital juga mempermudah manajemen bisnis. Ini sangat membantu proses ekspansi sehingga bisnis Anda tumbuh semakin besar.

5.Kemudahan Pembayaran dan Catatan Transaksi

Penjual bisa mendapatkan manfaat praktis karena e-commerce menyediakan beragam metode pembayaran. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga e-money. Anda hanya perlu menyediakan berbagai metode pembayaran agar pelanggan mudah bertransaksi.
Keuntungan lainnya bisa dirasakan dalam hal pencatatan transaksi. Inilah salah satu kendala umum bagi penjual, yaitu pencatatan yang kurang rapi. Dengan jejak digital e-commerce, semua transaksi tercatat dalam sistem sehingga mudah dikelola dan meminimalisasi kesalahan data.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

80 − 70 =