PENGARUH PENGGUNAAN CANVA TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN IMAJINASI

Media pembelajaran Canva
Canva adalah program desain online yang menawarkan berbagai alat seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, bagan, infografis, spanduk, brosur, sertifikat, buku diploma, kartu nama, undangan, kartu kunjungan, kartu ucapan terima kasih, kartu pos, logo, stiker, penanda, buletin, sampul CD, sampul buku, wallpaper, templat, pengeditan foto, gambar mini YouTube, cerita Instagram, kiriman Twitter, dan sampul Facebook. Presentasi yang tersedia di Canvas meliputi presentasi kreatif, mendidik, sederhana, bisnis, pemasaran, kewirausahaan, arsitektur, periklanan, dan teknologi. Penelitian ini menggunakan presentasi pengajaran yang menawarkan model berbeda. Saat mendesain, guru hanya menyisipkan teks, gambar dan memilih desain grafis, pola dan nomor halaman sesuai keinginannya (Tanjung dan Faiza, 2019).

Fitur Canva
Ada beberapa fitur yang terdapat pada canva yang dapat digunakan dalam membantu proses pembuatan desain, anatara lain:
1. Template
Terdapat berbagai jenis template yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pembuatan desain konten dan dapat diedit sesuai keinginan pengguna.
2. Icon serta ilustrasi
Meski versi gratisnya juga dilengkapi dengan berbagai ikon dan ilustrasi yang bisa langsung digunakan.
3. Animasi
Selain ikon atau ilustrasi, Anda juga bisa menggunakan animasi. Ada berbagai macam bentuk animasi yang dapat digunakan.
4. Text dan Background
Ada berbagai jenis pilihan desain teks dan jenis latar belakang yang dapat digunakan di Canva. Anda juga dapat mengatur warna teks atau latar belakang.
5. Efek, Pelurus, Pemburaman, Kroping Foto
Ada banyak pilihan untuk mengedit foto, mulai dari membuat efek, meluruskan foto, memburamkan foto, dan memotong foto atau gambar untuk komposisi foto yang presisi dan rapi.

Kelebihan Canva
Canva memiliki beberapa kelebihan didalam nya seperti:
1. Mempermudah seseorang dalam membuat desain yang diinginkan atau dibutuhkan, seperti: membuat poster, sertifikat, infografis, template video, presentasi, dll. disediakan di aplikasi Canva.
2. Memiliki banyak fitur dan mudah untuk digunakan.
3. Mudah diakses, aplikasi Canva dapat diakses oleh semua kalangan karena dapat diunduh melalui Android atau iPhone, cukup unduh untuk mendapatkan aplikasi ini jika Anda menggunakan perangkat. Jika Anda menggunakan laptop, caranya adalah dengan membuka Chrome atau website Canva dan mengakses aplikasi Canva tanpa harus mendownloadnya.

Kekurangan Canva
Dibalik kelebihan nya canva juga memiliki kekurangan seperti:
1. Aplikasi Canva beroperasi berdasarkan jaringan Internet yang lengkap dan stabil. Jika tidak ada internet atau kuota pada perangkat atau laptop yang akan mengakses aplikasi Canva, maka Canva tidak dapat digunakan atau didukung selama proses desain.
2. Terkadang desain yang dipilih memiliki kemiripan desain dengan desain orang lain, entah itu desain, gambar, warna, dan lain-lain. Namun itu tidak menjadi masalah, memilih desain lain terserah pengguna.
3. Untuk mengekspor file desain, hanya dalam bentuk jpg, png dan pdf. Dan ekspor hasil GIF atau video animasi hanya tersedia dalam versi berbayar

Pengaruh Canva dalam kreatifitas dan imajinasi
Dalam pandangan Ellis Paul Torrance, ia melihat kreativitas sebagai proses memahami masalah, menemukan solusi yang mungkin, membentuk hipotesis, menguji dan mengevaluasi, serta mengkomunikasikan hasilnya kepada orang lain. . Torrance menambahkan bahwa proses ini mencakup ide-ide orisinal, perspektif berbeda, melanggar konvensi yang ada, menggabungkan ide-ide, atau menemukan hubungan baru antar ide.
Sebagaimana yang kita tahu setiap orang memiliki imajinasi yang luar biasa namun terkadang imajinasi tersebut tidak dapat disalurkan dikarenakan tidak ada nya alat untuk menyalurkan imajinasinya. Dengan ada nya canva orang yang memiliki ide atau imajinasi dapat menyalurkan melalui canva sehingga canva dapat dijadikan platform dalam menyalurkan imajinasi seseorang. Selain itu canva juga dapat digunakan untuk meningkatkan kreatifitas seseorang, karena dengan canva mereka dapat mendesain dengan sekreatif mungkin sesuai dengan apa yang mereka pikirakan. Canva dapat digunakan sebagai alat dalam mendesain serta meningkatkan kreativitas yang tidak terbatas.

Langkah Menggunakan Canva
Ada beberapa Langkah yang harus dilakukan sebelum menggunakan canva, berikut link video penjelasan mengenai canva serta fitur-fitu yang terdapat di canva:
https://youtu.be/jG4G1UNLpow

Kesimpulan
Canva adalah platform desain online yang menawarkan berbagai alat untuk membuat berbagai jenis konten, termasuk presentasi, resume, poster, pamflet, dan banyak lagi. Beragamnya fitur dan template yang ditawarkan Canva menjadikannya alat yang sangat berguna untuk membantu proses pembuatan desain. Keunggulan Canva antara lain kemudahan penggunaan, ketersediaan banyak fitur, dan aksesibilitas luas melalui perangkat web dan aplikasi seluler. Namun Canva juga memiliki kekurangan seperti ketergantungan pada koneksi Internet dan keterbatasan format file yang dapat diekspor.
Lebih dari sekedar alat desain, Canva juga memberikan pengaruh positif terhadap kreativitas dan imajinasi setiap individu. Ini menyediakan platform bagi individu untuk secara bebas mengekspresikan ide dan imajinasi mereka, memungkinkan mereka untuk menciptakan desain yang inovatif dan unik. Canva dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas dan memungkinkan individu mengikuti proses kreatif untuk membuat konten visual yang menarik dan informatif.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

87 − = 78